Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, dan Computer Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet Kelas X SMK Negeri 6 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6954Keywords:
Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, Computer Self-Efficacy, Hasil Belajar, SpreadsheetAbstract
Urgensi penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Spreadsheet di SMK Negeri 6 Surabaya, yang disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital dan computer self-efficacy terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif ex-post facto dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 26. Subyek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital, dan computer self-efficacy secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Kemudian hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa 1) Fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 2) Computer Anxiety tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 3) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 4) Computer Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya.
Downloads
References
Abdullah, Z. D., & Mustafa, K. I. (2019). The Underlying Factors of Computer Self-Efficacy and the Relationship with Students' Academic Achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 346-354.
Aisyah, S., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139-147. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Amiruddin, A., Azis, M., & Afiah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Takalar. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 7(2), 145-156. https://doi.org/10.35914/jad.v7i2.2759
Ardika, M. K., Paramitha, A. A., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2022). Studi Literatur: Hasil Belajar Ditinjau dari Faktor Eksternal Peserta Didik. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 2(2), 23-29. http://dx.doi.org/10.23960/E3J
Cazan, A. M., Cocoradă, E., & Maican, C. I. (2016). Computer anxiety and attitudes towards the computer and the internet with Romanian high-school and university students. Computers in Human Behavior, 55, 258-267. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.001
Chen, H. C., Gijlers, H., Sui, C. J., & Chang, C. Y. (2023). Asian Students’ Cultural Orientation and Computer Self-Efficacy Significantly Related to Online Inquiry-Based Learning Outcomes on the Go-Lab Platform. Journal of Science Education and Technology, 32(5), 743–758. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10058-9
Feladi, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital. Juwara, 1(1), 69-81. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.12
Gilster, P. (1999). Digital_Literacy gilster. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 141.
Handayani, M., Sulistiyantoro, D., & Nusa, G. H. (2022). Pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude Dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Software Akuntansi. Jurnal Ekomaks Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 153-160. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.107
Kemendikbudristek. (2023). Statistik Pendidikan Indonesia.
Khoirunnisa, K. (2020). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kemandirian Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., & Hadi, R. T. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 279–285.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nasution, E. (2014). Problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Mediasi, 8(1).
Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. EduTech Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62872/qbp1fg61
Nur, A. N. I., Ridwan, M. R. T., & Sahade, S. (2025). Hubungan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Dengan Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 990-1001. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9579
Nurcahyanty, L., & Rochmawati, R. (2021). Peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, kemandirian belajar, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Akuntabel, 18(4), 669–682. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9836
Oribhabor, C. B. (2020). Investigating the Influence of Computer Anxiety on the Academic Performance of Junior Secondary School Students in Computer Studies in Nigeria. International Journal of Computing Sciences Research, 4(4), 370–382. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.46
Pala, Ş. M., & Başıbüyük, A. (2021). The Predictive Effect of Digital Literacy, Self-Control and Motivation on the Academic Achievement in the Science, Technology and Society Learning Area. Technology, Knowledge and Learning, 28(1), 369–385. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09538-x
Pratiwi, I. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Fasilitas Laboratorium, Computer anxiety, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Buduran. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 1(2), 52-66.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 2: Do they really think differently?. On the horizon, 9(6), 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424843
Rahmawati, D. P., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer Akuntansi, Keahlian Pemakaian Komputer Dan Keefektifan Proses Pembelajaran Pengantar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).
Ramadhani, A. P., & Bahtiar, M. D. (2024). Peran Cse Dalam Memoderasi Pengaruh Computer Knowledge, Motivasi Belajar, Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(2), 409–420. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3619
Rifai, M., Huda, F. A., & Wuring, M. R. M. T. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di Smkn 1 Sintang. JUTECH: Journal Education and Technology, 5(1), 198-206. https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3377
Rohmah, D. D., & Susilowibowo, J. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Perusahaan Dagang dan Computer Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Computer Knowledge Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1671-1683. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1487
Saputra, D. N., Ariningsih, K. A., Wau, M. P., Noviyani, R., Awe, E. Y., & Firdausiyah, L. (2021). Pengantar Pendidikan. In CV. Pustaka Learning Center (Issue December).
Saputra, I. A., Ramadhani, A., Khairunnisa, M. Z., & Ainiyah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Siswa Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 25-31. https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p25-31
Saufika, F., & Mahmud, A. (2018). Peran Minat Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Computer Self-Efficacydan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 816-831. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28311
Setiawan, D. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SpreadSheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(1), 29-38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532
Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, computer self efficacy, dan kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63-75. http://dx.doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281
Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681-687. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.
Suci, K. A. P., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar, Gaya Belajar, Prokrastinasi Akademik, Dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 142-150. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p46-54
Sunarta. (2015). Peningkatan keterampilan membaca kritis melalui strategi pembelajaran partisipasi. Jurnal Pendidikan Penabur, 6.
Tacadao, J. E., Lumapenet, H. T., & Esrael, J. D. (2024). School Facilities And Pupils’ Learning Outcomes In The Congressional District Ii Of The Province Of Cotabato. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 10(3).
Yulihanita, A., & Bahtiar, M. D. (2023). Pengaruh Computer Anxiety dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Moderasi Fasilitas Laboratorium. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 17(2), 219-229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdulloh Abdulloh, Amirul Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







