Pengembangan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Akramunnisa Akramunnisa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Jumarniati Jumarniati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Hardiana Hardiana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nur Annisa Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5405

Keywords:

Augmented Reality, Game Edukasi, Pembelajaran Berhitung, Sekolah Dasar, ADDIE

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk mengadaptasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar, di mana penggunaan game edukasi berbasis AR diharapkan dapat menjawab tantangan pendidikan dengan menawarkan metode yang lebih menarik, interaktif, dan efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis AR sebagai media pembelajaran berhitung bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang memungkinkan pengembangan sistem yang terstruktur dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam game edukasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep angka, serta meningkatkan motivasi belajar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Implementasi game edukasi berbasis AR memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, di mana siswa dapat secara langsung berinteraksi dengan objek virtual yang muncul di lingkungan nyata mereka. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa game edukasi berbasis AR dapat membantu siswa dalam mengenali angka, memahami pola bilangan, serta melakukan operasi matematika dasar dengan lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar. Harapannya dengan adanya game edukasi berbasis AR ini, siswa dapat lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar matematika sehingga meningkatkan hasil belajar mereka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Irsyadi, F. Y., & Rohmah, A. N. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar di Rumah Pintar Salatiga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 91-98. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.837

Ananda, E. R., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1238-1252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3634

Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada tema binatang purba untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok b (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang. JEA (Jurnal Edukasi Aud), 9(2), 89-101. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.9326

Daniar, M. A., Soe'oed, R., & Hefni, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.332

Fatasya, T. S., Rahmatullah, Y., Husna, I., & Ratnawati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Sekolah Dasar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 995-1009. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3834

Inayah, Y., & Prasetyo, T. (2025). Meningkatkan Kualitas Belajar melalui Teknologi sebagai Media Pembelajaran untuk Anak yang Berkebutuhan Khusus. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 67-75. https://doi.org/10.55352/mudir.v7i1.1512

Kurniawan, Y. I., & Rivaldi, M. F. (2021). Game edukasi pengenalan dan pembelajaran berhitung untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 47-59. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i1.4354

Meliana, M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 862-867. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578

Mufida, B. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2021). Pembuatan games edukasi pengenalan hewan berdasarkan makanannya berbasis augmented reality. Journal Automation Computer Information System, 1(2), 120-130. https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.20

Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275-283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503

Pelealu, B. N., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality untuk Membantu Pembelajaran Anak dalam Membaca, Menulis, dan Berhitung. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1492-1499.

Purba, D. E. R., & Sibagariang, S. (2021). Belajar dan Bermain pada Anak Usia Dini dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Mahajana Informasi, 6(2), 97-102. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i2.2426

Puspitasari, A., Rudianto, B., & Prasetya, M. A. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Augmented Reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.31000/jika.v6i1.5155

Ramadani, H. K., & Huda, W. S. (2020). Game Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Explore IT: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika, 12(2), 87-92. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i2.2281

Sabila, L. Z., & Sukasih, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Inklusi Specific Learning Disorder Di Sdn Kutowinangun 12 Salatiga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 43-58. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19710

Samadi, M., & Handayani, A. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Coding'Bahasa C'untuk Anak-anak Berbasis Aplikasi Augmented Reality dalam Menyongsong. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 2(7), 326-338. https://doi.org/10.17977/um068v2i72022p326-338

Saputro, I. P., Adrian, A. M., & Joseph, L. D. (2021). Game" Finding Easter Egg" Berbasis Augmented Reality Menggunakan Algoritma A-Star. CogITo Smart Journal, 7(1), 15-25. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i1.289.15-25

Savitriana, H., & Anjarwati, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar: A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(01), 41-55.

Simanjuntak, M. M. P., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 2425-2435.

Vivianti, V., & Ratnawati, D. (2021). Game Edukasi Mobile" Aku Suka Sayur" Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 127-134. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.4917

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Published

2025-03-02

How to Cite

Akramunnisa, A., Jumarniati, J., Hardiana, H., & Annisa, N. (2025). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 960–969. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5405

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.