Problematika Komunikasi Pemelajar BIPA dan Mitra Bahasa dalam Pelaksanaan Tutorial Program BIPA UM 2022

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4408

Authors

  • Diella Rosa Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang

Keywords:

Problematika komunikasi, pemelajar BIPA, tutorial

Abstract

Suatu proses komunikasi dapat dikatakan berhasil ketika mitra tutur dapat memahami pesan yang disampaikan oleh penutur. Namun, dalam proses komunikasi, dimungkinkan pula adanya gangguan komunikasi yang menyebabkan terhambatnya keberhasilan komunikasi. Dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa lanjutan, pemelajar seringkali menemui berbagai problematika komunikasi. Problematika komunikasi yang terjadi dalam pelaksanaan tutorial dapat terjadi dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Pada penelitian ini, pemelajar dan mitra bahasa yang diteliti berasal dari program-program BIPA UM tahun 2022, yaitu program In-Country dan program Critical Language Scholarship (CLS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data dalam penelitian kualitatif ini merupakan 15 narasumber, partisipan, atau informan yang berasal dari mitra bahasa program In-Country 2022 dan CLS 2022. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan empat problematika aspek kebahasaan dan tiga problematika aspek nonkebahasaan. Problematika aspek kebahasaan berupa 1) keterbatasan kosakata, 2) ketidaktepatan penggunaan aspek leksikal, 3) ketidaktepatan penggunaan aspek gramatikal, dan 4) kesalahan pelafalan. Problematika aspek nonkebahasaan berupa 1) kondisi fisik, 2) gegar budaya (shock culture), dan 3) lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Anak-Anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604

Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58.

Arianto, R. D. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Model Tutorial untuk Tujuan Komunikasi Lisan di Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Arifin, S., Yahya, M., & Siddik, M. (2019). Strategi Komunikasi Siswa dan Guru Kelas XI SMAN 2 Sangatta Utara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 15-38. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.15

Dirga, R. N. (2021). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran BIPA secara Daring di Inalco, Paris.

Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716

Suparman, S. (2024). Konteks Budaya Perkawinan Masyarakat Bugis Luwu (Kajian Antropolinguistik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 233-238. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.559

Krashen, S. (1997). The Comprehension Hypothesis: Recent Evidence. ENGLISH TEACHERS JOURNAL-ISRAEL-, 17-29.

Latifah, S. (2019, November). Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.

Prayoga, R. A., & Palupi, D. (2020). Strategi akomodasi komunikasi dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 341-357. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2525

Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). Penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.

Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1981). Communication networks: Toward a New Paradigm for Research. Free Press.

Rohman, W. T. (2017). Problematika Aktivitas Tutorial pada Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif.

Published

2024-11-03

How to Cite

Diella Rosa, Gatut Susanto, & Imam Suyitno. (2024). Problematika Komunikasi Pemelajar BIPA dan Mitra Bahasa dalam Pelaksanaan Tutorial Program BIPA UM 2022. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4323–4329. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4408

Issue

Section

Articles

Categories