Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.510Keywords:
Kompetensi Guru, Supervisi Akademik, Kinerja guruAbstract
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan terhadap pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar sehingga akan tercapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Guru dikatakan profesional, jika guru tersebut mampu memahami dan menguasai berbagai kompetensi sebagai seorang pendidik. Supervisi akademik adalah kegiatan kepengawasan yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dan keadaan tenaga pendidik dan kependidikan maupun segala fasilitas yang memungkinkan terciptanya situasi belajar mengajar yang lebih kondusif demi tercapainya tujuan pendidikan. Diharapkan terdapat pengaruh kompetensi guru dan supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru; (2) Mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru; dan (3) Mengetahui pengaruh antara kompetensi guru dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Pamulang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisa yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil deskripsi pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 5.770 > t tabel sebesar 2.04841. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 2.552 > t tabel 2.04841. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru dan supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung sebesar 356.785 > F tabel sebesar 3.35. Kesimpulannya adalah bahwa kompetensi guru dan supervisi akademik berpengaruh positif terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Pamulang
Downloads
References
Arikunto, S.& Lia Y. (2012). Manajemen Pendidikan. Graha Cendekia Yogyakarta.
Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena, 5(1), 100-112. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236
Kompri, (2015). Motivasi Pembelajaran Perpektif Guru dan Siswa.Solo: PT Remaja Rosdakarya.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113-121. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Solo : PT Remaja
Rosdakarya
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah . Jakarta: PT Bumi Aksara
Muwahid, S. (2012). Supervisi Pendidikan. Surabaya: Acima Publishing
Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52.
Selamet, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73-86.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryana, A A & Faturrohman, P. 2011. Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.