Implemtasi Strategi Deduktif-Induktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.164

Authors

  • Abd. Rahim ruspa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Kamaruddin Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pembelajaran; deduktif; induktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi deduktif-induktif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif sudah tercermin, yakni pola pengelolaan deduktif 3 kali muncul dan pola pengelolaan induktif 2 kali muncul dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, namun masih sangat terbatas pada RPP ke-2 (pola pengelolaan deduktif dan induktif). Alat evaluasi yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, yaitu deduktif hanya 1 kali muncul dan pola pengelolaan induktif muncul sebanyak 3 kali dalam soal ulangan harian yang telah dibuat oleh guru tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama. Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, Enco. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembel- ajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga. Sannang, Ramli. 1985. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Mengapresiasi Sastra Indonesia. Ujung Pandang: FPBS IKIP. Thoifuri. 2007. Menjadi Guru Inisiator. Kudus Jawa Tengah: RaSAIL.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Abd. Rahim ruspa, & Kamaruddin. (2018). Implemtasi Strategi Deduktif-Induktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Palopo . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(2), 157–172. https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.164

Issue

Section

Articles