Strategi Sekolah dalam Menyiapkan Peserta Didik untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5849Keywords:
Strategi Sekolah, Peserta Didik, Perguruan Tinggi NegeriAbstract
Pentingnya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menyiapkan peserta didik untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif dan banyak diterima di PTN. Tujuan utama penelitian adalah mengetahui strategi yang digunakan sekolah serta mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mempelajari berbagai sumber relevan seperti buku, artikel jurnal, dan karya ilmiah terkait. Proses penelitian dimulai dengan penelusuran dan pengklasifikasian sumber, diikuti pengolahan data menjadi temuan, abstraksi informasi mendalam, interpretasi, hingga penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan terhadap 20 artikel nasional dan internasional terkait strategi sekolah dalam menyiapkan peserta didik masuk PTN. Selain itu, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah harus menyusun perencanaan yang terarah, terstruktur, dan terorganisir, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor internal dan eksternal juga harus diperhatikan, termasuk pembentukan tim yang melibatkan guru BK, guru pembimbing akademik, dan orang tua/wali peserta didik. Sekolah dianjurkan melaksanakan tes potensi skolastik (TPS) untuk mengukur kemampuan peserta didik, mengadakan kegiatan seperti PKM atau seminar, serta menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi. Evaluasi rutin terhadap strategi yang diterapkan juga penting untuk mengatasi hambatan yang muncul. Strategi sekolah yang efektif harus melibatkan program terstruktur, sumber daya internal-eksternal, fasilitas pendukung, kerja sama, serta evaluasi berkelanjutan guna memastikan keberhasilan persiapan peserta didik masuk PTN
Downloads
References
As’adiyah, A. A., & Abdurrahman, A. (2024). Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa Di SMA Nurul Jadid. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 114-121. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6763
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Dewi, P. S., Brillyansyah, D. F., Alfarizi, M. I., & Mualimin, L. (2024). Pengembangan Minat Studi Lanjut: Sosialisasi Strategi Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Simulasi Tryout Berbasis CAT (Computer Assisted Test). Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 3(2), 135-142. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i2.522
Diliana, E. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan TOEIC (Test of English for International Communication) untuk Siswa SMKN 2 Pariwisata Merauke 2023. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 132-139. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.424
Fitriyanti, E., Soedjarwo, S., & Sholeh, M. (2025). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Di Madrasah Aliyah Amanatul Umma. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 74-83. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1281
Gusman, B. A., Setiawan, F., Kasanah, I. N., & Pramudita, T. J. (2021). Strategi Kepala Sekolah Pada Kepemimpinan Transformatif Dalam Meningkatkan Akademik Siswa MAN 4 Kebumen. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 142-162.
Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 44-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272
Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 44-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272
Hidayat, M. F., Muyu, C. V., & Mesra, R. (2023). Peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Motoling. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(5), 525-532. https://doi.org/10.17977/um063v3i5p525-532
Hidayati, A. (2015). Perencanaan Karir Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa Smk (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2). https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1531
Imawanty, I., Hidayat, R., & Nazib, F. M. (2024). Program Unggulan Sukses Masuk Kampus Sebagai Strategi Meningkatkan Mutu Lulusan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4404-4420. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14980
Jabar, I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Keunggulan Manajemen Pembelajaran Di SMA Negeri 5 Bangko Pusako Bagansiapiapi. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.69688/jpip.v1i1.1
Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2024). Penguatan Kapasistas Siswa SMAN Negeri 14 Maros dalam Menghadapi SNBT PTN melalui Pelatihan Skolastik. Madaniya, 5(4), 2374-2381. https://doi.org/10.53696/27214834.1064
Jannah, S. R., Muhibah, S., & Khairunnas, K. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat: Strategi Mempertahankan Citra Positif Sekolah. JMiE (Journal of Management in Education), 3(1), 20-29.
Kurniawan, S., & S Th I, M. S. I. (2017). Pendidikan karakter di sekolah: Revitalisasi peran sekolah dalam menyiapkan generasi bangsa berkarakter. Samudra Biru.
Listya, K., Jazuli, M. A., & Jati, F. D. (2023). Penguatan Strategi Melalui Tips Dan Trik Belajar Siswa Kelas 12 Untuk Kelulusan Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 4(2), 62-66.
Maisarah, M. (2023). Strategi Menjemput Sukses Menuju Kampus Keren. Ameena Journal, 1(3), 309-321. https://doi.org/10.63732/aij.v1i3.34
Mokere, R. M. (2021). Pelatihan Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Masuk PTN Dan Sekolah Kedinasan Melalui Trik 3M di Kabupaten Jayapura. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(1), 10-16. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i1.560
Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503
Nizar, N., Pratama, R. T., & Mustafiyanti, M. (2024). Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 53-64. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.628
Nugraha, D., Wulandari, M. A., Yuningsih, E., & Setiani, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Program Kewirausahaan di Sekolah Dasa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6754-6762. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2974
Pratiwi, I. W. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar Klaten Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(1), 25-38. https://doi.org/10.37721/psi.v9i1.717
Putro, B. A., Hidayah, B. N., Habibah, J. L., Dewanti, N. A., Wardoyo, F., & Efianingrum, A. (2024). Peta Aspirasi Peserta Didik Sma Dalam Melanjutkan Studi Pada Konteks Transformasi Kebijakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 8(8).
Rabani, F. A. N. (2023). Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Perekonomian. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 113-122. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.113-122
Rahmawati, S., & Hoerudin, H. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Sekolah Peradaban Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Berdaya Saing Global. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 515-526. https://doi.org/10.5281/zenodo.7332380
Riyadi, M. R., Fernandes, R., & Adriyani, A. (2022). Strategi Sekolah Dalam Mempertahankan Kualitas Lulusan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 209-219. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.42
Sriwahyuni, E., Kristiawan, M., & Wachidi, W. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 21-33. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Wiratama, B. P., Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Terima Di Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNMPTN, SNMPN dan PTKIN. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 441-456. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.10619
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evanty Aulia Rosida, Ima Widiyanah, Amrozi Khamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.