Pengaruah Self-Confidence terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5884Keywords:
Self Confidence, Komunikasi Matematis, Kuantitatif, MahasiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika serta rendahnya perhatian terhadap faktor-faktor afektif, seperti self-confidence, yang mungkin turut memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, yang diduga berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan ide-ide matematika secara lisan maupun tulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hubungan antara variabel dilakukan melalui regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 86 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Suryakancana. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-confidence, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket self-confidence dengan 25 butir pernyataan dan tes kemampuan komunikasi matematis berupa 3 soal uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa self-confidence berperan dalam membentuk kemampuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan ide matematis secara lebih efektif. Oleh karena itu, penguatan rasa percaya diri mahasiswa dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas komunikasi matematis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya aspek afektif dalam pendidikan matematika dan mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga memperhatikan pengembangan karakter dan keyakinan diri mahasiswa.
Downloads
References
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., Yuliani, A., Siliwangi, I., Jendral, J. T., & Cimahi, S. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp. Journal On Education P, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Jurnal Matematika Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Anggiana, A. D., Suciawati, V., & Rahman, T. (2023). Systematic Literature Review: Analisis Penerapan Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Confidence Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 303-312. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.11884
Aulia, R., Rohati, R., & Marlina, M. (2021). The students' self-confidence and their mathematical communication skills in solving problems. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 90-103. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i2.770
Fardani, Z., & Surya, E. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal: Paradikma, 14(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809
Febriana, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas Xi Pada Materi Program Linear. Simki-Techsain, 2(9), 1–7. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/14.1.01.05.0120
Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa Smp Yang. In Jurnal Euclid. 2(2). https://doi.org/10.33603/e.v2i2.368
Jusniani, N., & Suryakancanai, U. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis padamata kuliah kapita selekta matematika smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. JI-MR, 3(2), pp. 71–80. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2294
Jusniani, N., Dwina, A. Z., Lestari, A., Apriliani, S., & Salsiah, U. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Numerasi Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Triple S (Journals of Mathematics Education), 3(1), 16-29. https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs di Kota Cimahi Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63-68. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2543
Paridjo, P., & Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra-Based NCTM. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066
Rahayu, R., Bintoro, H. S., & Murti, A. C. (2022). the Effect of Self-Confidence on the Mathematical Thinking Ability of Junior High School Students. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3826-3833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5892
Revinda, D., & Darmawan, A. (2025). The Effectiveness of Ura Mawashi Geri and Mae Geri Kicks in Earning Points at Brawijaya University Karate Championship 2024. Indonesian Journal of Sport Management, 5(1), 113-124. https://doi.org/10.31949/ijsm.v5i1.12866
Sarlina, S. F., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2711–2722. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.941.
Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221-233. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596
Setiawan, E., Jusniani, N., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prisma, 11(1), 140-153. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2087
Sholiha, S., & Aulia, L. A. A. (2020). Hubungan self concept dan self confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41-55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954
Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19-28. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491
Wijayanti, S. N., & Rochmad, R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Berdasarkan Self-Confidence Pada PBL Berbantuan Modul STEM. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 156-166. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7807
Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54–64. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263
Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519-530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.959
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nia Jusniani, Ardi Dwi Susandi, Muhammad Tusaldi Junian Satrio, Dendi Setiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.