Penerapan Metode Qazmu Menggunakan Media Flashcards dan Tracker Hafalan untuk Meningkatkan Kemampuan Santri dalam Menghafal Juz Amma di TPA Sinar Setuju Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5553Keywords:
Penerapan, Metode Qazmu, Media Pembelajaran, Flashcards, Tracker HafalanAbstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Qazmu menggunakan media Flashcards dan Tracker hafalan dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz amma santri di TPA Sinar Setuju Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui efektifitas penerapan metode Qazmu menggunakan media Flashcards dan Tracker hafalan di TPA Sinar Setuju Palopo; (2) Mengetahui hasil peningkatan hafalan juz amma santri setelah diterapkannya metode Qazmu menggunakan media Flashcards dan Tracker hafalan di TPA Sinar Setuju Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah santri di TPA Sinar Setuju Palopo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar obsevasi santri, dan tes hafalan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pelaksanaan pembelajaran menghafal juz amma melalui metode Qazmu menggunakan media Flashcards dan Tracker hafalan telah terlaksana dengan baik, hal tersebut didasarkan pada pengamatan selama proses pembelajaran. Sebagaimana hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata 148 dengan persentase keberhasilan 86,66% kriteria baik, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 164 dengan persentase keberhasilan 93,33% kriteria sangat baik. Selanjutnya hasil observasi aktivitas santri pada siklus I nilai rata-rata 86 dengan persentase keberhasilan 78,95 kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 108 dengan persentase keberhasilan 94,73 kriteria sangat baik, (2) kemampuan menghafal juz amma santri setelah metode Qazmu menggunakan media Flashcards dan Tracker hafalan diterapkan, pada siklus I nilai rata-rata 69,10 dengan persentase ketuntasan 47,3% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 85,47 dengan persentase ketuntasan 100%.
Downloads
References
Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi peningkatan minat menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren ar-rahmah curup. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.749
Anwar, K., Yulita, O., Sukron, S. A., & Isa, M. I. (2021). Strategi Guru Alquran Hadis Dalam Meningkatkan kemampuan Siswa Menghafal Juz Amma. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 24-31. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3075
Ariyani, N., Hidayah, M. U., & Saleh, K. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.21093/bjie.v2i1.4744
Chotimah, C. (2022). Implementasi Metode Kauny Quantum Memory Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alqur’an Juz 30. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1098-1112. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.329
Dahlan, M. Z. (2022). Penerapan Metode Pembiasaan Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz Amma Siswa di MI Nurul Islam Kraton Yosowilangun Lumajang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 523-530. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.156
Elpasamani, H. T., & Za’ba, N. (2024). Efektifitas Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Pada Santri Kelas 1 Ponpes Madinatul Munawwarah Pelalawan. Rayah Al-Islam, 8(3), 636-646. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.998
Fauziyyah, L. N. F., Agustina, S. R. E., Novita, A., & Fadzil, H. B. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mengenal Surah Juz 29 di Taman Pendidikan Al-Qur’an. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 26-43. https://doi.org/10.19105/tjpi.v19i1.10551
Iftitah, S. L., Habibah, U., Sa'adah, F., Fitriani, E. H., & Es, I. E. (2023). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Menghafal Juz Amma Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i2.7366
Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247. https://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Jayanti, D. S. D., Warisno, A., Setyaningsih, R., & Apriyani, N. (2022). Penerapan Metode Takrir Dalam Penguatan Hafalan Juz ‘Amma Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Unisan Jurnal, 1(4), 60-73.
Kurniawan, N., & Nawawi, N. (2021). Metode Pembelajaran Menghafal Juz'amma di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 9(1), 162-172. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5221
Majid, A., Junaedi, M., & Ikhrom, I. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 579-588. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3973
Mohtarom, A. M. A. (2015). Implementasi Metode Apel Dalam Menghafal Juz ‘Amma Guna Meningkatkan Daya Ingat Santri Madin Childern. Jurnal Al-Murabbi, 1(1), 31-54. https://doi.org/10.35891/amb.v1i1.386
Nazil, S. A. H., & Rahim, A. (2022). Pembiasaan Menghafal Juz ‘Amma Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Washliyah Perbutulan Sumber Cirebon. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(3), 441-450. https://doi.org/10.53625/joel.v2i3.3834
Putra, A. I. S. (2023). Pemanfaaran Media Flashcard Metode Multiple Intelengsi Kombinasi Permainan Tradisional Dan Teknologi Untuk Memudahkan Menghafal Juz 30 Di SMA IT Kelas X. Jurnal Tahsinia, 4(2), 427-438. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.179
Safik, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hafalan Juz Amma Siswa. Halimi: Journal of Education, 1(1), 23-43.
Shofiyah, S. (2023). Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma Melalui Metode Flash Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Yosowilangun. Journal of Basic Education, 2(1), 156-167.
Solihin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 154-163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72-77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Winanti, R., & Kamalia, K. (2024). Efektivitas Komunikasi Verbal Dalam Meningkatkan Kegiatan Menghafal Juz Amma pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 91-104. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4419
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.