Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Shopee terhadap Motivasi Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa

Authors

  • Mohammad Naf'an Arif Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafidaa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7028

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Aplikasi Shopee, Motivasi Belajar

Abstract

Kebutuhan akan penguatan kompetensi abad ke-21 menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran kewirausahaan yang mampu melatih keterlibatan aktif, tanggung jawab kelompok, serta kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu strategi yang relevan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang dikolaborasikan dengan teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa kelas XI Program Keahlian Bisnis Digital di SMKS Ketintang Surabaya yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar dan minat berwirausaha. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian (H1) diterima. Kesimpulannya, integrasi Project Based Learning dengan aplikasi Shopee terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta menumbuhkan minat berwirausaha siswa pada era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, Z., & Martuti, N. K. T. (2024). Implementation Of The Project Based Learning (Pjbl) Model To Students’ Problem Solving Ability And Entrepreneurial Interest In Environmental Change Material. Journal Of Biology Education, 13(2), 127–135.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 292–299. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V9n2.P292-299

Anugrahsari, I., & Ismail, I. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21: Filsafat Pendidikan Dalam Wujud Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 10–25. Https://Doi.Org/10.53935/Jim.V1.I1.2

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter Dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15.

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar: Use Of Simple Learning Media As A Source Of Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. Https://Doi.Org/10.51454/Decode.V1i2.17

Fitriani, A. M., Huliatunisa, Y., & Azhar, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sdn Doyong 04 Tangerang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). Https://Doi.Org/10.36088/Bintang.V3i3.1539

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (Edisi Ke-9). Universitas Diponegoro.

Juniarti, D. W., & Pratama, A. D. (2024). Analisis Shopee Live Sebagai Media Komunikasi Mahasiswa Pada Pembelian Produk. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 428–436.

Nirazmi. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 5 Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 6(3), 652–658.

Nurafifah, S., Firdaus, D. I., Patimah, P., Susilawati, W., Karjadinata, R., & Chusni, M. (2024). Pengaruh Project Based Learning Dan Minat Kewirausahaan Terhadap Hasil Belajar Biologi. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 84–97. Https://Doi.Org/10.58472/Munaqosyah.V6i2.184

Plasnajaya, R., Wulandari, A., Octabudiaji, P., & Ardiansyah, R. (2024). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Jurnal Ekonomi Digital, 1(2), 1–10.

Prasetyo, A., Pujianto, D., & Yarmani, Y. (2022). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Argamakmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 86–97. Https://Doi.Org/10.33369/Gymnastics.V3i1.18617

Rahmawati, R., Khaerani, K., & Purnamasari, W. (2023). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 55–60. Https://Doi.Org/10.46918/Equals.V6i1.1798

Ridwan, M. M., Allo, K. P., & Sudirman, M. Y. (2023). Peran Masyarakat Virtual Dalam Memanfaatkan E-Commerce Shopee Di Era Digital. Journal Of Education, Psychology And Counseling, 5(2), 148–155. Https://Doi.Org/10.33487/Edupsycouns.V5i2.7545

Safitri, A., Jufri, A. W., & Bachtiar, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Biopreneurship Terhadap Sikap Ilmiah Dan Minat Wirausaha Pada Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 6(3), 617–623. Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V6i3.7854

Sepmita, E. S., Sri, A. H., & Triono, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 68–82.

Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V5i1.6077

Sutomo, E., Eriyanti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 214–221. Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V10i2.16326

Windari, P., & Guntur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ipa. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 64–71. Https://Doi.Org/10.26618/Jkpd.V8i1.9694

Wijaya, S., Ramli, M., & Husna, R. L. (2025). Effectiveness of Using Youtube Videos as a Guide for Science Practicals for Elementary School Teacher Candidates. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1341–1351. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6292

Published

2025-11-03

How to Cite

Arif, M. N., & Rafidaa, V. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Shopee terhadap Motivasi Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1843–1853. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7028

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.