Pengaruh Collaborative Skill dan Kompetensi Profesional terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan Kota Depok

Authors

  • Ade Nunung Nurohmah Universitas Terbuka
  • Udan Kusmawan Universitas Terbuka
  • Rhini Fatmasari Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5187

Keywords:

Collaborative Skill, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan keterampilan kolaboratif dan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di era abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh collaborative skill dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan, Kota Depok. Collaborative skill merujuk pada kemampuan guru untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dalam praktik kerja yang dapat menghasilkan hasil yang diinginkan, sedangkan Kompetensi Profesional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru untuk melaksanakan tugas mengajarnya dengan efektif. Prestasi belajar siswa didefinisikan sebagai perubahan perilaku siswa yang terjadi akibat hasil dan proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, dengan sampel sebanyak 76 guru yang diambil menggunakan teknik random sampling. Pengujian data dilakukan menggunakan SPSS 22.0. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi variabel collaborative skill guru dan kompetensi profesional guru masing-masing 0,000, yang berarti keduanya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,005. Uji F juga menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,843 menunjukkan bahwa 84,3% perubahan Prestasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh collaborative skill dan Kompetensi Profesional Guru, sementara sisanya 15,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru perlu meningkatkan kualitas collaborative skills melalui penerapan gaya belajar yang berorientasi pada siswa, pelatihan berkelanjutan, dan dukungan dari pengawas sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, H. S., Fisshobah, D. N. F., Dayendria, A. E., & Wahyuda, B. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 321-330. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i%601.697

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Bawole, S. (2020). Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Dalam Kehidupan Spiritual Anak. Tumou Tou, 7(2), 143-156.

Daniati, S., Saputri, N., & Gatrimananda, Z. (2022). Efektivitas model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) berbasis praktikum pada mata kuliah rias fantasi untuk meningkatkan softskill mahasiswa. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2), 140-149. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v10i2.37277

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa tenbtang Kompetensi Profesional Guru dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Kuningan. Syntax Idea, 2(3). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v2i3.153

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal Manajerial, 17(1), 70-82. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.

Irnaningsih, S., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Collaborative Skills dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Siswa Sekolah Dasar di Gugus 10 Kecamatan Pamulang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 523-536. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.523-536.2021

Jamil, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Praktik Dengan Metode Project Work Collaborative Untuk Siswa Smk Negeri Klakah Lumajang. Steam Engineering, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1664

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45-51. http://dx.doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49-55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Mustofa, T., Farida, N. A., & Ferianto, F. (2023). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dalam Manajemen Pembelajaran Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 44-54. https://doi.org/10.32665/alulya.v8i1.1374

Nurdin, R. A., Kadir, J., Wungubelen, A. L., Bahri, A., & Masni, M. (2025). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis InvestigationBased Scientific Collaborative (IBSC) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 111-121. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1862

Putri, F. A., Anggraito, Y. U., & Alimah, S. (2018). The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on Students’ Collaborative Skill. Journal of Biology Education, 7(2), 144-150. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24278

Sani, A., & Ilyas, G. B. (2021). Analisis Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 4(3). https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.973

Sulistyowati, N. W. (2016). Implementasi small group discussion dan collaborative learning untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi ikip pgri madiun. Assets: jurnal akuntansi dan pendidikan, 5(2), 173-190. https://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197

Yuliawanti, R. (2019). The Collaborative Role of Counselors in Inclusive Schools. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 68-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.84

Published

2025-01-28

How to Cite

Nurohmah, A. N., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2025). Pengaruh Collaborative Skill dan Kompetensi Profesional terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan Kota Depok. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 21–38. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5187

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.