Tuturan Komunikasi Bisnis di Masyarakat Batak Toba

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5161

Authors

  • Dyna Mai Rizca Lestari Universitas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang

Keywords:

Tindak tutur, komunikasi bisnis, masyarakat Batak Toba

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi fungsi tindak tutur dalam komunikasi bisnis di masyarakat Batak Toba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berusaha memahami fenomena tuturan pada kegiatan jual-beli dalam proses bertutur di masyarakat tutur. Jenis penelitian yang digunakan adalah naturalistik yang berlandaskan pada sosiopragmatik. Sumber data penelitian praktik tuturan nonformal yang terjadi dalam interaksi jual-beli antara penutur dan mitra tutur menggunakan bahasa Batak Toba. Data penelitian berupa tuturan dalam interaksi jual beli di masyarakat Batak Toba menggunakan bahasa Batak Toba berdasarkan fungsi tindak tutur. Hasil penelitian ini ditemukan fungsi tindak tutur, yakni: asertif, direktif, komisif, deklaratif, ekspresif. Tindak tutur asertif dan ekspresif paling sering digunakan masyarakat Batak Toba dalam bertutur. Berdasarkan data yang sudah diklasifikasi dan di kodefikasi serta di data menggunakan bagan dan diagram, kelima fungsi tindak tutur terpenuhi dalam dialog interaksi jual beli masyarakat Batak Toba. Penelitian ini berkontribusi bagi para pembaca yang ingin tetap melestarikan tuturan bahasa Batak Toba asli dan bagi para pelajar sebagai bahan refrensi tugas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andianto, Mujiman Rus. 2004. Tindak Direktif Bahasa Indonesia dalam Acara Pendalaman Iman Umat Katholik Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Austin, John Langshaw. 1962. How to Do Things With Words. Oxford: Oxford University Press.

Brown, Penelope. & Levinson, Stephen. C. 1987. Politeness Some Universals in Language Usage. New York: Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085

Cahyani, Desy Nur & Rokhman, Fathur. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi Lingkungan Universitas Tidar : Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Seloka 6(1) (2017). Dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/14763/8409.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Bahasa. Jakarta:Rineka Cipta.

Chojimah, N. (2015). Refusal and politeness strategies about social status:

A case of face-threatening act among Indonesian university students.

International Theory and Practice in Language Studies, 5(5), 906-918. Dari http://dx.doi.org/10.17507/tpls.0505.04.

Clark, H. H. (1996). Using language. Cambridge: Cambridge University Press.

Cummings, Luise. 2019. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Terjemahan Gatut Susanto, ddk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1999.

Djuwita, Puspa. 2017. Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1) 2017, 27-36. Dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2881.

Færch, C., & Gabriele, K. (1984). Pragmatic knowledge: Rules and procedures. DOI: https://doi.org/10.1093/applin/5.3.214

Applied Linguistics, 5(1), 214-225. Dari 10.1093/applin/5.3.214.

Fe´lix-Brasdefer, J. C. (2006). Linguistic politeness in Mexico: refusal strategies

among male speakers of Mexican Spanish. Journal of Pragmatics, 38, 2158–

Fraser B. and Nolen, W. (1981). The Association of Difference with Linguistic Form. International Journal of the Sociology of Language. Vol. 27(2): 93-109. DOI: https://doi.org/10.1515/ijsl.1981.27.93

Guo, Y. (2012). Chinese and American refusal strategy: A cross-cultural approach. Theory and Practice in Language Studies, 2(2), 247-256. DOI: https://doi.org/10.4304/tpls.2.2.247-256

Huang, Y. (2014). Pragmatics (2th ed.). Oxford: Oxford University Press

Ibrahim, Abd. Syukur.1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Ismari. 1995. Tentang Percakapan. Surabaya: Airlangga University Press.

Kamarudin, Andiopenta, dan Pahar, Eddy. 2015. Kebermaknaan Norma-norma Sosiokultural dalam Pemakaian Bahasa pada Masyarakat Melayu Jambi di Kabupaten Batanghari.Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(01) 2015, 67- 70. Dari https://www.neliti.com/id/publications/43492/kebermaknaan-norma-norma- sosiokultural-dalam-pemakaian-bahasa-pada-masyarakat-me.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles Of Pragmatics. London and New York: Longman.

Leech, Geoffrey. 2011. Bentuk-bentuk Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI- Press).

Lestari, Indah Puji. 2013. Interaksi Sosial Komunitas Samin dengan Masyarakat Sekitar. Jurnal Komunitas, 5(1), 74-86. Dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas/article/view/2376 DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v5i1.2376

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, Lexy Johannes. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujianti, Gigit. 2015. Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Menulis dan Komposisi Terarah Berdasarkan Tingkat Kognisi Siswa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 173-197. Dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/2614.

Published

2025-02-18

How to Cite

Dyna Mai Rizca Lestari, Imam Suyitno, & Gatut Susanto. (2025). Tuturan Komunikasi Bisnis di Masyarakat Batak Toba. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1151–1165. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5161

Issue

Section

Articles

Categories