Keefektifan Media Lingkungan dalam Menulis Karangan Narasi pada SMPN 13 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5149
Keywords:
media lingkungan, menulis karangan narasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektian siswa dengan menggunakan media lingkungan terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas VIII SMPN 13 Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Palopo yang berjumlah 13 orang. Karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 100 siswa, dalam penelitian ini digunakan sampel total (total sampling), Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini, yaitu 13 sampel. Hasil penelitian didapatkan bahwa setelah diadakan uji hipotesis diperoleh gambaran bahwa terjadi keefetifan lingkungan hidup dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa SMPN 13 Palopo serta didapatkan peningkatan rata rata sebesar 17,69 dari skor rata rata sebelum menggunakan media lingkungan hidup sebesar 53,08 dan sesudah menggunakan media lingkungan hidup sebesar 70,77.
Downloads
References
Almana, E. S., Santa, S., & Anwar, W. S. (2019) Pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi. “Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pendagogik, 3 (1), 80-92
Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3),301-307
Akhdan, I., & Damayanti, M. I. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Keterampilan Menulis Teks Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Unesa.
Amillia, F. (2018) Pemahaman dan habituasi untuk membangun kompotensi menulis praktif dan ilmiah. Lingua franca: jurnal Bahasa, sasra dan pengajaranya,2(1)keterampilan menulis narasi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1),80-92.
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikurutal dalam menanggulangi narasi islamisne di Indonesia.jurnal Pendidikan Agama Islam journal. of Islamic Education Studies, 5(2) 224;243).
Indriyani, L. (2019, May), Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kognitif siswa. In Presiding seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26)
Nurjani, N. (2019). Literasi pada pembelajaran menulis Bagi anak sekolah dasar. Proceeding Iain Batusangkar, 3(1), 233-242.
Renza, M., A. Affandi, L. H., & Setiawan, H (2022).Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal olmiah profesi Pendidikan, 7(2),445-451).
Sari, F. P. . (2019). Keefektifan Media Berseri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Sari, A. R. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum.k-13 Penerbit NEM.
Suardi,M. (2021). Media Lingkungan Selitar Dalam Pengembangan Minat Belajar Anak.Jurnal Tematik, 7(1)
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema pembelajaran daring terhadap pendididkan karakter peserta didik Edukatif; jurnal ilmu Pendidikan dan Konseling (JPDK, 496, 7911-7915.)
Sugiono. (2018). Pengertian populasi. Di akses pada 27 Maret 2023, dari http://serupa.id
Sugiono. (2018) pengertian sampel. Diakses pada 27 Maret 2023, dari http://serupa.id
Rayid, K.I., Setyawati, N., & Indariani, E. A. (2023) Analisis kesalahan ejaan pada teks persuasive hasil karangan peserta dididk kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Sasindo:jurnal pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2)385-392
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R (2021). Analisis Problema pembelajaran daring terhadap pendididkan karakter peserta didik Edukatif; jurnal ilmu Pendidikan 3(1),165-17
Sukirman,S.(2020). Tes kemampuan keterampilan menulis pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. jurnal Konsepsi 9(2),72-81).
Wibowo ,D. C., Sutani, P.,& Fitrianingrum, E. (2020). Pengguna Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal studi guru dan Pembelajaran, 3(1),51-57)
Wiratama, N.A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022), Meningkatkan keterampilan Menulis Deskripsi melalui pendekatan kontekstual pada siswa sekolah Dasar. jurnal Basicedu,6 (3),3428-3434.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.