Keefektifan Media Lingkungan dalam Menulis Karangan Narasi pada SMPN 13 Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5149

Authors

  • Abd. Rahim Ruspa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurul Hajrah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nirwana Nirwana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Marlia Muklim Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

media lingkungan, menulis karangan narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektian siswa dengan menggunakan media lingkungan terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas VIII SMPN 13 Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Palopo yang berjumlah 13 orang. Karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 100 siswa, dalam penelitian ini digunakan sampel total (total sampling), Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini, yaitu 13 sampel. Hasil penelitian didapatkan bahwa setelah diadakan uji hipotesis diperoleh gambaran bahwa terjadi keefetifan lingkungan hidup dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa SMPN 13 Palopo serta didapatkan peningkatan rata rata sebesar 17,69 dari skor rata rata sebelum menggunakan media lingkungan hidup sebesar 53,08 dan sesudah menggunakan media lingkungan hidup sebesar 70,77.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almana, E. S., Santa, S., & Anwar, W. S. (2019) Pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi. “Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pendagogik, 3 (1), 80-92

Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3),301-307

Akhdan, I., & Damayanti, M. I. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Keterampilan Menulis Teks Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Unesa.

Amillia, F. (2018) Pemahaman dan habituasi untuk membangun kompotensi menulis praktif dan ilmiah. Lingua franca: jurnal Bahasa, sasra dan pengajaranya,2(1)keterampilan menulis narasi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1),80-92.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikurutal dalam menanggulangi narasi islamisne di Indonesia.jurnal Pendidikan Agama Islam journal. of Islamic Education Studies, 5(2) 224;243).

Indriyani, L. (2019, May), Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kognitif siswa. In Presiding seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26)

Nurjani, N. (2019). Literasi pada pembelajaran menulis Bagi anak sekolah dasar. Proceeding Iain Batusangkar, 3(1), 233-242.

Renza, M., A. Affandi, L. H., & Setiawan, H (2022).Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal olmiah profesi Pendidikan, 7(2),445-451).

Sari, F. P. . (2019). Keefektifan Media Berseri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sari, A. R. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum.k-13 Penerbit NEM.

Suardi,M. (2021). Media Lingkungan Selitar Dalam Pengembangan Minat Belajar Anak.Jurnal Tematik, 7(1)

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema pembelajaran daring terhadap pendididkan karakter peserta didik Edukatif; jurnal ilmu Pendidikan dan Konseling (JPDK, 496, 7911-7915.)

Sugiono. (2018). Pengertian populasi. Di akses pada 27 Maret 2023, dari http://serupa.id

Sugiono. (2018) pengertian sampel. Diakses pada 27 Maret 2023, dari http://serupa.id

Rayid, K.I., Setyawati, N., & Indariani, E. A. (2023) Analisis kesalahan ejaan pada teks persuasive hasil karangan peserta dididk kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Sasindo:jurnal pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2)385-392

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R (2021). Analisis Problema pembelajaran daring terhadap pendididkan karakter peserta didik Edukatif; jurnal ilmu Pendidikan 3(1),165-17

Sukirman,S.(2020). Tes kemampuan keterampilan menulis pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. jurnal Konsepsi 9(2),72-81).

Wibowo ,D. C., Sutani, P.,& Fitrianingrum, E. (2020). Pengguna Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal studi guru dan Pembelajaran, 3(1),51-57)

Wiratama, N.A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022), Meningkatkan keterampilan Menulis Deskripsi melalui pendekatan kontekstual pada siswa sekolah Dasar. jurnal Basicedu,6 (3),3428-3434.)

Published

2024-11-27

How to Cite

Abd. Rahim Ruspa, Nurul Hajrah, Nirwana, N., & Marlia Muklim. (2024). Keefektifan Media Lingkungan dalam Menulis Karangan Narasi pada SMPN 13 Palopo . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4670–4680. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5149

Issue

Section

Articles