Pengaruah Self-Confidence terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

Authors

  • Nia Jusniani Universitas Terbuka
  • Ardi Dwi Susandi Universitas Terbuka
  • Muhammad Tusaldi Junian Satrio Universitas Suryakancana
  • Dendi Setiadi Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5884

Keywords:

Self Confidence, Komunikasi Matematis, Kuantitatif, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika serta rendahnya perhatian terhadap faktor-faktor afektif, seperti self-confidence, yang mungkin turut memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, yang diduga berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan ide-ide matematika secara lisan maupun tulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hubungan antara variabel dilakukan melalui regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 86 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Suryakancana. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-confidence, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket self-confidence dengan 25 butir pernyataan dan tes kemampuan komunikasi matematis berupa 3 soal uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa self-confidence berperan dalam membentuk kemampuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan ide matematis secara lebih efektif. Oleh karena itu, penguatan rasa percaya diri mahasiswa dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas komunikasi matematis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya aspek afektif dalam pendidikan matematika dan mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga memperhatikan pengembangan karakter dan keyakinan diri mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., Yuliani, A., Siliwangi, I., Jendral, J. T., & Cimahi, S. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp. Journal On Education P, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Jurnal Matematika Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Anggiana, A. D., Suciawati, V., & Rahman, T. (2023). Systematic Literature Review: Analisis Penerapan Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Confidence Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 303-312. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.11884

Aulia, R., Rohati, R., & Marlina, M. (2021). The students' self-confidence and their mathematical communication skills in solving problems. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 90-103. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i2.770

Fardani, Z., & Surya, E. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal: Paradikma, 14(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809

Febriana, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas Xi Pada Materi Program Linear. Simki-Techsain, 2(9), 1–7. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/14.1.01.05.0120

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa Smp Yang. In Jurnal Euclid. 2(2). https://doi.org/10.33603/e.v2i2.368

Jusniani, N., & Suryakancanai, U. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis padamata kuliah kapita selekta matematika smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. JI-MR, 3(2), pp. 71–80. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2294

Jusniani, N., Dwina, A. Z., Lestari, A., Apriliani, S., & Salsiah, U. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Numerasi Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Triple S (Journals of Mathematics Education), 3(1), 16-29. https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs di Kota Cimahi Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63-68. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2543

Paridjo, P., & Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra-Based NCTM. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066

Rahayu, R., Bintoro, H. S., & Murti, A. C. (2022). the Effect of Self-Confidence on the Mathematical Thinking Ability of Junior High School Students. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3826-3833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5892

Revinda, D., & Darmawan, A. (2025). The Effectiveness of Ura Mawashi Geri and Mae Geri Kicks in Earning Points at Brawijaya University Karate Championship 2024. Indonesian Journal of Sport Management, 5(1), 113-124. https://doi.org/10.31949/ijsm.v5i1.12866

Sarlina, S. F., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2711–2722. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.941.

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221-233. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596

Setiawan, E., Jusniani, N., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prisma, 11(1), 140-153. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2087

Sholiha, S., & Aulia, L. A. A. (2020). Hubungan self concept dan self confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41-55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19-28. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491

Wijayanti, S. N., & Rochmad, R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Berdasarkan Self-Confidence Pada PBL Berbantuan Modul STEM. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 156-166. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7807

Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54–64. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519-530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.959

Published

2025-06-01

How to Cite

Jusniani, N., Susandi, A. D., Satrio, M. T. J., & Setiadi, D. (2025). Pengaruah Self-Confidence terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 632–642. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5884

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.