Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kemlagi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6537Keywords:
Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar, Kepercayaan Diri, Siswa SMKAbstract
Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kemlagi. Keberhasilan belajar terpengaruh faktor internal seperti kemandirian belajar dan kepercayaan diri, serta faktor eksternal yaitu lingkungan teman sebaya. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya memengaruhi hasil belajar. Selain itu, penelitian ini juga menguji apakah kepercayaan diri berperan sebagai variabel moderasi, yaitu memperkuat atau memperlemah pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif ex post facto dengan sampel 105 siswa yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Temuan ini memperlihatkan bahwasannya Kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (t hitung 3,236 > 1,984, signifikansi 0,002 < 0,05). Ini berarti semakin mandiri siswa ketika belajar, kian baik hasil belajar mereka. Lingkungan teman sebaya mempunyai pengaruh negatif dan signifikan atas hasil belajar (t hitung -2,012 < 1,984, signifikansi 0,047 < 0,05). Ini memperlihatkan bahwasannya lingkungan teman sebaya yang kurang mendukung dapat berdampak buruk pada hasil belajar. Kepercayaan diri tidak dapat memoderasi pengaruh kemandirian belajar (t hitung -0,019, < 1,984 signifikansi 0,985 > 0,05) maupun lingkungan teman sebaya (t hitung 0,682 < 1,984 , signifikansi 0,497 > 0,05) terhadap hasil belajar. Artinya, kepercayaan diri tidak memperkuat atau memperlemah hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya dengan hasil belajar. Kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersamaan hanya mampu menjelaskan 8,6% variasi hasil belajar (adjusted R square 0,086), sedangkan 91,4% sisanya terpengaruh berbagai faktor lain di luar penelitian ini. Implikasi atas temuan ini ialah guna mendorong peningkatan hasil belajar siswa, guru perlu fokus pada pembinaan dan pengelolaan lingkungan sosial di kelas, serta mengembangkan pendekatan pembelajaran yang mendorong kemandirian siswa, didukung oleh peran serta sekolah.
Downloads
References
Alfiando, I. P., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar, Minat, Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 123-130. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p123-130
Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Penguatan Positif, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di SMAN 1 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232-249.
Anggraini, K. D., & SOESATYO, Y. (2019). Hubungan Efikasi Diri, Gaya Belajar, Lingkungan Sebaya Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 61-66. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p61-66
Arisanti, D. A., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Biaya Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 378–382. https://doi.org/10.26740/jpak.v7n3.378-382
Bintank, B., & Maunah, B. (2022). Pendidikan Dalam Berbagai Pendekatan Dan Teori Pendidikan. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 40-53 https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i1.717
Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 122-131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41
Edriani, D., Harmelia, H., & Gumanti, D. (2021). Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Painan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4506–4517. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1479
Hasanah, S. N., & Rochmawati, R. (2024). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa XII Akuntansi SMK dengan Anxiety sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2298–2311. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6614
Imama, H. N., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi dengan Self-Efficacy sebagai Moderasi. Akuntabel, 18(3), 435–443. https://doi.org/10.32439/akuntabel.v18i3.15555
Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2507
Kartika, S. P. (2024). Pengaruh teman sebaya terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities (IJBITH), 1(1), 434–448.
Khoiriyah, D., & Thohir, M. (2023). Aspek sosial kognitif siswa dalam mengadaptasikan teknologi di era society 5.0. ALMAARIEF, 85-97. https://doi.org/10.35905/almaarief.v5i2.5890
Kumalasari, R., & Kasidi, K. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2), 69. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1923
Kustyarini, K. (2020). Self-Efficacy and Emotional Quotient in Mediating Active Learning Effect on Students' Learning Outcome. International Journal of Instruction, 13(2), 663-676. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13245a
Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Murnaka, N. P., Kiat, S., Rahman, B., Wahyu, E., Indira, M., Siminto, S., Province, B., Soegijapranata, U. K., Province, C. J., & Kalimantan, C. (2023). The Effect Of Self-Confidence And Independence Of Learning On Students Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 389–404. https://doi.org/http://doi.org/10.31943/mathline.v8i2.392
Pohan, R. A., Lubis, S. A., & Hasibuan, A. D. (2023). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kepercayaan Diri Siswa-Siswi Di Mts. Al-Washliyah 16 Perbaungan. LOKAKARYA, 2(1), 28-40. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2753
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa sma negeri œx. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Rahman, R. F., Sumiati, A., & Fauzi, A. (2023). the Effect of Self-Confidence, Learning Motivation, and Peer Environment on Students Learning Outcomes in Practicum Learning Current Accounting Company Services, Trade, and Manufacturing Class Xi Accounting At Vocational High School in Central Jakarta. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53067/ijomral.v2i1.66
Rahmawati, A. A., & Asmawan, M. C. (2024). Hasil Belajar Praktik Akuntansi Manufaktur Ditinjau Dari Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Efektivitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2131-2142. https://doi.org/10.51700/didaktika.v13i2.285
Safitri, S. A., & Listiadi, A. (2020). Kepercayaan Diri Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jpeka: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 85-96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p85-96
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yantantri, M., & Abubakar, A. H. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Pembelajaran Luring. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 312-322. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2559
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Reza Amaliyah, Luqman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.