Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Shopee terhadap Motivasi Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7028Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Aplikasi Shopee, Motivasi BelajarAbstract
Kebutuhan akan penguatan kompetensi abad ke-21 menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran kewirausahaan yang mampu melatih keterlibatan aktif, tanggung jawab kelompok, serta kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu strategi yang relevan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang dikolaborasikan dengan teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa kelas XI Program Keahlian Bisnis Digital di SMKS Ketintang Surabaya yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar dan minat berwirausaha. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian (H1) diterima. Kesimpulannya, integrasi Project Based Learning dengan aplikasi Shopee terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta menumbuhkan minat berwirausaha siswa pada era digital.
Downloads
References
Aliyah, Z., & Martuti, N. K. T. (2024). Implementation Of The Project Based Learning (Pjbl) Model To Students’ Problem Solving Ability And Entrepreneurial Interest In Environmental Change Material. Journal Of Biology Education, 13(2), 127–135.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 292–299. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V9n2.P292-299
Anugrahsari, I., & Ismail, I. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21: Filsafat Pendidikan Dalam Wujud Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 10–25. Https://Doi.Org/10.53935/Jim.V1.I1.2
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter Dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15.
Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar: Use Of Simple Learning Media As A Source Of Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. Https://Doi.Org/10.51454/Decode.V1i2.17
Fitriani, A. M., Huliatunisa, Y., & Azhar, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sdn Doyong 04 Tangerang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). Https://Doi.Org/10.36088/Bintang.V3i3.1539
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (Edisi Ke-9). Universitas Diponegoro.
Juniarti, D. W., & Pratama, A. D. (2024). Analisis Shopee Live Sebagai Media Komunikasi Mahasiswa Pada Pembelian Produk. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 428–436.
Nirazmi. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 5 Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 6(3), 652–658.
Nurafifah, S., Firdaus, D. I., Patimah, P., Susilawati, W., Karjadinata, R., & Chusni, M. (2024). Pengaruh Project Based Learning Dan Minat Kewirausahaan Terhadap Hasil Belajar Biologi. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 84–97. Https://Doi.Org/10.58472/Munaqosyah.V6i2.184
Plasnajaya, R., Wulandari, A., Octabudiaji, P., & Ardiansyah, R. (2024). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Jurnal Ekonomi Digital, 1(2), 1–10.
Prasetyo, A., Pujianto, D., & Yarmani, Y. (2022). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Argamakmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 86–97. Https://Doi.Org/10.33369/Gymnastics.V3i1.18617
Rahmawati, R., Khaerani, K., & Purnamasari, W. (2023). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 55–60. Https://Doi.Org/10.46918/Equals.V6i1.1798
Ridwan, M. M., Allo, K. P., & Sudirman, M. Y. (2023). Peran Masyarakat Virtual Dalam Memanfaatkan E-Commerce Shopee Di Era Digital. Journal Of Education, Psychology And Counseling, 5(2), 148–155. Https://Doi.Org/10.33487/Edupsycouns.V5i2.7545
Safitri, A., Jufri, A. W., & Bachtiar, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Biopreneurship Terhadap Sikap Ilmiah Dan Minat Wirausaha Pada Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 6(3), 617–623. Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V6i3.7854
Sepmita, E. S., Sri, A. H., & Triono, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 68–82.
Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V5i1.6077
Sutomo, E., Eriyanti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 214–221. Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V10i2.16326
Windari, P., & Guntur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ipa. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 64–71. Https://Doi.Org/10.26618/Jkpd.V8i1.9694
Wijaya, S., Ramli, M., & Husna, R. L. (2025). Effectiveness of Using Youtube Videos as a Guide for Science Practicals for Elementary School Teacher Candidates. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1341–1351. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6292
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Naf'an Arif, Veni Rafidaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







