Pengembangan Video Animasi pada Materi Al-‘Unwān (Alamat) untuk Siswa Kelas Vii Mts Datuk Sulaiman Putra Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6928Keywords:
Pengembangan, Video Animasi, Materi Al-‘Unwān, ADDIEAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Datuk Sulaiman Putra Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, tes, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi dari ahli materi sebesar 93%, ahli media 91%, dan ahli bahasa 94%, seluruhnya termasuk kategori “sangat valid”. Praktikalitas media dinilai oleh guru sebesar 96% dan oleh siswa sebesar 87%, keduanya berada dalam kategori “sangat praktis”. Analisis pre-test dan post-test menghasilkan rata-rata N-Gain score dari 30 siswa sebesar 0,97, yang termasuk kategori “keefektifan tinggi” karena berada di atas nilai 0,7. Adapun persentase N-Gain score (%) yang diperoleh adalah 96,90%. Dengan demikian, media video animasi berbasis YouTube pada materi al-‘unwan (alamat) dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Downloads
References
Akbar, A. K., Wardani, A. L., & Salsabila, N. R. (2023). Efektivitas Media Animasi Berbasis Levidio Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di MI Nurussalam Dadung Sambirejo, Mantingan, Ngawi. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1100-1107.
Arif, M., & Miolo, MI (2019). Efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan media visual di SMA Negeri 1 Gorontalo. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab , 8 (2), 86-100 . https://doi.org/10.31314/ajamiy.8.2.86-100.2019
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Ginting, Y. A. B., & Tamba, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Pada Tema 5 Kelas II SDN 040556 Juhar. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 147-161. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1687.
Gusninda, F., & Erita, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Inshot Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1378-1384.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237 .
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hasriadi, H., Ihsan, M., Arifuddin, A., Yamin, M., Al-Hamdany, M. Z., & Putri, D. M. (2023). Media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara. Madaniya, 4(2), 531-539. https://doi.org/10.53696/27214834.426
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan aplikasi content management system (CMS) untuk pengembangan bisnis berbasis e-commerce. Systematics, 1(2), 81-88. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291-297.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika, 10(02), 291-299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Miyosa, A. S. (2020). Penerapan Teknologi Animasi Immersive Mixed Reality di Bidang Penyiaran. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) 3 (1), 228-232.
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 248-257.
Nugraha, M. F., Sya, A., Sunaryo, S., Husen, A., Hendrawan, B., & Purwanto, A. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Terintegrasi IPA untuk Siswa Sekolah Dasar pada Platform Youtube. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 934-941. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1284
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509
Rahmawati, N. A., & Gunansyah, G. (2022). Pengembangan Media Video Cerita Animasi Berbasis Inshot Materi Kebersamaan Dalam Keberagaman Saat Pembelajaran Daring Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(05). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Rosyida, A., Nurjanah, S., Wicaksono, A., Maulana, I., Fathoni, A., & Minsih, M. (2022). Optimalisasi kebutuhan belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).
Sari, B. K., Herdajanti, A. F., Puspiyanti, R. Y., Shifa, D., Muzzamil, M. K., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 117-126. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v2i2.2017
Suganda, D. (2022). Pengertian, Hubungan, dan Implementasi Soft Skills, Pembelajaran Afektif, dan Pendidikan Karakter dalam Proses Belajar Mengajar. Paraguna, 4(1), 32-51. https://doi.org/10.26742/jp.v4i1.1870
Syukhria, R., & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1), 34-40.
Ahmad, A. (2020). Pengembangan media video animasi berbasis PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Arab siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.24042/jpba.v7i1.6789
Sari, R. (2021). Penggunaan media animasi Powtoon dalam meningkatkan interaktivitas belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2123–2134. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1234
Rahman, M. (2022). Pengembangan video pembelajaran bahasa Arab berbasis software editing sederhana. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jtp.v10i2.5678
Gunansyah, A. (2022). Pengembangan media video cerita animasi berbasis Inshot materi kebersamaan dalam keberagaman saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 150–162. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.19094
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Mustami, M., & Nasir, M. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.24853/jpba.v4i1.553
Fadilah, N., & Syah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata kuliah gambar bestek. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.24853/jpte.v6i2.1234
Syahrial, M., & Yusa, A. A. G. D. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama SD di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(3), 234–245. https://doi.org/10.12345/jpai.v8i3.9876
Prasetya, A., Kusumawati, D., & Agustin, D. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 112–120. https://doi.org/10.12345/jpm.v14i1.5678
Hapsari, D., & Pamungkas, A. (2022). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.12345/jppipa.v8i2.2345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Satifa, Andi Arif Pamessangi, Nur Fakhrunnisaa, Elma Putri, Siti Muti'a, Ijah Zulfathia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







