Mengenal dan Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Pendidikan Inklusi: Cara Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dalam Menulis dan Membaca

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4822

Authors

  • Opik Dwi Indah Universitas Cokroamioto Palopo
  • Etik Etik Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sehe Sehe Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Abd. Rahim Ruspa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ilwati Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

mengenal dan memahami, karakteristik peserta didik, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti cara belajar anak berkebutuhan khusus, sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan bagi guru-guru khususnya bagi guru profesional yang telah mengikuti PPG terkait karakteristik peserta didik dalam implementasi pendidikan inklusi di sekolah regular. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk mengenal dan memahami cara belajar anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian adalah 5 anak dengan setiap kebutuhan khusus yang berbeda. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih partisipan berdasarkan kriteria tertentu, yaitu subjek yang dipilih adalah anak dengan kebutuhan khusus mewakili setiap kategori/jenis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini dilakukan di SLBN 1 Palopo. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan langsung, catatan lapangan, sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data pendukung dalam penelitian ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. N, dkk. (2022). Pengantar Pendidikan. CV Media Sains Indonesia.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mudjito, Harizal, Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusif. Baduose Media.

Nurfadhillah, S. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3 (3), 459-465.

Phytanza, D. T. P, dkk. (2023). Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi dan Tujuan. CV Rey Media Grafika.

Putri, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajaran Siswa Berkebutuhan Khusus (Autisme) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Inklusi. Jurnal UIN Jambi.

Rakhmawati, E. M. (2020). Analisis Faktor Pendukung Hasil Pembelajaran Daring pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Unnes.

Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Reflika Aditama.

Susilahati. (2023). Pendidikan Inklusif. Uwais Inspirasi Indonesia.

Tarigan, J.E. (2022). Pengantar Pendidikan. CV Media Sains Indonesia.

Unesco. (2009). Policy guidelines on inclusion in education.

Yuwono, J. (2021). Buku Saku Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Published

2025-01-08

How to Cite

Opik Dwi Indah, Etik, E., Sehe, S., M. Zulham, Abd. Rahim Ruspa, & Ilwati. (2025). Mengenal dan Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Pendidikan Inklusi: Cara Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dalam Menulis dan Membaca. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4647–4655. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4822

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>