Problematika Komunikasi Pemelajar BIPA dan Mitra Bahasa dalam Pelaksanaan Tutorial Program BIPA UM 2022
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4408
Keywords:
Problematika komunikasi, pemelajar BIPA, tutorialAbstract
Suatu proses komunikasi dapat dikatakan berhasil ketika mitra tutur dapat memahami pesan yang disampaikan oleh penutur. Namun, dalam proses komunikasi, dimungkinkan pula adanya gangguan komunikasi yang menyebabkan terhambatnya keberhasilan komunikasi. Dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa lanjutan, pemelajar seringkali menemui berbagai problematika komunikasi. Problematika komunikasi yang terjadi dalam pelaksanaan tutorial dapat terjadi dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Pada penelitian ini, pemelajar dan mitra bahasa yang diteliti berasal dari program-program BIPA UM tahun 2022, yaitu program In-Country dan program Critical Language Scholarship (CLS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data dalam penelitian kualitatif ini merupakan 15 narasumber, partisipan, atau informan yang berasal dari mitra bahasa program In-Country 2022 dan CLS 2022. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan empat problematika aspek kebahasaan dan tiga problematika aspek nonkebahasaan. Problematika aspek kebahasaan berupa 1) keterbatasan kosakata, 2) ketidaktepatan penggunaan aspek leksikal, 3) ketidaktepatan penggunaan aspek gramatikal, dan 4) kesalahan pelafalan. Problematika aspek nonkebahasaan berupa 1) kondisi fisik, 2) gegar budaya (shock culture), dan 3) lingkungan.
Downloads
References
Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Anak-Anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604
Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58.
Arianto, R. D. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Model Tutorial untuk Tujuan Komunikasi Lisan di Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Arifin, S., Yahya, M., & Siddik, M. (2019). Strategi Komunikasi Siswa dan Guru Kelas XI SMAN 2 Sangatta Utara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 15-38. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.15
Dirga, R. N. (2021). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran BIPA secara Daring di Inalco, Paris.
Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716
Suparman, S. (2024). Konteks Budaya Perkawinan Masyarakat Bugis Luwu (Kajian Antropolinguistik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 233-238. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.559
Krashen, S. (1997). The Comprehension Hypothesis: Recent Evidence. ENGLISH TEACHERS JOURNAL-ISRAEL-, 17-29.
Latifah, S. (2019, November). Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.
Prayoga, R. A., & Palupi, D. (2020). Strategi akomodasi komunikasi dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 341-357. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2525
Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). Penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.
Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1981). Communication networks: Toward a New Paradigm for Research. Free Press.
Rohman, W. T. (2017). Problematika Aktivitas Tutorial pada Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.