Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kehadiran Siswa melalui Tata Tertib

Authors

  • Robbi Rizal Arsyad Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5655

Keywords:

Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Kehadiran, Tata Tertib, Studi Literatur

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi bahwa managemen kesiswaan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah. Tata tertib menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh manajemen kesiswaan dalam proses peningkatan kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Faktor yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah, 2) Cara manajemen kesiswaan menekan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di sekolah, sehingga siswa dapat dinyatakan disiplin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penlitian studi pustaka atau bisa juga disebut metode studi literatur. Mengumpulkan banyak data dan sumber yang relevan dari karya tulis ilmiah baik berupa jurnal, buku maupun tulisan dan hasil penelitian lain yang masih berkaitan menjadi sumber terpenting dalam penelitian ini. Pengolah data dilakukan dengan mengelompokkan data yang relevan sesuai dengan kretiria yang telah ditentukan, selanjutnya data tersebut diabtraksi dan dilakukan penarikan kesimpulan yang akan menjadi hasil dari penelitian ini. Karya tulis ilmiah yang menjadi sumber kajian adalah 20 karya tulis ilmiah yang berhubungan dan relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian melalui analisis jurnal dan karya ilmiah menunjukkan tiga temuan utama: 1) Manajemen kesiswaan di sekolah telah berjalan baik, namun masih terkendala kurangnya koordinasi dan sumber daya manusia, sehingga diperlukan perumusan prosedur dan kebijakan secara rinci dari penerimaan hingga kelulusan siswa; 2) Tata tertib sekolah perlu disusun secara jelas dengan melibatkan siswa dan disosialisasikan kepada siswa dan orang tua untuk meningkatkan kepatuhan; 3) Tingkat kedisiplinan siswa bervariasi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pertemanan, sehingga pembiasaan perilaku disiplin serta kerjasama antara sekolah dan orang tua sangat penting, terutama dalam menjaga disiplin kedatangan siswa sebagai indikator utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afan, M., Syahfitri, D., & Satria Wiguna, Y. A. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTS Al Jamilah Kecamatan Sawit Seberang. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 171-179.

Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.54065/jld.1.1.2021.7

Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Dieksis ID, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.54065/dieksis.1.1.2021.43

Ambami, N. S., Dini, S. H., & Riyadi, A. (2024). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Al Falah Kecamatan Tapos Kota Depok. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 247-255.

Anzalena, R., Yusuf, S., & Lukman, L. (2019). Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 123-132. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.123-132

Apiyani, A. (2024). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah DasaR. Jurnal Tahsinia, 5(7), 988-996. https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.263

Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi tata tertib sekolah dalam penanaman budaya disiplin siswa. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183-194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053

Devi, I., Harahap, N. I., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 30-41.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9.

Hasnawati, H., & Mardiah, M. (2024). Analisis Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Nurul Huda Sungai Luar. Edukasi, 12(2), 73-83. https://doi.org/10.61672/judek.v12i2.2838

Ilyasin, M. (2019). Students’ discipline management in strengthening modern human resources. Dinamika Ilmu, 19(2), 351-361. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1774

Kasingku, J., & Lotulung, M. S. D. (2024). Disiplin Sebagai Kunci Sukses Meraih Prestasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4785-4797. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14536

Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239-258.

Lestari, M. L. N. R., Maryati, M., & Munafiah, N. U. (2024). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(5), 1990-1994.

Marotang, W. (2020). Tingkat Kedisiplinan terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa SMP Kristen Bombanon. Jurnal Inovasi Bimbingan dan Konseling, 2(2), 78-83. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.663

Nurlaela, R. (2021). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMK Industri Nasional 1. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.11272

Rosiani, B. N., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2023). Layanan Orientasi Tentang Tata Tertib Dan Perilaku Disiplin Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 171-177. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2869

Salgong, V. K., Ngumi, O., & Chege, K. (2016). The Role of Guidance and Counseling in Enhancing Student Discipline in Secondary Schools in Koibatek District. Journal of Education and Practice, 7(13), 142-151.

Santriati, M. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281-292. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i3.10178

Sidiq, U., Sobahi, A. M. T., & Tazqiatunnafsi, H. (2023). Penerapan Tata Tertib Sekolah Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Sman 1 Langkaplancar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 528-532. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.532

Solechan, S., & Abdullah, A. (2022). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di SMA Primaganda Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 129-144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.599

Subaidi, S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 148-161. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.233

Sudarti, E., & Bisri, M. (2025). Student Management in Improving Student Discipline. Journal of Advanced Research and Studies in Educational Management (JARSEM), 1(1), 1-6.

Sujana, A. A., & Wijaya, R. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 145-159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159

Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600

Syaddad, A. (2023). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sman 4 Berau. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(4), 118-129. https://doi.org/10.58401/salimiya.v4i4.1307

Taha, R. A., & Sujana, I. N. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah terhadap Disiplin Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 247-253. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.31137

Taufik, R. S. (2022). The Implementation of student management in discipline guidance at modern Islamic boarding schools Gontor. The Implementation of Student Management in Discipline Guidance at Modern Islamic Boarding Schools Gontor, 8(1), 103-112.

Wanda, W., Ahmad, S., & Fitriani, Y. (2022). Implementation of school rules to improve the teachers and student discipline. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 650-655. http://dx.doi.org/10.29210/021103jpgi0005

Published

2025-05-08

How to Cite

Arsyad, R. R., Purwoko, B., & Khamidi, A. (2025). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kehadiran Siswa melalui Tata Tertib. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 431–443. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5655

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.