Pengembangan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5405Keywords:
Augmented Reality, Game Edukasi, Pembelajaran Berhitung, Sekolah Dasar, ADDIEAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk mengadaptasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar, di mana penggunaan game edukasi berbasis AR diharapkan dapat menjawab tantangan pendidikan dengan menawarkan metode yang lebih menarik, interaktif, dan efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis AR sebagai media pembelajaran berhitung bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang memungkinkan pengembangan sistem yang terstruktur dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam game edukasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep angka, serta meningkatkan motivasi belajar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Implementasi game edukasi berbasis AR memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, di mana siswa dapat secara langsung berinteraksi dengan objek virtual yang muncul di lingkungan nyata mereka. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa game edukasi berbasis AR dapat membantu siswa dalam mengenali angka, memahami pola bilangan, serta melakukan operasi matematika dasar dengan lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar. Harapannya dengan adanya game edukasi berbasis AR ini, siswa dapat lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar matematika sehingga meningkatkan hasil belajar mereka
Downloads
References
Al Irsyadi, F. Y., & Rohmah, A. N. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar di Rumah Pintar Salatiga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 91-98. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.837
Ananda, E. R., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1238-1252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3634
Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada tema binatang purba untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok b (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang. JEA (Jurnal Edukasi Aud), 9(2), 89-101. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.9326
Daniar, M. A., Soe'oed, R., & Hefni, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.332
Fatasya, T. S., Rahmatullah, Y., Husna, I., & Ratnawati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Sekolah Dasar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 995-1009. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3834
Inayah, Y., & Prasetyo, T. (2025). Meningkatkan Kualitas Belajar melalui Teknologi sebagai Media Pembelajaran untuk Anak yang Berkebutuhan Khusus. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 67-75. https://doi.org/10.55352/mudir.v7i1.1512
Kurniawan, Y. I., & Rivaldi, M. F. (2021). Game edukasi pengenalan dan pembelajaran berhitung untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 47-59. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i1.4354
Meliana, M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 862-867. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578
Mufida, B. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2021). Pembuatan games edukasi pengenalan hewan berdasarkan makanannya berbasis augmented reality. Journal Automation Computer Information System, 1(2), 120-130. https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.20
Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275-283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503
Pelealu, B. N., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality untuk Membantu Pembelajaran Anak dalam Membaca, Menulis, dan Berhitung. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1492-1499.
Purba, D. E. R., & Sibagariang, S. (2021). Belajar dan Bermain pada Anak Usia Dini dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Mahajana Informasi, 6(2), 97-102. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i2.2426
Puspitasari, A., Rudianto, B., & Prasetya, M. A. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Augmented Reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.31000/jika.v6i1.5155
Ramadani, H. K., & Huda, W. S. (2020). Game Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Explore IT: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika, 12(2), 87-92. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i2.2281
Sabila, L. Z., & Sukasih, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Inklusi Specific Learning Disorder Di Sdn Kutowinangun 12 Salatiga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 43-58. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19710
Samadi, M., & Handayani, A. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Coding'Bahasa C'untuk Anak-anak Berbasis Aplikasi Augmented Reality dalam Menyongsong. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 2(7), 326-338. https://doi.org/10.17977/um068v2i72022p326-338
Saputro, I. P., Adrian, A. M., & Joseph, L. D. (2021). Game" Finding Easter Egg" Berbasis Augmented Reality Menggunakan Algoritma A-Star. CogITo Smart Journal, 7(1), 15-25. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i1.289.15-25
Savitriana, H., & Anjarwati, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar: A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(01), 41-55.
Simanjuntak, M. M. P., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 2425-2435.
Vivianti, V., & Ratnawati, D. (2021). Game Edukasi Mobile" Aku Suka Sayur" Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 127-134. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.4917
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.