Implementasi Kebijakan Perilaku Bullying di Sekolah: Studi Komparasi Penerapan P5 di SMPN 2 Srumbung dan SMPN 2 Sawangan

Authors

  • Dwi Ilham Putra Universitas Ahmad Dahlan
  • Lukman Hakim Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6868

Keywords:

Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Perilaku Bullying, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negeri 2 Srumbung dan SMP Negeri 2 Sawangan, terkait tingginya kasus perundungan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Magelang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan guru dan siswa aktif P5 melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk meningkatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying dominan adalah verbal, berupa ejekan fisik, pemanggilan nama orang tua tanpa sapaan hormat, dan komentar merendahkan yang sering disamarkan sebagai candaan. Strategi pencegahan bullying yang diterapkan mencakup role play, diskusi kasus, pembuatan poster, kampanye digital, dan deklarasi anti-bullying. SMP N 2 Srumbung lebih menonjolkan pendekatan partisipatif interpersonal dengan guru sebagai change agent, sementara SMP N 2 Sawangan mengoptimalkan media kreatif dan prosedur formal berbasis komunikasi eksplisit. Hambatan yang ditemukan mencakup perbedaan persepsi guru, keterbatasan sumber daya, bahasa yang berpotensi menyinggung dari guru, dan sikap defensif orang tua. Berdasarkan Teori Diffusi of innovation dan High/Low-Context Communication, tahap knowledge belum optimal, sehingga diperlukan standardisasi pesan yang eksplisit untuk menghindari salah tafsir. Secara keseluruhan, P5 berkontribusi signifikan dalam menekan bullying, meskipun efektivitasnya dipengaruhi oleh strategi komunikasi dan dukungan dari pemangku kepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitama, S. (2016). Analisis budaya komunikasi pada organisasi pemerintah. Info Artha, 3, 78–89. https://doi.org/10.31092/jia.v3i0.42

Anjani, V. A. (2025). Dinamika hukum di Indonesia: Paradoks ruang maya dalam interaksi sosial di era digital. Staatsrecht: Jurnal Hukum Kenegaraan dan Politik Islam, 4(1), 1–28. https://doi.org/10.14421/cyg94d68

Arden, L., Vadeno, J., & Suriani, A. (2024). Central publisher penguatan budaya sekolah untuk pencegahan perundungan di sekolah dasar. Central Publisher.

Azman, N. A. N., Wan Hanafi, W. N., & Mohd Salleh, S. (2024). Transforming education: A diffusion theory approach to online learning among indigenous undergraduate students in Malaysia. International Journal of Academic Research in Progressive.

Cahyane, A. I., & Saputra, M. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya preventif dalam mencegah perundungan di SMK Graha Madina. Jurnal Eduscience, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.47007/edu.v8i02.6804

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Dianita, R., & Amin, A. (2023). Proses keputusan inovasi program bahan ajar buku saku takhasus di SD Islam Plus Karakter.

Erdhiyanto, T., & Ar, Z. T. (2024). Peran restorative justice dalam pendidikan agama Islam untuk meminimalisir perilaku bullying di sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 9(2), 1–23. https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i2.464

Etikan, I. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Goyibova, N., Muslimov, N., Sabirova, G., Kadirova, N., & Samatova, B. (2025). Differentiation approach in education: Tailoring instruction for diverse learner needs. MethodsX, 14, 103163. https://doi.org/10.1016/j.mex.2025.103163

Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi landasan pendidikan dalam mengoptimalkan peran guru dan manajemen sekolah dalam mencegah perilaku bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130

Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena penerapan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.16924

Mahlianurrahman, M., Putra, A., & Rafli, M. F. (2023). Pelatihan pengembangan media pembelajaran video berbasis kurikulum merdeka bagi guru sebagai upaya pencegahan kekerasan di sekolah. Jurnal Anugerah, 5(2), 257–265. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6132

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Noptario, N., Irawan, M. F., & Zakaria, A. R. (2024). Strengthening student resilience: Student-centered learning model in Merdeka curriculum in elementary Islamic school. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 16(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v16i1.575

Nurhakim, H. Q., Sanusi, I., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Implementasi profil pelajar Pancasila guna pencegahan tindak perundungan siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 166–178. https://doi.org/10.32332/tapis.v8i2.9438

Permatasari, A., & Ar, Z. T. (2023). Kontribusi sekolah ramah anak terhadap pencegahan bullying. An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.64469/an-nafah.v3i2.44

Putri, C. M., Anisah, A., & Nazib, F. (2024). Perundungan dunia maya (cyberbullying) dan cara mengatasi perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 201–220. https://doi.org/10.52434/jpai.v3i1.3746

Ramadhani, A. N., Setiawati, H., Sugesti, A. I., Fauzy, R., & Widiyanarti, T. (2025). Konteks budaya dan pemahaman dalam komunikasi internasional. CONVERSE: Journal Communication Science, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/converse.v1i3.3360

Saleh, S. H., Tindangen, M., Ihsan, A. N., Basriannor, A., Fitriani, A., Nugroho, D., Nuriawati, E., Lestari, E. D., Rosyidah, F. A., Mayung, R. A., Ariana, R. D., & Tandiayu, W. N. (2024). Sosialisasi anti bullying sebagai upaya peningkatan pemahaman dan perilaku baik peserta didik di SMA Negeri 1 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3541

Wijaya, H., Filsafat, S. T., & Jaffray, T. (2018). Model proses inovasi Rogers dalam organisasi.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Published

2025-10-03

How to Cite

Putra, D. I., & Hakim, L. (2025). Implementasi Kebijakan Perilaku Bullying di Sekolah: Studi Komparasi Penerapan P5 di SMPN 2 Srumbung dan SMPN 2 Sawangan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1638–1653. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6868

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.