Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kehadiran Siswa melalui Tata Tertib
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5655Keywords:
Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Kehadiran, Tata Tertib, Studi LiteraturAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi bahwa managemen kesiswaan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah. Tata tertib menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh manajemen kesiswaan dalam proses peningkatan kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Faktor yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah, 2) Cara manajemen kesiswaan menekan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di sekolah, sehingga siswa dapat dinyatakan disiplin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penlitian studi pustaka atau bisa juga disebut metode studi literatur. Mengumpulkan banyak data dan sumber yang relevan dari karya tulis ilmiah baik berupa jurnal, buku maupun tulisan dan hasil penelitian lain yang masih berkaitan menjadi sumber terpenting dalam penelitian ini. Pengolah data dilakukan dengan mengelompokkan data yang relevan sesuai dengan kretiria yang telah ditentukan, selanjutnya data tersebut diabtraksi dan dilakukan penarikan kesimpulan yang akan menjadi hasil dari penelitian ini. Karya tulis ilmiah yang menjadi sumber kajian adalah 20 karya tulis ilmiah yang berhubungan dan relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian melalui analisis jurnal dan karya ilmiah menunjukkan tiga temuan utama: 1) Manajemen kesiswaan di sekolah telah berjalan baik, namun masih terkendala kurangnya koordinasi dan sumber daya manusia, sehingga diperlukan perumusan prosedur dan kebijakan secara rinci dari penerimaan hingga kelulusan siswa; 2) Tata tertib sekolah perlu disusun secara jelas dengan melibatkan siswa dan disosialisasikan kepada siswa dan orang tua untuk meningkatkan kepatuhan; 3) Tingkat kedisiplinan siswa bervariasi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pertemanan, sehingga pembiasaan perilaku disiplin serta kerjasama antara sekolah dan orang tua sangat penting, terutama dalam menjaga disiplin kedatangan siswa sebagai indikator utama.
Downloads
References
Afan, M., Syahfitri, D., & Satria Wiguna, Y. A. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTS Al Jamilah Kecamatan Sawit Seberang. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 171-179.
Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.54065/jld.1.1.2021.7
Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Dieksis ID, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.54065/dieksis.1.1.2021.43
Ambami, N. S., Dini, S. H., & Riyadi, A. (2024). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Al Falah Kecamatan Tapos Kota Depok. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 247-255.
Anzalena, R., Yusuf, S., & Lukman, L. (2019). Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 123-132. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.123-132
Apiyani, A. (2024). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah DasaR. Jurnal Tahsinia, 5(7), 988-996. https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.263
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi tata tertib sekolah dalam penanaman budaya disiplin siswa. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183-194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Devi, I., Harahap, N. I., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 30-41.
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9.
Hasnawati, H., & Mardiah, M. (2024). Analisis Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Nurul Huda Sungai Luar. Edukasi, 12(2), 73-83. https://doi.org/10.61672/judek.v12i2.2838
Ilyasin, M. (2019). Students’ discipline management in strengthening modern human resources. Dinamika Ilmu, 19(2), 351-361. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1774
Kasingku, J., & Lotulung, M. S. D. (2024). Disiplin Sebagai Kunci Sukses Meraih Prestasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4785-4797. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14536
Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239-258.
Lestari, M. L. N. R., Maryati, M., & Munafiah, N. U. (2024). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(5), 1990-1994.
Marotang, W. (2020). Tingkat Kedisiplinan terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa SMP Kristen Bombanon. Jurnal Inovasi Bimbingan dan Konseling, 2(2), 78-83. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.663
Nurlaela, R. (2021). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMK Industri Nasional 1. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i2.11272
Rosiani, B. N., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2023). Layanan Orientasi Tentang Tata Tertib Dan Perilaku Disiplin Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 171-177. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2869
Salgong, V. K., Ngumi, O., & Chege, K. (2016). The Role of Guidance and Counseling in Enhancing Student Discipline in Secondary Schools in Koibatek District. Journal of Education and Practice, 7(13), 142-151.
Santriati, M. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281-292. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i3.10178
Sidiq, U., Sobahi, A. M. T., & Tazqiatunnafsi, H. (2023). Penerapan Tata Tertib Sekolah Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Sman 1 Langkaplancar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 528-532. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.532
Solechan, S., & Abdullah, A. (2022). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di SMA Primaganda Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 129-144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.599
Subaidi, S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 148-161. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.233
Sudarti, E., & Bisri, M. (2025). Student Management in Improving Student Discipline. Journal of Advanced Research and Studies in Educational Management (JARSEM), 1(1), 1-6.
Sujana, A. A., & Wijaya, R. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 145-159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159
Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600
Syaddad, A. (2023). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sman 4 Berau. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(4), 118-129. https://doi.org/10.58401/salimiya.v4i4.1307
Taha, R. A., & Sujana, I. N. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah terhadap Disiplin Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 247-253. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.31137
Taufik, R. S. (2022). The Implementation of student management in discipline guidance at modern Islamic boarding schools Gontor. The Implementation of Student Management in Discipline Guidance at Modern Islamic Boarding Schools Gontor, 8(1), 103-112.
Wanda, W., Ahmad, S., & Fitriani, Y. (2022). Implementation of school rules to improve the teachers and student discipline. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 650-655. http://dx.doi.org/10.29210/021103jpgi0005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.