Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, dan Computer Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet Kelas X SMK Negeri 6 Surabaya

Authors

  • Abdulloh Abdulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Amirul Arif Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6954

Keywords:

Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, Computer Self-Efficacy, Hasil Belajar, Spreadsheet

Abstract

Urgensi penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Spreadsheet di SMK Negeri 6 Surabaya, yang disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital dan computer self-efficacy terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif ex-post facto dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 26. Subyek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital, dan computer self-efficacy secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Kemudian hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa 1) Fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 2) Computer Anxiety tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 3) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 4) Computer Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Z. D., & Mustafa, K. I. (2019). The Underlying Factors of Computer Self-Efficacy and the Relationship with Students' Academic Achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 346-354.

Aisyah, S., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139-147. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147

Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Amiruddin, A., Azis, M., & Afiah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Takalar. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 7(2), 145-156. https://doi.org/10.35914/jad.v7i2.2759

Ardika, M. K., Paramitha, A. A., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2022). Studi Literatur: Hasil Belajar Ditinjau dari Faktor Eksternal Peserta Didik. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 2(2), 23-29. http://dx.doi.org/10.23960/E3J

Cazan, A. M., Cocoradă, E., & Maican, C. I. (2016). Computer anxiety and attitudes towards the computer and the internet with Romanian high-school and university students. Computers in Human Behavior, 55, 258-267. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.001

Chen, H. C., Gijlers, H., Sui, C. J., & Chang, C. Y. (2023). Asian Students’ Cultural Orientation and Computer Self-Efficacy Significantly Related to Online Inquiry-Based Learning Outcomes on the Go-Lab Platform. Journal of Science Education and Technology, 32(5), 743–758. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10058-9

Feladi, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital. Juwara, 1(1), 69-81. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.12

Gilster, P. (1999). Digital_Literacy gilster. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 141.

Handayani, M., Sulistiyantoro, D., & Nusa, G. H. (2022). Pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude Dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Software Akuntansi. Jurnal Ekomaks Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 153-160. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.107

Kemendikbudristek. (2023). Statistik Pendidikan Indonesia.

Khoirunnisa, K. (2020). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kemandirian Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., & Hadi, R. T. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 279–285.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nasution, E. (2014). Problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Mediasi, 8(1).

Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. EduTech Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62872/qbp1fg61

Nur, A. N. I., Ridwan, M. R. T., & Sahade, S. (2025). Hubungan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Dengan Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 990-1001. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9579

Nurcahyanty, L., & Rochmawati, R. (2021). Peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, kemandirian belajar, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Akuntabel, 18(4), 669–682. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9836

Oribhabor, C. B. (2020). Investigating the Influence of Computer Anxiety on the Academic Performance of Junior Secondary School Students in Computer Studies in Nigeria. International Journal of Computing Sciences Research, 4(4), 370–382. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.46

Pala, Ş. M., & Başıbüyük, A. (2021). The Predictive Effect of Digital Literacy, Self-Control and Motivation on the Academic Achievement in the Science, Technology and Society Learning Area. Technology, Knowledge and Learning, 28(1), 369–385. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09538-x

Pratiwi, I. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Fasilitas Laboratorium, Computer anxiety, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Buduran. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 1(2), 52-66.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 2: Do they really think differently?. On the horizon, 9(6), 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424843

Rahmawati, D. P., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer Akuntansi, Keahlian Pemakaian Komputer Dan Keefektifan Proses Pembelajaran Pengantar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).

Ramadhani, A. P., & Bahtiar, M. D. (2024). Peran Cse Dalam Memoderasi Pengaruh Computer Knowledge, Motivasi Belajar, Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(2), 409–420. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3619

Rifai, M., Huda, F. A., & Wuring, M. R. M. T. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di Smkn 1 Sintang. JUTECH: Journal Education and Technology, 5(1), 198-206. https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3377

Rohmah, D. D., & Susilowibowo, J. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Perusahaan Dagang dan Computer Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Computer Knowledge Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1671-1683. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1487

Saputra, D. N., Ariningsih, K. A., Wau, M. P., Noviyani, R., Awe, E. Y., & Firdausiyah, L. (2021). Pengantar Pendidikan. In CV. Pustaka Learning Center (Issue December).

Saputra, I. A., Ramadhani, A., Khairunnisa, M. Z., & Ainiyah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Siswa Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 25-31. https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p25-31

Saufika, F., & Mahmud, A. (2018). Peran Minat Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Computer Self-Efficacydan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 816-831. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28311

Setiawan, D. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SpreadSheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(1), 29-38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532

Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, computer self efficacy, dan kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63-75. http://dx.doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681-687. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537

Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.

Suci, K. A. P., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar, Gaya Belajar, Prokrastinasi Akademik, Dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 142-150. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p46-54

Sunarta. (2015). Peningkatan keterampilan membaca kritis melalui strategi pembelajaran partisipasi. Jurnal Pendidikan Penabur, 6.

Tacadao, J. E., Lumapenet, H. T., & Esrael, J. D. (2024). School Facilities And Pupils’ Learning Outcomes In The Congressional District Ii Of The Province Of Cotabato. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 10(3).

Yulihanita, A., & Bahtiar, M. D. (2023). Pengaruh Computer Anxiety dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Moderasi Fasilitas Laboratorium. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 17(2), 219-229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637

Published

2025-11-03

How to Cite

Abdulloh, A., & Arif, A. (2025). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, dan Computer Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet Kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1789–1804. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6954

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.