Pengelolaan Sumber Pembiayaan Pendidikan Terhadap Raport Mutu di Sekolah Vokasi

Authors

  • Herlina Tri Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Heri Susanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Suyatmini Suyatmini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harsono Harsono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5924

Keywords:

Pengelolaan, Pembiayaan Pendidikan, Raport Mutu, Sekolah Vokasi

Abstract

Pengelolaan sumber pembiayaan pendidikan merupakan faktor krusial yang mempengaruhi kualitas pendidikan, terutama di sekolah vokasi yang berperan dalam menyiapkan tenaga kerja siap pakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan sumber pembiayaan pendidikan, khususnya Dana BOS, BOP, dan DAK, berdampak pada peningkatan mutu dan laporan mutu di sekolah vokasi. Dengan latar belakang pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penggunaan dana, penelitian ini berupaya memberikan gambaran komprehensif mengenai praktik pengelolaan keuangan yang berkontribusi pada kualitas pendidikan vokasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen di beberapa sekolah vokasi di Jawa Tengah. Partisipan penelitian meliputi kepala sekolah, guru, serta pengelola dana pendidikan yang memiliki peran strategis dalam pengelolaan anggaran dan sumber daya sekolah. Pendekatan ini memungkinkan pemahaman yang mendalam mengenai proses, kendala, dan peluang dalam pengelolaan dana pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sumber pembiayaan yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran secara signifikan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah vokasi. Penggunaan dana yang fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, pelatihan tenaga pendidik, dan pengembangan fasilitas mendukung tercapainya standar pendidikan yang lebih baik. Selain itu, keterlibatan aktif masyarakat dan dunia industri menjadi faktor penting untuk menyesuaikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan pasar kerja. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan keselarasan antara kebutuhan pendidikan dan sumber daya masih perlu diatasi. Oleh karena itu, inovasi dalam diversifikasi sumber pembiayaan serta sinergi yang lebih erat antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat sangat diperlukan guna mewujudkan pendidikan vokasi yang berkualitas dan relevan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengelola pendidikan dalam mengoptimalkan pengelolaan dana demi peningkatan laporan mutu sekolah vokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, R. U., Isdasari, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Penerapan Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Bandar Lampung). Unisan Jurnal, 01(04), 212–222.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Batubara, T. B. (2023). Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada SMP Negeri 3 Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 12(2), 138. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i2.65329

Desimarnis, D. (2021). Analisis Pembiayaan Pendidikan di Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2559–2572. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.681

Ekowati, T. E., Sunandar, S., & Murniati, N. A. N. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmahkecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1), 1–21. https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6836

Harahap, A. H. H., & Santosa, S. (2024). Smart Tactics To Improve The Education Quality Through The Management of Education Funds at SD Muhammadiyah Karangharjo. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.18592/moe.v10i2.13672

Hidayat, S., Pratomo, D., Piandani, D. W., & Fitriadi, A. (2025). Manajemen Keuangan dalam Peningkatan Mutu Sekolah berbasis Rapor Pendidikan. 4(2), 239–248. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4334

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620

Lopulalan, J. E. (2020). Analisis Pengawasan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sd Ypk Ebenhaezer Limalas Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Jendela Ilmu, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.34124/ji.v1i1.51

Maharani, N. A., Hidayah, F., Darmawan, D., & Trihantoyo, S. (2024). Analisis sumber dan jenis pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 25-39. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3004

Muhajir, N. M. N., Bachtia, M. r, & Fauzi, A. (2023). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i2.88

Musah, A., Aawaar, G., & Musah, G. (2024). Effect of public education financing on educational quality in sub-Saharan africa: an autoregressive distributed lag approach. Cogent Education, 11(1), 2295166. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2295166

Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503

Nugroho, W. (2022). Integrasi pendidikan karakter pada pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 73-84. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.936

Pohan, M., Paini, P., & Lisnani, L. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2461

Primarni, A., Tholkhah, I., & Nurhayati, N. (2023). Implementasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Reguler pada Peningkatan Sarana Prasarana dan Kualitas Pembelajaran di SD Yapis Kota Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 928-939. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.5066

Sohn, H., Park, H., & Jung, H. (2023). the Effect of Extra School Funding on Students’ Academic Achievements Under a Centralized School Financing System. Education Finance and Policy, 18(1), 1–24. https://doi.org/10.1162/edfp_a_00375

Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600

Susanti, P. I., & Muslihin, H. Y. (2024). Strategi kepala sekolah mengelola dana pendidikan menjadi kunci utama peningkatan mutu sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 51-63. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i1.69277

Sutama, S., Wulandari, N. A., Ishartono, N., Narimo, S., & Sutopo, A. (2020). Visual Thinking Strategies Based Picture Book Media for Thematic Learning in Elementary Schools. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1249. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3165

Teori, P., Sosial, P., Psikososial, P., & Optimalisasi, U. (2024). Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3(3), 462–481. https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i1.144

Zakariyah. (2024). Improving Madrasah Competitiveness Through Excellent Islamic Education Development Strategies. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 140–155. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.454

Published

2025-06-15

How to Cite

Wulandari, H. T., Susanto, H., Suyatmini, S., & Harsono, H. (2025). Pengelolaan Sumber Pembiayaan Pendidikan Terhadap Raport Mutu di Sekolah Vokasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 723–733. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5924

Issue

Section

Regular Articles