Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Profesionalisme Guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5582Keywords:
Hubungan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Profesionalisme, Guru ASN, Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis: (1) Hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. (2) Hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. (3) Hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian sejumlah 98 orang guru yang diperoleh secara acak proporsional. Instrumen penelitian menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,504. Sedangkan koefisien determinasi = 0,254, artinya adalah 25,4% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh disiplin kerja. (2) Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,540. Sedangkan koefisien determinasi = 0,292, artinya adalah 29,2% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh motivasi kerja. Dengan kata lain variabel motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 29,2% terhadap profesionalisme guru. (3) Terdapat hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,571. Sedangkan koefisien determinasi = 0,326, artinya adalah 32,6% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh disiplin kerja dan motivasi kerja. Dengan kata lain variabel disiplin kerja dan motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 32,6% terhadap profesionalisme guru
Downloads
References
Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27
Amirudin, A., & Nur, M. (2021). Profesionalisme Guru Kelas Dalam Melaksanakanproses Belajar Mengajar Selama Pandemi Covid-19. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 1-16. https://doi.org/10.52208/embrio.v6i2.180
Ansel, M. F., & Yohana, N. B. (2023). Pengaruh Komitmen Guru dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Katolik di Kota Ende. Journal on Education, 5(3), 7156–7167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1505
Asmawati, A., Mustanir, A., Syarifuddin, H., Jabbar, A., Saifullah, Sellang, K., Rais, M., Razak, R. M. R., Ibrahim, M., Ali, A., & Irwan. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Disiplin Aparatur Sipil Negara Kabupaten Sidenreng Rappang. JURNAL SOSIAL POLITIKA, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i1.31
Atmojo, S. T. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Impresi Indonesia ( JII ), 1(11), 1188–1193. https://doi.org/10.36418/jii.v1i11.685
Deskiawati, Saharuddin, & Khadappi, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Karakteristik Individu dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bandar Udara Lagaligo Bua. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(4), 673–683. https://doi.org/10.32493/jee.v5i4.31443
Dipayani, S., Natuna, D. A., & Chairilsyah, D. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Harapan terhadap Profesionalisme Guru di SDN Rayon Bersatu Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 3810–3818. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3458
Fittriawati, & Yusuf, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Guru Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bireun. Jurnal Kebangsaan, 12(23), 1–8. https://doi.org/10.55178/jkb.v12i23.365
Harapan, E. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Profesionalitas Guru Sekolah Dasar di Pedesaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 147–156. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jump.v1i2.42351
Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kinerja Guru di Nasa Pandemi Covid-19. JEMSI" Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5
Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93
Kholis, N., & Murwanti. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487
Kristyaningrum, Y., Aprianis, & Yulia, Y. (2022). Dampak Disiplin Kerja Dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Lampung Tengah. Dikombis: Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 229–237. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1786
Kumbara, H., Iswana, B., & Fahritsani, H. (2021). Professionalism Physical Education Teacher Based On Pedagogic Performance. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/GJIK.121.02
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. BEST Journal of Biologi Education Science & Technology, 1(02), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
Pratama, I., & Noersanti, L. (2025). Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja dan kompetensi terhadap pengembangan karir guru. Jurnal Manajemen STEI, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.36406/jmstei.v8i1.7
Purwaningtyas, F. D., Zuroidah, A., Nilam, N. N., & Sela, N. P. (2022). Efektivitas Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial di Tengah Pandemi Covid 19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 479-490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1955
Susanti, D. D., Kristanto, A., & Amalia, K. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 112-125. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5244
Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296-302. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297
Zubaedi, M., Sriekaningsih, A., & Harsasi, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Honorer di SD Se Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 891-900. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.214
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.