Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Swasta di Bekasi

Authors

  • Muhammad Nuh STIT Hidayatunnajah
  • Pepen Suhendra STIT Hidayatunnajah
  • Ahmad Faoji STIT Hidayatunnajah

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5846

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Guru, Kualitas Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada masih terbatasnya pemahaman formal guru terhadap teori pedagogik, yang dapat menghambat optimalisasi strategi pembelajaran Bahasa Arab di kelas. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh guru untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan secara spesifik untuk mengidentifikasi kontribusi penguasaan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab di kelas 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab yang mengajar di kelas VIII pada salah satu MTs swasta di Bekasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru bahasa Arab memiliki penguasaan pedagogik yang baik dalam mengelola pembelajaran, memahami karakteristik peserta didik, serta menggunakan metode dan media pembelajaran yang interaktif. 2) Meskipun guru belum mengenal teori pedagogik secara formal, praktik mengajar langsung dapat menguatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru. 3) Peningkatan hasil belajar siswa, baik secara kognitif maupun performative, menunjukkan kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penguasaan kompetensi pedagogik menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

bahasa arab di sekolah. Ukazh Journal of Arabic Studies, 4(1), 39-51. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.744

Agustin, D., Aliyyah, R., & Erlina, E. (2024). Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas iv sd negeri 01 cicurug. karimahtauhid, 3(1), 829-858. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11567

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Alimusa, S. & Ikhwan, I. (2019). Nilai-nilai sosial dalam hubungan kerja petani gambir dengan toke di kenagarian gantiang mudiak utara surantih. Culture & Society Journal of Anthropological Research, 1(1), 110-117. https://doi.org/10.24036/culture/vol1-iss1/21

Anggraini, S. & Sukartono, S. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287-5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071

Annisa, M. & Safii, R. (2023). Analisis kebutuhan belajar bahasa arab sebagai bahasa asing dalam konteks pendidikan tinggi. Eloquence Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328. https://doi.org/10.58194/eloquence.v2i2.861

Asmara, L. & Mustofa, T. (2024). Strategi guru bahasa arab dalam meningkatkan maharotul kalam di mts. husnul khotimah kuningan. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2), 1531-1541. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557

Cahyana, C. & Agustin, M. (2024). Kompetensi pedagogik guru kelas: perencanaan, penerapan dan evaluasi dalam pembelajaran. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 844-851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5962

Cahyaningsih, I. & Astuti, K. (2022). Hubungan persepsi supervisi akademik dengan kompetensi pedagogik pada guru sekolah dasar inklusi. Jurnal Impresi Indonesia, 1(11), 1180-1187. https://doi.org/10.58344/jii.v1i11.682

Chabib, A. (2018). Manajemen pengembangan mgmp bahasa arab madrasah tsanawiyah propinsi daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 9(1), 18. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i1.2063

Dego, A., Santie, Y., Deehop, S., & Kerebungu, F. (2019). Analisis kompetensi pedagogik guru ips di smp negeri 1 kabupaten pulau morotai. Jurnal Socius Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 81. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.151

Durtam, D. (2022). Implementasi model pembelajaran bahasa arab dalam upaya meningkatkan penguasaan mufrodat berbasis tema pada anak usia dini. Awlady Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9773

Firmansyah, D., Riadi, F., Adinata, U., & Suherman, A. (2022). Pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja guru. Majalah Bisnis & Iptek, 15(2), 129-143. https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.270

Ghozaly, U. (2022). Model “nine instructional events gagne” dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa arab. tadris, 10(2), 235-255. https://doi.org/10.21274/tadris.2022.10.2.235-255

Helmi, D., Asep, A., Ansiska, P., & Barus, C. (2023). Analisis penugasan mahasiswa melalui aktivitas review jurnal terintegrasi model pembelajaran problem based learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 554-559. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1248

Hilmi, H. (2017). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885

Julaeha, J., Soekamta, L., Pahlawani, K., & Kosmajadi, E. (2023). Pengaruh manajemen mutu terpadu dan kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran bahasa arab. Madinasika, 4(2), 39-47. https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.7303

Kanza, L., Iswandi, I., & Fanirin, M. (2024). Penerapan prinsip kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa arab. incare, 5(3), 318-328. https://doi.org/10.59689/incare.v5i3.1028

Kinanty, K. & Ramadan, Z. (2021). Profil kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Mimbar Ilmu, 26(3), 425. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40826

Kurniawan, A., Tuwu, D., & Tanzil, T. (2022). Peran keluarga dalam memberikan pembinaan terhadap remaja di kelurahan bone lipu kecamatan kulisusu kabupaten buton utara. Welvaart Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 3(1). https://doi.org/10.52423/welvaart.v3i1.27381

Lestari, P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153-160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160

Maulana, R. (2022). Analisis capaian pembelajaran bahasa arab dengan taksonomi bloom revisi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.7621

Mu'arifah, I. (2023). Meningkatkan kompetensi guru membantu kesulitan belajar abk dengan supervisi akademik teknik evaluasi diri. Jurnal Sinektik, 4(2), 160-170. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6676

Muttaqin, J., Shodiq, M., & Qosim, M. (2023). Metodologi pengajaran kaidah bahasa arab : implementasi metode induktif dan deduktif di mts negeri 1 sragen. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1790-1798. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4894

Naser, R. (2022). Meningkatkan pembelajaran bahasa arab siswa melalui media audio visual dalam manajemen pendidikan islam tinjauan (studi di madrasah aliyah negeri 2 kota palu). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(8), 466-480. https://doi.org/10.56338/jks.v5i8.2695

Ngarifah, I. & Fitriani, L. (2022). Optimalisasi metode eklektik dalam pengajaran bahasa arab di lembaga kursus bahasa arab al-fitrah pare. Tarling Journal of Language Education, 6(2), 227-242. https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.7076

Nurhidayat, E., Herdiawan, R., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan peningkatan literasi digital guru dalam mengintegrasikan teknologi di smp al-washilah panguragan kabupaten cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27-31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71

Nurpajar, A. (2020). Pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak peserta didik. Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 22-31. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.232

Oktaviani, E. & Husin, H. (2022). Implementasi pembelajaran tahsin al-qur’an dan amaliyah keagamaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063-5075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3025

Parhati, L., Zulijah, S., & Nugroho, M. (2022). Peran guru pai dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik sekolah dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(2), 121-129. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i2.285

Perwira, A., Faridah, E., Apriliani, P., & Mubarok, A. (2023). Telaah kurikulum bahasa arab di ma al-hidayah depok. Jurnal Kajian Islam Modern, 10(01), 28-33. https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.320

Purba, N. & Jamil, K. (2023). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan penguasaan kosa kata pembelajaran bahasa arab di pesantren moderen ta’dib al-syakirin kelas vii. Journal of Education Research, 4(3), 1259-1264. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335

Rajagukguk, A., Nurmawati, N., & Susanti, E. (2024). Pengaruh blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa al-qur’an hadis kelas viii mtss hidayatus shibyaan. Research and Development Journal of Education, 10(1), 198. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20634

Rasyid, A. (2023). Manajemen pembelajaran bahasa arab di mts. Ukazh Journal of Arabic Studies, 4(1), 32-38. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.704

Safitri, M. (2020). Analisis kompetensi pedagogik guru pai dalam mengimplementasikan kurikulum di sma negeri. Journal of Islamic Education and Innovation, 1(2), 18. https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.1474

Safitri, W., Susiawati, I., Fitriani, R., Nuramalia, S., & Fasehah, D. (2023). Potensi dan efektivitas pemanfatan smart tv dalam meningkatkan minat belajar bahasa arab siswa. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 944-952. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4725

Sandi, A., Haryanti, Y., Gusfika, O., Noermanzah, N., & Suryadi, S. (2022). Penguasaan kompetensi pedagogik guru bahasa indonesia dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran pada materi teks debat di sma. Silampari Bisa Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia Daerah Dan Asing, 5(2), 433-444. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.2055

Sari, D., Hidayati, D., Wahyuni, A., Lestari, R., & Awaliyah, N. (2021). Pengembangan kompetensi pedagogik guru sd melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif di era pandemi covid-19. Manggali, 1(2), 167. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1750

Sholihah, M. & Amaliyah, N. (2022). Peran guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898-905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Susanto, R. (2021). Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 164-171. https://doi.org/10.29210/020211167

Wahyuni, R. & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 108-115. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p1083

Published

2025-06-01

How to Cite

Nuh, M., Suhendra, P., & Faoji, A. (2025). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Swasta di Bekasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 568–581. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5846

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.