Implementasi Kebijakan Perilaku Bullying di Sekolah: Studi Komparasi Penerapan P5 di SMPN 2 Srumbung dan SMPN 2 Sawangan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6868Keywords:
Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Perilaku Bullying, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negeri 2 Srumbung dan SMP Negeri 2 Sawangan, terkait tingginya kasus perundungan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Magelang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan guru dan siswa aktif P5 melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk meningkatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying dominan adalah verbal, berupa ejekan fisik, pemanggilan nama orang tua tanpa sapaan hormat, dan komentar merendahkan yang sering disamarkan sebagai candaan. Strategi pencegahan bullying yang diterapkan mencakup role play, diskusi kasus, pembuatan poster, kampanye digital, dan deklarasi anti-bullying. SMP N 2 Srumbung lebih menonjolkan pendekatan partisipatif interpersonal dengan guru sebagai change agent, sementara SMP N 2 Sawangan mengoptimalkan media kreatif dan prosedur formal berbasis komunikasi eksplisit. Hambatan yang ditemukan mencakup perbedaan persepsi guru, keterbatasan sumber daya, bahasa yang berpotensi menyinggung dari guru, dan sikap defensif orang tua. Berdasarkan Teori Diffusi of innovation dan High/Low-Context Communication, tahap knowledge belum optimal, sehingga diperlukan standardisasi pesan yang eksplisit untuk menghindari salah tafsir. Secara keseluruhan, P5 berkontribusi signifikan dalam menekan bullying, meskipun efektivitasnya dipengaruhi oleh strategi komunikasi dan dukungan dari pemangku kepentingan.
Downloads
References
Adhitama, S. (2016). Analisis budaya komunikasi pada organisasi pemerintah. Info Artha, 3, 78–89. https://doi.org/10.31092/jia.v3i0.42
Anjani, V. A. (2025). Dinamika hukum di Indonesia: Paradoks ruang maya dalam interaksi sosial di era digital. Staatsrecht: Jurnal Hukum Kenegaraan dan Politik Islam, 4(1), 1–28. https://doi.org/10.14421/cyg94d68
Arden, L., Vadeno, J., & Suriani, A. (2024). Central publisher penguatan budaya sekolah untuk pencegahan perundungan di sekolah dasar. Central Publisher.
Azman, N. A. N., Wan Hanafi, W. N., & Mohd Salleh, S. (2024). Transforming education: A diffusion theory approach to online learning among indigenous undergraduate students in Malaysia. International Journal of Academic Research in Progressive.
Cahyane, A. I., & Saputra, M. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya preventif dalam mencegah perundungan di SMK Graha Madina. Jurnal Eduscience, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6804
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.
Dianita, R., & Amin, A. (2023). Proses keputusan inovasi program bahan ajar buku saku takhasus di SD Islam Plus Karakter.
Erdhiyanto, T., & Ar, Z. T. (2024). Peran restorative justice dalam pendidikan agama Islam untuk meminimalisir perilaku bullying di sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 9(2), 1–23. https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i2.464
Etikan, I. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Goyibova, N., Muslimov, N., Sabirova, G., Kadirova, N., & Samatova, B. (2025). Differentiation approach in education: Tailoring instruction for diverse learner needs. MethodsX, 14, 103163. https://doi.org/10.1016/j.mex.2025.103163
Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi landasan pendidikan dalam mengoptimalkan peran guru dan manajemen sekolah dalam mencegah perilaku bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130
Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena penerapan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.16924
Mahlianurrahman, M., Putra, A., & Rafli, M. F. (2023). Pelatihan pengembangan media pembelajaran video berbasis kurikulum merdeka bagi guru sebagai upaya pencegahan kekerasan di sekolah. Jurnal Anugerah, 5(2), 257–265. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6132
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Noptario, N., Irawan, M. F., & Zakaria, A. R. (2024). Strengthening student resilience: Student-centered learning model in Merdeka curriculum in elementary Islamic school. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 16(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v16i1.575
Nurhakim, H. Q., Sanusi, I., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Implementasi profil pelajar Pancasila guna pencegahan tindak perundungan siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 166–178. https://doi.org/10.32332/tapis.v8i2.9438
Permatasari, A., & Ar, Z. T. (2023). Kontribusi sekolah ramah anak terhadap pencegahan bullying. An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.64469/an-nafah.v3i2.44
Putri, C. M., Anisah, A., & Nazib, F. (2024). Perundungan dunia maya (cyberbullying) dan cara mengatasi perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 201–220. https://doi.org/10.52434/jpai.v3i1.3746
Ramadhani, A. N., Setiawati, H., Sugesti, A. I., Fauzy, R., & Widiyanarti, T. (2025). Konteks budaya dan pemahaman dalam komunikasi internasional. CONVERSE: Journal Communication Science, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3360
Saleh, S. H., Tindangen, M., Ihsan, A. N., Basriannor, A., Fitriani, A., Nugroho, D., Nuriawati, E., Lestari, E. D., Rosyidah, F. A., Mayung, R. A., Ariana, R. D., & Tandiayu, W. N. (2024). Sosialisasi anti bullying sebagai upaya peningkatan pemahaman dan perilaku baik peserta didik di SMA Negeri 1 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3541
Wijaya, H., Filsafat, S. T., & Jaffray, T. (2018). Model proses inovasi Rogers dalam organisasi.
Kemdikbudristek. (2022). Panduan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Ilham Putra, Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.