Strategi Sekolah dalam Menyiapkan Peserta Didik untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Authors

  • Evanty Aulia Rosida Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5849

Keywords:

Strategi Sekolah, Peserta Didik, Perguruan Tinggi Negeri

Abstract

Pentingnya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menyiapkan peserta didik untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif dan banyak diterima di PTN. Tujuan utama penelitian adalah mengetahui strategi yang digunakan sekolah serta mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mempelajari berbagai sumber relevan seperti buku, artikel jurnal, dan karya ilmiah terkait. Proses penelitian dimulai dengan penelusuran dan pengklasifikasian sumber, diikuti pengolahan data menjadi temuan, abstraksi informasi mendalam, interpretasi, hingga penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan terhadap 20 artikel nasional dan internasional terkait strategi sekolah dalam menyiapkan peserta didik masuk PTN. Selain itu, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah harus menyusun perencanaan yang terarah, terstruktur, dan terorganisir, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor internal dan eksternal juga harus diperhatikan, termasuk pembentukan tim yang melibatkan guru BK, guru pembimbing akademik, dan orang tua/wali peserta didik. Sekolah dianjurkan melaksanakan tes potensi skolastik (TPS) untuk mengukur kemampuan peserta didik, mengadakan kegiatan seperti PKM atau seminar, serta menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi. Evaluasi rutin terhadap strategi yang diterapkan juga penting untuk mengatasi hambatan yang muncul. Strategi sekolah yang efektif harus melibatkan program terstruktur, sumber daya internal-eksternal, fasilitas pendukung, kerja sama, serta evaluasi berkelanjutan guna memastikan keberhasilan persiapan peserta didik masuk PTN

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’adiyah, A. A., & Abdurrahman, A. (2024). Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa Di SMA Nurul Jadid. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 114-121. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6763

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Dewi, P. S., Brillyansyah, D. F., Alfarizi, M. I., & Mualimin, L. (2024). Pengembangan Minat Studi Lanjut: Sosialisasi Strategi Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Simulasi Tryout Berbasis CAT (Computer Assisted Test). Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 3(2), 135-142. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i2.522

Diliana, E. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan TOEIC (Test of English for International Communication) untuk Siswa SMKN 2 Pariwisata Merauke 2023. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 132-139. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.424

Fitriyanti, E., Soedjarwo, S., & Sholeh, M. (2025). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Di Madrasah Aliyah Amanatul Umma. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 74-83. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1281

Gusman, B. A., Setiawan, F., Kasanah, I. N., & Pramudita, T. J. (2021). Strategi Kepala Sekolah Pada Kepemimpinan Transformatif Dalam Meningkatkan Akademik Siswa MAN 4 Kebumen. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 142-162.

Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 44-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272

Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 44-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272

Hidayat, M. F., Muyu, C. V., & Mesra, R. (2023). Peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Motoling. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(5), 525-532. https://doi.org/10.17977/um063v3i5p525-532

Hidayati, A. (2015). Perencanaan Karir Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa Smk (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2). https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1531

Imawanty, I., Hidayat, R., & Nazib, F. M. (2024). Program Unggulan Sukses Masuk Kampus Sebagai Strategi Meningkatkan Mutu Lulusan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4404-4420. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14980

Jabar, I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Keunggulan Manajemen Pembelajaran Di SMA Negeri 5 Bangko Pusako Bagansiapiapi. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.69688/jpip.v1i1.1

Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2024). Penguatan Kapasistas Siswa SMAN Negeri 14 Maros dalam Menghadapi SNBT PTN melalui Pelatihan Skolastik. Madaniya, 5(4), 2374-2381. https://doi.org/10.53696/27214834.1064

Jannah, S. R., Muhibah, S., & Khairunnas, K. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat: Strategi Mempertahankan Citra Positif Sekolah. JMiE (Journal of Management in Education), 3(1), 20-29.

Kurniawan, S., & S Th I, M. S. I. (2017). Pendidikan karakter di sekolah: Revitalisasi peran sekolah dalam menyiapkan generasi bangsa berkarakter. Samudra Biru.

Listya, K., Jazuli, M. A., & Jati, F. D. (2023). Penguatan Strategi Melalui Tips Dan Trik Belajar Siswa Kelas 12 Untuk Kelulusan Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 4(2), 62-66.

Maisarah, M. (2023). Strategi Menjemput Sukses Menuju Kampus Keren. Ameena Journal, 1(3), 309-321. https://doi.org/10.63732/aij.v1i3.34

Mokere, R. M. (2021). Pelatihan Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Masuk PTN Dan Sekolah Kedinasan Melalui Trik 3M di Kabupaten Jayapura. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(1), 10-16. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i1.560

Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503

Nizar, N., Pratama, R. T., & Mustafiyanti, M. (2024). Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 53-64. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.628

Nugraha, D., Wulandari, M. A., Yuningsih, E., & Setiani, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Program Kewirausahaan di Sekolah Dasa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6754-6762. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2974

Pratiwi, I. W. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar Klaten Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(1), 25-38. https://doi.org/10.37721/psi.v9i1.717

Putro, B. A., Hidayah, B. N., Habibah, J. L., Dewanti, N. A., Wardoyo, F., & Efianingrum, A. (2024). Peta Aspirasi Peserta Didik Sma Dalam Melanjutkan Studi Pada Konteks Transformasi Kebijakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 8(8).

Rabani, F. A. N. (2023). Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Perekonomian. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 113-122. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.113-122

Rahmawati, S., & Hoerudin, H. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Sekolah Peradaban Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Berdaya Saing Global. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 515-526. https://doi.org/10.5281/zenodo.7332380

Riyadi, M. R., Fernandes, R., & Adriyani, A. (2022). Strategi Sekolah Dalam Mempertahankan Kualitas Lulusan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 209-219. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.42

Sriwahyuni, E., Kristiawan, M., & Wachidi, W. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 21-33. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57

Wiratama, B. P., Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Terima Di Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNMPTN, SNMPN dan PTKIN. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 441-456. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.10619

Published

2025-06-01

How to Cite

Rosida, E. A., Widiyanah, I., & Khamidi, A. (2025). Strategi Sekolah dalam Menyiapkan Peserta Didik untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 556–567. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5849

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.