Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP (Fokus Pengembangan pada Materi Keragaman Sosial dan Budaya Pembelajaran IPS)

Authors

  • Hafizh Nasi Hudin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Agi Ma’ruf Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mohamad Il Badri Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7051

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi Animaker, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS

Abstract

Urgensi penelitian ini untuk menyediakan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam memahami materi keragaman sosial dan budaya, yang selama ini sering dianggap sulit dan kurang menarik jika hanya disampaikan secara konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan menguji efektivitas media pembelajaran animasi berbasis Animaker pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan latar belakang rendahnya keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang masih banyak berlangsung dengan metode tradisional yang berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, sedangkan data dikumpulkan melalui validasi ahli materi, media, dan bahasa, angket respons siswa dan guru, tes hasil belajar, observasi, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Animaker yang dikembangkan dinilai sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar sekaligus keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya pada aspek analisis, evaluasi, dan inferensi, yang diperkuat dengan hasil uji paired sample t-test (t = -16,879; df = 20; p < 0,001) yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, serta uji N-gain dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,83 atau 83,43% yang termasuk kategori tinggi; dengan demikian, media animasi berbasis Animaker dapat menjadi alternatif inovatif untuk mendukung pembelajaran IPS yang lebih interaktif, menarik, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis Android pada materi program linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357

Arend. (2015). Pembelajaran IPS SD/MI. In Etika jurnalisme pada koran kuning: Sebuah studi mengenai koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).

Aryani, L. A., Silpi, E., & Sari, H. P. (2025). Globalisasi dan transformasi pendidikan Islam: Menyongsong era digital. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 426–434. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.931

Ayuni, R. F. N., Wijaya, A. M. R., & Badri, M. I. (2025). Pengembangan media video animasi storytelling pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX. JIIP–Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9862–9869. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9078

Azizah, D. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi di SMA. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13787

Basiran, B., & Ningsih, T. (2023). Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPS. Jurnal Kependidikan, 11(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8679

Fauziyah, R., Budimansyah, D., & Muthaqin, D. I. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Civicus, 20(1), 15–25. https://doi.org/10.17509/civicus.v20i1.22926

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Powtoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Ixfina, F. D., & Rohma, S. N. (2025). Dasar-dasar pendidikan sebagai pembentuk moral dan intelektual peserta didik di sekolah dasar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 222–231. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7065

Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Skala pengukuran kualitas layanan: Sebuah kajian literatur. Widya Manajemen, 1(2), 21–39.

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289

Maharani, A. A., Rahmadani, N. C. P., & Renca, Z. S. (2025). Analisis media video animasi terhadap partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Pancasila di SDN 2 Tulungagung. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 1–7. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i5.223

Munisah, E. (2019). Model desain multimedia pembelajaran. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 139–150. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.46

Murni, N. F. (2021). Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1). https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736

Pratama, T. (2024). Hakikat pendidikan H. A. R. Tilaar dalam perspektif filsafat pendidikan progresivisme. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat, 7(2), 1–11.

Putri, H. K., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2023). Model student team achievement division berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1769–1776. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6153

Rahayu, Y. A., & Winarso, W. (2018). Berpikir kritis siswa dalam penyelesaian matematika ditinjau dari perbedaan tipe gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13279

Ramadhani, D. A., Ramadani, N. O., Ika, N. F. A., & Viratama, P. (2025). Peningkatan media belajar yang menarik melalui aplikasi Quizz untuk meningkatkan (kekompakan, kreativitas, berpikir kritis) pada siswa di tingkat SD/MI. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 4(1), 119–131. https://doi.org/10.58192/populer.v4i1.2981

Saputra, H. (2024). Penguatan kemampuan peserta didik dalam menghadapi era Society 5.0 melalui pembelajaran matematika. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik pada masa pandemi Covid-19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Sofwatillah, Risnita, M., Syahran, Jailani, D. A. S. (2024). Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah, 15(2), 79–91.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi minyak bumi di kelas X MIA-3 semester I SMAN 1 Sanggar tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 44–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.168

UNESCO. (2020). Education in a post-COVID world: Nine ideas for public action. International Commission on the Futures of Education.

Wahidin, W. (2025). Pengembangan media pembelajaran visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 285–295. https://doi.org/10.37567/jie.v11i1.3720

Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519

Zahro, N. F. (2024). Pendidikan dasar Islam sebagai fondasi pembangunan moral dan sosial di era globalisasi. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(4), 1–12. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i4.2624

Published

2025-11-03

How to Cite

Hudin, H. N., Wijaya, A. M., & Badri, M. I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP (Fokus Pengembangan pada Materi Keragaman Sosial dan Budaya Pembelajaran IPS). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1864–1880. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7051

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.