Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.7Keywords:
Model Inquiri, Karangan EksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang sebelum diterapkan model Inquiri berada pada kategori rendah, sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang setelah diterapkan model Inquiri berada pada kategori tinggi. Jadi, setelah menerapkan model pembelajaran Inquiri dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang efektif digunakan. Hasil SPSS Ver 20 menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inquiri.
Downloads
References
Ayungtias, E. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri di Tinjau dari Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE.
Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis. Bandung: Angkasa.
Zainurrahman. (2013). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.