Pengaruh Collaborative Skill dan Kompetensi Profesional terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5187Keywords:
Collaborative Skill, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan keterampilan kolaboratif dan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di era abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh collaborative skill dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar Negeri di Gugus 3 Sawangan, Kota Depok. Collaborative skill merujuk pada kemampuan guru untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dalam praktik kerja yang dapat menghasilkan hasil yang diinginkan, sedangkan Kompetensi Profesional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru untuk melaksanakan tugas mengajarnya dengan efektif. Prestasi belajar siswa didefinisikan sebagai perubahan perilaku siswa yang terjadi akibat hasil dan proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, dengan sampel sebanyak 76 guru yang diambil menggunakan teknik random sampling. Pengujian data dilakukan menggunakan SPSS 22.0. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi variabel collaborative skill guru dan kompetensi profesional guru masing-masing 0,000, yang berarti keduanya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,005. Uji F juga menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,843 menunjukkan bahwa 84,3% perubahan Prestasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh collaborative skill dan Kompetensi Profesional Guru, sementara sisanya 15,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru perlu meningkatkan kualitas collaborative skills melalui penerapan gaya belajar yang berorientasi pada siswa, pelatihan berkelanjutan, dan dukungan dari pengawas sekolah.
Downloads
References
Amelia, H. S., Fisshobah, D. N. F., Dayendria, A. E., & Wahyuda, B. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 321-330. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i%601.697
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Bawole, S. (2020). Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Dalam Kehidupan Spiritual Anak. Tumou Tou, 7(2), 143-156.
Daniati, S., Saputri, N., & Gatrimananda, Z. (2022). Efektivitas model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) berbasis praktikum pada mata kuliah rias fantasi untuk meningkatkan softskill mahasiswa. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2), 140-149. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v10i2.37277
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa tenbtang Kompetensi Profesional Guru dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Kuningan. Syntax Idea, 2(3). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v2i3.153
Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal Manajerial, 17(1), 70-82. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.
Irnaningsih, S., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Collaborative Skills dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Siswa Sekolah Dasar di Gugus 10 Kecamatan Pamulang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 523-536. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.523-536.2021
Jamil, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Praktik Dengan Metode Project Work Collaborative Untuk Siswa Smk Negeri Klakah Lumajang. Steam Engineering, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1664
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45-51. http://dx.doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282
Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49-55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Mustofa, T., Farida, N. A., & Ferianto, F. (2023). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dalam Manajemen Pembelajaran Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 44-54. https://doi.org/10.32665/alulya.v8i1.1374
Nurdin, R. A., Kadir, J., Wungubelen, A. L., Bahri, A., & Masni, M. (2025). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis InvestigationBased Scientific Collaborative (IBSC) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 111-121. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1862
Putri, F. A., Anggraito, Y. U., & Alimah, S. (2018). The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on Students’ Collaborative Skill. Journal of Biology Education, 7(2), 144-150. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24278
Sani, A., & Ilyas, G. B. (2021). Analisis Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 4(3). https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.973
Sulistyowati, N. W. (2016). Implementasi small group discussion dan collaborative learning untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi ikip pgri madiun. Assets: jurnal akuntansi dan pendidikan, 5(2), 173-190. https://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197
Yuliawanti, R. (2019). The Collaborative Role of Counselors in Inclusive Schools. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 68-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.