Tantangan Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK di Dunia Industri
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.5016Keywords:
Tantangan, Pendidikan Vokasional, Lulusan SMK, Daya Saing, DUDIAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat penyerapan lulusan SMK di dunia kerja sehinga adanya kesenjangan antara keterampilan yang diajarkan di sekolah dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi pendidikan vokasional dalam meningkatkan daya saing lulusan SMK, termasuk pengembangan keterampilan teknis (hard skills) dan keterampilan lunak (soft skills), implementasi kurikulum berbasis industri, serta keterlibatan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk menganalisis artikel yang relevan dan terakreditasi, dari 109 artikel yang diidentifikasi melalui Google Scholar, 16 artikel yang terakreditasi Sinta dan relevan dengan topik penelitian dipilih untuk analisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan sinergi antara SMK dan DUDI melalui penyelarasan kurikulum, program magang, dan pelatihan guru adalah langkah strategis untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Selain itu, sertifikasi keterampilan teknis dan pengembangan soft skills menjadi elemen penting dalam meningkatkan kesiapan lulusan menghadapi pasar kerja. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara SMK dan industri untuk menciptakan kurikulum yang adaptif, berbasis kompetensi, dan relevan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan pasar kerja.
Downloads
References
Abdillah, L. R., & Puspitasari, F. F. (2024). Kurikulum Kerjasama sebagai Upaya Penguatan Kompetensi SMK Pusat Keunggulan. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1225
Arum, N., & Djatmiko, R. D. (2024). Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (JPVTM), 12(1), 22–27. https://journal.uny.ac.id/publications/jvemtech/issue/view/573
Bramantiya, A. W., & Nurhadi, D. (2024). Eksplorasi Daya Saing Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan Kelas Industri PT. INKA Melalui Sertifikasi Welder (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Bendo). Jurnal Kependidikan, 13(3). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.794
Fatmawati, Hasniaty, & Bidol, S. (2024). Analisis Ketersediaan Sumber Daya dan Proses Pengembangan Kurikulum Terhadap Kebutuhan Industri Dimediasi Oleh Mutu Pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jem
Hermawan, W., Zam’an, P., & Jabar, R. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Memenuhi Kebutuhan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja). Journal of Education Research, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.769
Jaya, D. J., Saputra, T. W., Sudira, P., Bruri Triyono, M., Arifah, S., Lailatur Rahmah, N., Muhammad Yusuf, A., & Krista Diella, S. (2024). Komparasi Keterserapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian TGB di DIY. IJCEE, 10(1), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ijcee.v10i1.94394
Laili, A., Alfandie, A. I. N., Jannah, A. M., Tio, A. J. P., Agustin, D., Wildhan Santosa, J., & Supriyanto, A. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(11), 2024. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i11.2024.7
Lutfia, A., Yohana, C., & Adha, M. A. (2024). Strategi Pengembangan School Based-Enterprise dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 10–16. https://doi.org/10.31764
Permata, R. (2024). Model Total Quality Management Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Meningkatkan Keterserapan Mutu Lulusan di Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI). Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jip/index
Prasetyani, H. (2019). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Multimedia terhadap Kebutuhan Dunia Industri. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, 1(1). https://doi.org/10.31331/jsitee.v1i1.kodeartikel
Pratiwi, M., & Sufarinto, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Body Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Teknik, 22(1). https://doi.org/10.37031/jt.v22i1.476
Putro, M. N. A., Prasetya, D. D., & Chisbiyah, L. A. (2024). Relevansi Tempat Prakerin, Pengalaman Bermakna Saat Praktikum dan Iklim Kelas Terhadap Kematangan Vokasional Siswa SMK di Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(2), 360–368. https://doi.org/10.28926/briliant.v9i2.1738
Reinaldo, A., & Hendriani, S. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis Iduka Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa di SMKN 5 Sijunjung. Tadbiruna: Jurnal Manajemen, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.964
Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5463
Sahdu, D. (2024). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pencapaian Kompetensi Lulusan Di SMKN 1 Cikarang Barat Bekasi. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 3(3). https://doi.org/10.29210/30031696000
Samengasbumi, R. P., Hamdani, H., Syailendra Ubaidillah, A., Rasikhun, H., Hidayati, N., Yustissiani, E., Saridewi Pascanawati, M., Putri, A., & Tunso Sapta Artansyah, M. (2024). Strategi peningkatan kualitas pembelajaran berbasis dunia kerja. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 774–783. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22291
Setyawan, A. E., Anyan, & Rifai, M. (2024). Kesiapan Soft Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4), 1227–1239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i4.4639
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Tingkat SMK. Jurnal Education And Development, 11(3), 230–238. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4771
Suherman, A. I., & Sauri, S. (2024). Manajemen Program Penyelarasan Kurikulum SMK 2013 dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Keterserapan Tenaga Kerja Lulusan SMK Kota Bandung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 460–465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.430
Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.476
Suprap. (2024). Strategi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dalam Penyaluran Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 601–610. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.841
Wahyudin, Fitriati, I., & Ilyas. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 937–947. https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.797
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.