Analisis Literasi Digital Mahasiswa Universitas Terbuka pada Rumpun Mata Kuliah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5430Keywords:
Analisis, Literasi Digital, Matematika, Prestasi Akademik, Pendidikan Jarak JauhAbstract
Literasi digital dalam pembelajaran merupakan keterampilan esensial di era teknologi saat ini yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses, memanfaatkan, dan memahami informasi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan dan pengaruh literasi digital terhadap prestasi akdemik mahasiswa pada mata kuliah rumpun matematika. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskrptif kuantitatif expose facto, Populasi dari penelitian adalah seluruh mahasiswa peserta mata kuliah rumpun matematika di Universitas Terbuka Makassar. Sampling penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Variabel yang diukur meliputi literasi digital (X1), kondisi sosial ekonomi (X2), dan faktor pendukung literasi digital (X3) terhadap prestasi akademik (Y) dengan menggunakan korelasi Pearson. Data dikumpulkan melalui kuesioner Skala Lykert yang disebarkan melalui Google Form sehingga diperoleh sebanyak 139 responden, dan dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara literasi digital (X1) dengan kondisi sosial ekonomi (X2) (r = 0,604) dan faktor pendukung literasi digital (X3) (r = 0,590), dengan tingkat signifikansi 0,01. Selain itu, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi (X2) dan faktor pendukung literasi digital (X3) (r = 0,619). Namun, tidak ditemukan hubungan signifikan antara variabel independen (X1, X2, X3) dengan prestasi akademik (Y), di mana semua nilai korelasi antara Y dengan ketiga variabel independen sangat rendah dan tidak signifikan secara statistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik tidak dipengaruhi secara signifikan oleh literasi digital, kondisi ekonomi, dan dukungan infrastruktur dalam konteks analisis ini.
Downloads
References
Аbrosimova, G. A. (2020). Digital literacy and digital skills in university study. International Journal of Higher Education, 9(8), 52–58. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p52
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11662
Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499
Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. eksponen, 11(1), 20-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439-448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784
Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh literasi digital, efikasi diri, lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dalam e-business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198-1215. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35715
Hasmiah, J., Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 18-27. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038
Khairunisa, N. A., & Sabaria, S. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2). http://dx.doi.org/10.24269/asset.v6i2.7807
Muyassaroh, I., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2022). Urgensi literasi digital bagi mahasiswa di era society 5.0. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2), 81-90. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51
Oetomo, R. K., Pamungkas, P. D. A., & Septianingsih, N. (2023). Literasi digital mahasiswa menggunakan kerangka pengukuran literasi digital kominfo. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 73-83. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.356
Pratama, A. Y., Gusrianti, N., & Haq, K. A. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 96-101. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22876
Puteri, A. M., Inanda, I., & Prasetio, R. B. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan literasi digital terhadap preferensi bank digital di kalangan mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16-25. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4467
Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis literasi digital mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210-219. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738
Saputra, A. H., & Sudarwo, R. (2024). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd) Universitas Terbuka. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), 99-115. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.15080
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret sikap mahasiswa dalam penggunaan literasi digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Selegi, S. F., & Aryaningrum, K. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui pembuatan video tutorial alat peraga edukasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 77-89. https://doi.org/10.53696/27219283.144
Suhardiman, A. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42-53. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171
Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942-950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi digital sebagai upaya menangkal hoaks di era disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121-140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555
Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2021). Tingkat literasi digital mahasiswa Indonesia. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 59-71. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.