Analisis Literasi Digital Mahasiswa Universitas Terbuka pada Rumpun Mata Kuliah Matematika

Authors

  • Husnaeni Husnaeni Universitas Terbuka
  • Ranak Lince Universitas Terbuka
  • Jalil Jalil Universitas Terbuka
  • Muhammad Alqadri Burga Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5430

Keywords:

Analisis, Literasi Digital, Matematika, Prestasi Akademik, Pendidikan Jarak Jauh

Abstract

Literasi digital dalam pembelajaran merupakan keterampilan esensial di era teknologi saat ini yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses, memanfaatkan, dan memahami informasi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan dan pengaruh literasi digital terhadap prestasi akdemik mahasiswa pada mata kuliah rumpun matematika. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskrptif kuantitatif expose facto, Populasi dari penelitian adalah seluruh mahasiswa peserta mata kuliah rumpun matematika di Universitas Terbuka Makassar. Sampling penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Variabel yang diukur meliputi literasi digital (X1), kondisi sosial ekonomi (X2), dan faktor pendukung literasi digital (X3) terhadap prestasi akademik (Y) dengan menggunakan korelasi Pearson. Data dikumpulkan melalui kuesioner Skala Lykert yang disebarkan melalui Google Form sehingga diperoleh sebanyak 139 responden, dan dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara literasi digital (X1) dengan kondisi sosial ekonomi (X2) (r = 0,604) dan faktor pendukung literasi digital (X3) (r = 0,590), dengan tingkat signifikansi 0,01. Selain itu, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi (X2) dan faktor pendukung literasi digital (X3) (r = 0,619). Namun, tidak ditemukan hubungan signifikan antara variabel independen (X1, X2, X3) dengan prestasi akademik (Y), di mana semua nilai korelasi antara Y dengan ketiga variabel independen sangat rendah dan tidak signifikan secara statistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik tidak dipengaruhi secara signifikan oleh literasi digital, kondisi ekonomi, dan dukungan infrastruktur dalam konteks analisis ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Аbrosimova, G. A. (2020). Digital literacy and digital skills in university study. International Journal of Higher Education, 9(8), 52–58. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p52

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11662

Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499

Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. eksponen, 11(1), 20-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439-448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh literasi digital, efikasi diri, lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dalam e-business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198-1215. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35715

Hasmiah, J., Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 18-27. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038

Khairunisa, N. A., & Sabaria, S. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2). http://dx.doi.org/10.24269/asset.v6i2.7807

Muyassaroh, I., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2022). Urgensi literasi digital bagi mahasiswa di era society 5.0. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2), 81-90. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51

Oetomo, R. K., Pamungkas, P. D. A., & Septianingsih, N. (2023). Literasi digital mahasiswa menggunakan kerangka pengukuran literasi digital kominfo. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 73-83. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.356

Pratama, A. Y., Gusrianti, N., & Haq, K. A. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 96-101. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22876

Puteri, A. M., Inanda, I., & Prasetio, R. B. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan literasi digital terhadap preferensi bank digital di kalangan mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16-25. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4467

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis literasi digital mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210-219. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Saputra, A. H., & Sudarwo, R. (2024). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd) Universitas Terbuka. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), 99-115. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.15080

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret sikap mahasiswa dalam penggunaan literasi digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667

Selegi, S. F., & Aryaningrum, K. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui pembuatan video tutorial alat peraga edukasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 77-89. https://doi.org/10.53696/27219283.144

Suhardiman, A. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42-53. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171

Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942-950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi digital sebagai upaya menangkal hoaks di era disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121-140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555

Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2021). Tingkat literasi digital mahasiswa Indonesia. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 59-71. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391

Published

2025-03-02

How to Cite

Husnaeni, H., Lince, R., Jalil, J., & Burga, M. A. (2025). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Universitas Terbuka pada Rumpun Mata Kuliah Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 178–187. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5430

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 

You may also start an advanced similarity search for this article.