Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu

https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.155

Authors

  • Abd. Rahim Ruspa Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

menulis, karangan narasi, gambar seri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jenis penelitian pada hakikatnya merupakan teknik penelitian guna memperoleh data dan simpulan yang jelas. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 4 kelas sebanyak 103 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil pengolahan data diketahui bahwa pada pretest sampel yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75) sebanyak 2 orang atau 9%, sedangkan sampel yang mendapat nilai <75 (kurang dari 75) sebanyak 20 orang atau 91%. Hasil pengolahan data pada posttest diketahui bahwa sampel yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75) 19 orang atau 86%, sedangkan sampel yang mendapat nilai <75 (kurang dari 75) sebanyak 3 orang atau 14%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada posttest sebanyak 19 orang atau 86% siswa yang mendapat nilai ≥75 (sama dengan atau lebih dari 75). Sehingga penelitian ini dapat dikatakan mampu atau memadai karena telah memenuhi standar kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu agar lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat. Selanjutnya bagi siswa agar menanamkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertahankan cara belajarnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkowo, R dan Kosasih A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo. Jakarta. Anindiati. 2014. Pemanfaatan Media Lagu dalam Peningkatan Kemampuan. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja G Rafindo. Persada. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta Hartig, Hugo. 2008. Tujuan Menulis. Angkasa. Bandung. Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Adicita Karya Nusa. Jakarta. Nurdin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. ITMM Press. Malang. Sadiman, Arief. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Grasindo. Jakarta. Sapari. 2000. Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Unnes. Semarang. Sujana, Nana Rivai Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung. Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Raja Grafika Persada. Jakarta. Tarigan, Hendry Guntur. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Angkasa. Bandung. Wiyanto, Asrul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Grasindo. Jakarta.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Abd. Rahim Ruspa. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.155

Issue

Section

Articles