Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu
https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.155
Keywords:
menulis, karangan narasi, gambar seriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jenis penelitian pada hakikatnya merupakan teknik penelitian guna memperoleh data dan simpulan yang jelas. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 4 kelas sebanyak 103 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil pengolahan data diketahui bahwa pada pretest sampel yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75) sebanyak 2 orang atau 9%, sedangkan sampel yang mendapat nilai <75 (kurang dari 75) sebanyak 20 orang atau 91%. Hasil pengolahan data pada posttest diketahui bahwa sampel yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75) 19 orang atau 86%, sedangkan sampel yang mendapat nilai <75 (kurang dari 75) sebanyak 3 orang atau 14%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada posttest sebanyak 19 orang atau 86% siswa yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75). Sehingga penelitian ini dapat dikatakan mampu atau memadai karena telah memenuhi standar kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu agar lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat. Selanjutnya bagi siswa agar menanamkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertahankan cara belajarnya.
Downloads
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.