Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Profesionalisme Guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Authors

  • Sutisna Sutisna Universitas Terbuka
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan
  • Rhini Fatmasari Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5582

Keywords:

Hubungan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Profesionalisme, Guru ASN, Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis: (1) Hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. (2) Hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. (3) Hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian sejumlah 98 orang guru yang diperoleh secara acak proporsional. Instrumen penelitian menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara disiplin kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi  = 0,504. Sedangkan koefisien determinasi  = 0,254, artinya adalah 25,4% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh disiplin kerja. (2) Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi  = 0,540. Sedangkan koefisien determinasi = 0,292, artinya adalah 29,2% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh motivasi kerja. Dengan kata lain variabel motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 29,2% terhadap profesionalisme guru. (3) Terdapat hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kekuatan hubungan antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan profesionalisme guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi  = 0,571. Sedangkan koefisien determinasi = 0,326, artinya adalah 32,6% variasi variabel profesionalisme guru dipengaruhi oleh disiplin kerja dan motivasi kerja. Dengan kata lain variabel disiplin kerja dan motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 32,6% terhadap profesionalisme guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Amirudin, A., & Nur, M. (2021). Profesionalisme Guru Kelas Dalam Melaksanakanproses Belajar Mengajar Selama Pandemi Covid-19. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 1-16. https://doi.org/10.52208/embrio.v6i2.180

Ansel, M. F., & Yohana, N. B. (2023). Pengaruh Komitmen Guru dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Katolik di Kota Ende. Journal on Education, 5(3), 7156–7167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1505

Asmawati, A., Mustanir, A., Syarifuddin, H., Jabbar, A., Saifullah, Sellang, K., Rais, M., Razak, R. M. R., Ibrahim, M., Ali, A., & Irwan. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Disiplin Aparatur Sipil Negara Kabupaten Sidenreng Rappang. JURNAL SOSIAL POLITIKA, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i1.31

Atmojo, S. T. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Impresi Indonesia ( JII ), 1(11), 1188–1193. https://doi.org/10.36418/jii.v1i11.685

Deskiawati, Saharuddin, & Khadappi, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Karakteristik Individu dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bandar Udara Lagaligo Bua. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(4), 673–683. https://doi.org/10.32493/jee.v5i4.31443

Dipayani, S., Natuna, D. A., & Chairilsyah, D. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Harapan terhadap Profesionalisme Guru di SDN Rayon Bersatu Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 3810–3818. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3458

Fittriawati, & Yusuf, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Guru Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bireun. Jurnal Kebangsaan, 12(23), 1–8. https://doi.org/10.55178/jkb.v12i23.365

Harapan, E. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Profesionalitas Guru Sekolah Dasar di Pedesaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 147–156. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jump.v1i2.42351

Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kinerja Guru di Nasa Pandemi Covid-19. JEMSI" Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93

Kholis, N., & Murwanti. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487

Kristyaningrum, Y., Aprianis, & Yulia, Y. (2022). Dampak Disiplin Kerja Dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Lampung Tengah. Dikombis: Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 229–237. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1786

Kumbara, H., Iswana, B., & Fahritsani, H. (2021). Professionalism Physical Education Teacher Based On Pedagogic Performance. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/GJIK.121.02

Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. BEST Journal of Biologi Education Science & Technology, 1(02), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788

Pratama, I., & Noersanti, L. (2025). Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja dan kompetensi terhadap pengembangan karir guru. Jurnal Manajemen STEI, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.36406/jmstei.v8i1.7

Purwaningtyas, F. D., Zuroidah, A., Nilam, N. N., & Sela, N. P. (2022). Efektivitas Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial di Tengah Pandemi Covid 19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 479-490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1955

Susanti, D. D., Kristanto, A., & Amalia, K. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 112-125. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5244

Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296-302. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297

Zubaedi, M., Sriekaningsih, A., & Harsasi, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Honorer di SD Se Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 891-900. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.214

Published

2025-03-27

How to Cite

Sutisna, S., Patras, Y. E., & Fatmasari, R. . (2025). Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Profesionalisme Guru ASN Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 245–259. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5582

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.