Pengelolaan Sumber Pembiayaan Pendidikan Terhadap Raport Mutu di Sekolah Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5924Keywords:
Pengelolaan, Pembiayaan Pendidikan, Raport Mutu, Sekolah VokasiAbstract
Pengelolaan sumber pembiayaan pendidikan merupakan faktor krusial yang mempengaruhi kualitas pendidikan, terutama di sekolah vokasi yang berperan dalam menyiapkan tenaga kerja siap pakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan sumber pembiayaan pendidikan, khususnya Dana BOS, BOP, dan DAK, berdampak pada peningkatan mutu dan laporan mutu di sekolah vokasi. Dengan latar belakang pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penggunaan dana, penelitian ini berupaya memberikan gambaran komprehensif mengenai praktik pengelolaan keuangan yang berkontribusi pada kualitas pendidikan vokasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen di beberapa sekolah vokasi di Jawa Tengah. Partisipan penelitian meliputi kepala sekolah, guru, serta pengelola dana pendidikan yang memiliki peran strategis dalam pengelolaan anggaran dan sumber daya sekolah. Pendekatan ini memungkinkan pemahaman yang mendalam mengenai proses, kendala, dan peluang dalam pengelolaan dana pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sumber pembiayaan yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran secara signifikan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah vokasi. Penggunaan dana yang fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, pelatihan tenaga pendidik, dan pengembangan fasilitas mendukung tercapainya standar pendidikan yang lebih baik. Selain itu, keterlibatan aktif masyarakat dan dunia industri menjadi faktor penting untuk menyesuaikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan pasar kerja. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan keselarasan antara kebutuhan pendidikan dan sumber daya masih perlu diatasi. Oleh karena itu, inovasi dalam diversifikasi sumber pembiayaan serta sinergi yang lebih erat antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat sangat diperlukan guna mewujudkan pendidikan vokasi yang berkualitas dan relevan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengelola pendidikan dalam mengoptimalkan pengelolaan dana demi peningkatan laporan mutu sekolah vokasi.
Downloads
References
Aryani, R. U., Isdasari, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Penerapan Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Bandar Lampung). Unisan Jurnal, 01(04), 212–222.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Batubara, T. B. (2023). Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada SMP Negeri 3 Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 12(2), 138. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i2.65329
Desimarnis, D. (2021). Analisis Pembiayaan Pendidikan di Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2559–2572. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.681
Ekowati, T. E., Sunandar, S., & Murniati, N. A. N. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmahkecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1), 1–21. https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6836
Harahap, A. H. H., & Santosa, S. (2024). Smart Tactics To Improve The Education Quality Through The Management of Education Funds at SD Muhammadiyah Karangharjo. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.18592/moe.v10i2.13672
Hidayat, S., Pratomo, D., Piandani, D. W., & Fitriadi, A. (2025). Manajemen Keuangan dalam Peningkatan Mutu Sekolah berbasis Rapor Pendidikan. 4(2), 239–248. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4334
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620
Lopulalan, J. E. (2020). Analisis Pengawasan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sd Ypk Ebenhaezer Limalas Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Jendela Ilmu, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.34124/ji.v1i1.51
Maharani, N. A., Hidayah, F., Darmawan, D., & Trihantoyo, S. (2024). Analisis sumber dan jenis pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 25-39. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3004
Muhajir, N. M. N., Bachtia, M. r, & Fauzi, A. (2023). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i2.88
Musah, A., Aawaar, G., & Musah, G. (2024). Effect of public education financing on educational quality in sub-Saharan africa: an autoregressive distributed lag approach. Cogent Education, 11(1), 2295166. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2295166
Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503
Nugroho, W. (2022). Integrasi pendidikan karakter pada pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 73-84. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.936
Pohan, M., Paini, P., & Lisnani, L. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2461
Primarni, A., Tholkhah, I., & Nurhayati, N. (2023). Implementasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Reguler pada Peningkatan Sarana Prasarana dan Kualitas Pembelajaran di SD Yapis Kota Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 928-939. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.5066
Sohn, H., Park, H., & Jung, H. (2023). the Effect of Extra School Funding on Students’ Academic Achievements Under a Centralized School Financing System. Education Finance and Policy, 18(1), 1–24. https://doi.org/10.1162/edfp_a_00375
Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600
Susanti, P. I., & Muslihin, H. Y. (2024). Strategi kepala sekolah mengelola dana pendidikan menjadi kunci utama peningkatan mutu sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 51-63. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i1.69277
Sutama, S., Wulandari, N. A., Ishartono, N., Narimo, S., & Sutopo, A. (2020). Visual Thinking Strategies Based Picture Book Media for Thematic Learning in Elementary Schools. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1249. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3165
Teori, P., Sosial, P., Psikososial, P., & Optimalisasi, U. (2024). Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3(3), 462–481. https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i1.144
Zakariyah. (2024). Improving Madrasah Competitiveness Through Excellent Islamic Education Development Strategies. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 140–155. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlina Tri Wulandari, Heri Susanto, Suyatmini Suyatmini, Harsono Harsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.