Tantangan Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK di Dunia Industri

Authors

  • Dendi Agustian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Amelda Amartha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siswo Wardoyo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.5016

Keywords:

Tantangan, Pendidikan Vokasional, Lulusan SMK, Daya Saing, DUDI

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat penyerapan lulusan SMK di dunia kerja sehinga adanya kesenjangan antara keterampilan yang diajarkan di sekolah dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi pendidikan vokasional dalam meningkatkan daya saing lulusan SMK, termasuk pengembangan keterampilan teknis (hard skills) dan keterampilan lunak (soft skills), implementasi kurikulum berbasis industri, serta keterlibatan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk menganalisis artikel yang relevan dan terakreditasi, dari 109 artikel yang diidentifikasi melalui Google Scholar, 16 artikel yang terakreditasi Sinta dan relevan dengan topik penelitian dipilih untuk analisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan sinergi antara SMK dan DUDI melalui penyelarasan kurikulum, program magang, dan pelatihan guru adalah langkah strategis untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Selain itu, sertifikasi keterampilan teknis dan pengembangan soft skills menjadi elemen penting dalam meningkatkan kesiapan lulusan menghadapi pasar kerja. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara SMK dan industri untuk menciptakan kurikulum yang adaptif, berbasis kompetensi, dan relevan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan pasar kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L. R., & Puspitasari, F. F. (2024). Kurikulum Kerjasama sebagai Upaya Penguatan Kompetensi SMK Pusat Keunggulan. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1225

Arum, N., & Djatmiko, R. D. (2024). Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (JPVTM), 12(1), 22–27. https://journal.uny.ac.id/publications/jvemtech/issue/view/573

Bramantiya, A. W., & Nurhadi, D. (2024). Eksplorasi Daya Saing Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan Kelas Industri PT. INKA Melalui Sertifikasi Welder (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Bendo). Jurnal Kependidikan, 13(3). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.794

Fatmawati, Hasniaty, & Bidol, S. (2024). Analisis Ketersediaan Sumber Daya dan Proses Pengembangan Kurikulum Terhadap Kebutuhan Industri Dimediasi Oleh Mutu Pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jem

Hermawan, W., Zam’an, P., & Jabar, R. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Memenuhi Kebutuhan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja). Journal of Education Research, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.769

Jaya, D. J., Saputra, T. W., Sudira, P., Bruri Triyono, M., Arifah, S., Lailatur Rahmah, N., Muhammad Yusuf, A., & Krista Diella, S. (2024). Komparasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian TGB di DIY. IJCEE, 10(1), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ijcee.v10i1.94394

Laili, A., Alfandie, A. I. N., Jannah, A. M., Tio, A. J. P., Agustin, D., Wildhan Santosa, J., & Supriyanto, A. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(11), 2024. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i11.2024.7

Lutfia, A., Yohana, C., & Adha, M. A. (2024). Strategi Pengembangan School Based-Enterprise dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 10–16. https://doi.org/10.31764

Permata, R. (2024). Model Total Quality Management Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Meningkatkan Keterserapan Mutu Lulusan di Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI). Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jip/index

Prasetyani, H. (2019). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Multimedia terhadap Kebutuhan Dunia Industri. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, 1(1). https://doi.org/10.31331/jsitee.v1i1.kodeartikel

Pratiwi, M., & Sufarinto, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Body Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Teknik, 22(1). https://doi.org/10.37031/jt.v22i1.476

Putro, M. N. A., Prasetya, D. D., & Chisbiyah, L. A. (2024). Relevansi Tempat Prakerin, Pengalaman Bermakna Saat Praktikum dan Iklim Kelas Terhadap Kematangan Vokasional Siswa SMK di Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(2), 360–368. https://doi.org/10.28926/briliant.v9i2.1738

Reinaldo, A., & Hendriani, S. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis Iduka Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa di SMKN 5 Sijunjung. Tadbiruna: Jurnal Manajemen, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.964

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5463

Sahdu, D. (2024). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pencapaian Kompetensi Lulusan Di SMKN 1 Cikarang Barat Bekasi. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 3(3). https://doi.org/10.29210/30031696000

Samengasbumi, R. P., Hamdani, H., Syailendra Ubaidillah, A., Rasikhun, H., Hidayati, N., Yustissiani, E., Saridewi Pascanawati, M., Putri, A., & Tunso Sapta Artansyah, M. (2024). Strategi peningkatan kualitas pembelajaran berbasis dunia kerja. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 774–783. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22291

Setyawan, A. E., Anyan, & Rifai, M. (2024). Kesiapan Soft Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4), 1227–1239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i4.4639

Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Tingkat SMK. Jurnal Education And Development, 11(3), 230–238. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4771

Suherman, A. I., & Sauri, S. (2024). Manajemen Program Penyelarasan Kurikulum SMK 2013 dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Keterserapan Tenaga Kerja Lulusan SMK Kota Bandung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 460–465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.430

Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.476

Suprap. (2024). Strategi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dalam Penyaluran Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 601–610. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.841

Wahyudin, Fitriati, I., & Ilyas. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 937–947. https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.797

Published

2024-12-30

How to Cite

Agustian, D., Amartha, A., & Wardoyo, S. (2024). Tantangan Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK di Dunia Industri. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1373–1382. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.5016