Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang

Authors

  • Yunita Henny Susilowati UNIVERSITAS TERBUKA
  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka
  • Ella Padillah Sekolah Tinggi Manajemen Labora

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.510

Keywords:

Kompetensi Guru, Supervisi Akademik, Kinerja guru

Abstract

Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan terhadap pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar sehingga akan tercapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Guru dikatakan profesional, jika guru tersebut mampu memahami dan menguasai berbagai kompetensi sebagai seorang pendidik. Supervisi akademik adalah kegiatan kepengawasan yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dan keadaan tenaga pendidik dan kependidikan maupun segala fasilitas yang memungkinkan terciptanya situasi belajar mengajar yang lebih kondusif demi tercapainya tujuan pendidikan. Diharapkan terdapat pengaruh kompetensi guru dan supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja   guru; (2) Mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru; dan (3) Mengetahui pengaruh antara kompetensi guru dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Pamulang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisa yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil deskripsi pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 5.770 > t tabel sebesar 2.04841. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 2.552 > t tabel 2.04841. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru dan supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung sebesar 356.785 > F tabel sebesar 3.35. Kesimpulannya adalah bahwa kompetensi guru dan supervisi akademik berpengaruh positif terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Pamulang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.& Lia Y. (2012). Manajemen Pendidikan. Graha Cendekia Yogyakarta.

Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena, 5(1), 100-112. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236

Kompri, (2015). Motivasi Pembelajaran Perpektif Guru dan Siswa.Solo: PT Remaja Rosdakarya.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113-121. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Solo : PT Remaja

Rosdakarya

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah . Jakarta: PT Bumi Aksara

Muwahid, S. (2012). Supervisi Pendidikan. Surabaya: Acima Publishing

Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52.

Selamet, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73-86.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryana, A A & Faturrohman, P. 2011. Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Published

2021-07-10

How to Cite

Susilowati, Y. H., Sudrajat, A., & Padillah, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 256–262. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.510

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.