Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kemlagi

Authors

  • Rita Reza Amaliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6537

Keywords:

Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar, Kepercayaan Diri, Siswa SMK

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kemlagi. Keberhasilan belajar terpengaruh faktor internal seperti kemandirian belajar dan kepercayaan diri, serta faktor eksternal yaitu lingkungan teman sebaya. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya memengaruhi hasil belajar. Selain itu, penelitian ini juga menguji apakah kepercayaan diri berperan sebagai variabel moderasi, yaitu memperkuat atau memperlemah pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif ex post facto dengan sampel 105 siswa yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Temuan ini memperlihatkan bahwasannya Kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (t hitung 3,236 > 1,984, signifikansi 0,002 < 0,05). Ini berarti semakin mandiri siswa ketika belajar, kian baik hasil belajar mereka. Lingkungan teman sebaya mempunyai pengaruh negatif dan signifikan atas hasil belajar (t hitung -2,012 < 1,984, signifikansi 0,047 < 0,05). Ini memperlihatkan bahwasannya lingkungan teman sebaya yang kurang mendukung dapat berdampak buruk pada hasil belajar. Kepercayaan diri tidak dapat memoderasi pengaruh kemandirian belajar (t hitung -0,019, < 1,984 signifikansi 0,985 > 0,05) maupun lingkungan teman sebaya (t hitung 0,682 < 1,984  , signifikansi 0,497 > 0,05) terhadap hasil belajar. Artinya, kepercayaan diri tidak memperkuat atau memperlemah hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya dengan hasil belajar. Kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersamaan hanya mampu menjelaskan 8,6% variasi hasil belajar (adjusted R square 0,086), sedangkan 91,4% sisanya terpengaruh berbagai faktor lain di luar penelitian ini. Implikasi atas temuan ini ialah guna mendorong peningkatan hasil belajar siswa, guru perlu fokus pada pembinaan dan pengelolaan lingkungan sosial di kelas, serta mengembangkan pendekatan pembelajaran yang mendorong kemandirian siswa, didukung oleh peran serta sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiando, I. P., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar, Minat, Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 123-130. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p123-130

Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Penguatan Positif, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di SMAN 1 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232-249.

Anggraini, K. D., & SOESATYO, Y. (2019). Hubungan Efikasi Diri, Gaya Belajar, Lingkungan Sebaya Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 61-66. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p61-66

Arisanti, D. A., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Biaya Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 378–382. https://doi.org/10.26740/jpak.v7n3.378-382

Bintank, B., & Maunah, B. (2022). Pendidikan Dalam Berbagai Pendekatan Dan Teori Pendidikan. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 40-53 https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i1.717

Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 122-131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41

Edriani, D., Harmelia, H., & Gumanti, D. (2021). Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Painan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4506–4517. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1479

Hasanah, S. N., & Rochmawati, R. (2024). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa XII Akuntansi SMK dengan Anxiety sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2298–2311. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6614

Imama, H. N., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi dengan Self-Efficacy sebagai Moderasi. Akuntabel, 18(3), 435–443. https://doi.org/10.32439/akuntabel.v18i3.15555

Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2507

Kartika, S. P. (2024). Pengaruh teman sebaya terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities (IJBITH), 1(1), 434–448.

Khoiriyah, D., & Thohir, M. (2023). Aspek sosial kognitif siswa dalam mengadaptasikan teknologi di era society 5.0. ALMAARIEF, 85-97. https://doi.org/10.35905/almaarief.v5i2.5890

Kumalasari, R., & Kasidi, K. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2), 69. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1923

Kustyarini, K. (2020). Self-Efficacy and Emotional Quotient in Mediating Active Learning Effect on Students' Learning Outcome. International Journal of Instruction, 13(2), 663-676. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13245a

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Murnaka, N. P., Kiat, S., Rahman, B., Wahyu, E., Indira, M., Siminto, S., Province, B., Soegijapranata, U. K., Province, C. J., & Kalimantan, C. (2023). The Effect Of Self-Confidence And Independence Of Learning On Students Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 389–404. https://doi.org/http://doi.org/10.31943/mathline.v8i2.392

Pohan, R. A., Lubis, S. A., & Hasibuan, A. D. (2023). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kepercayaan Diri Siswa-Siswi Di Mts. Al-Washliyah 16 Perbaungan. LOKAKARYA, 2(1), 28-40. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2753

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa sma negeri œx. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Rahman, R. F., Sumiati, A., & Fauzi, A. (2023). the Effect of Self-Confidence, Learning Motivation, and Peer Environment on Students Learning Outcomes in Practicum Learning Current Accounting Company Services, Trade, and Manufacturing Class Xi Accounting At Vocational High School in Central Jakarta. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53067/ijomral.v2i1.66

Rahmawati, A. A., & Asmawan, M. C. (2024). Hasil Belajar Praktik Akuntansi Manufaktur Ditinjau Dari Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Efektivitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2131-2142. https://doi.org/10.51700/didaktika.v13i2.285

Safitri, S. A., & Listiadi, A. (2020). Kepercayaan Diri Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jpeka: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 85-96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p85-96

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yantantri, M., & Abubakar, A. H. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Pembelajaran Luring. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 312-322. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2559

Published

2025-09-01

How to Cite

Amaliyah, R. R., & Hakim, L. (2025). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kemlagi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1201–1215. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6537

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.