Pemanfaatan Media Pembelajaran Gameshow Quiz Wordwall dalam Pemahaman Teks Deskripsi
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5654
Keywords:
Media Wordwall, Gameshow Quiz, dan Pemahaman Teks DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksploarasi terkait pemanfaatan media pembelajaran berupa wordwall dalam bentuk gameshow quiz sebagai bentuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi teks deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain concurrent, yang mana dalam pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hal ini data yang diperoleh melalui siswa kelas VII SMPN 1 Waru berjumlah 64 siswa. teknik sampel yang digunakan menggunakan teknik cluster random dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari dua kelas. Hasil penelitian terhadap pemanfaatan media pembelajaran interaktif berupa wordwall pada gameshow quiz ini mengalami perubahan signifikan pada pola interaksi peserta didik terhadap materi teks deskripsi. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Waru pada kelas VII ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman teks deskripsi yang terdapat pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penggunaan media Gameshow Wordwall. Hal ini memperoleh nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen adalah 65,8, sedangkan nilai rata-rata posttest mencapai 84,2, menunjukkan peningkatan sebesar 28%. Sementara itu, kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional hanya mengalami peningkatan sebesar 12%, dari nilai rata-rata 66,2 menjadi 74,1. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Pemanfaatan media pembelajaran Gameshow Quiz Wordwall dalam pemahaman teks deskripsi telah terbukti memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa. Melalui implementasi media interaktif ini, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang tercermin dari tingginya tingkat partisipasi dan antusiasme selama proses pembelajaran berlangsung. Data hasil belajar mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep, struktur, dan kebahasaan teks deskripsi, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam mengidentifikasi ciri-ciri teks deskripsi dengan lebih akurat dan menghasilkan teks deskriptif yang lebih berkualitas.
Downloads
References
A. Chaedar Alwasilah. (2015). Pokoknya Studi Kasus (Pendekatan Kualitatif). PT. Dunia Pustaka Jaya.
Ahmad Syukron. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal untuk SMP di Jember [Thesis]. Universitas Negeri Malang.
Ahmad, R., & Setiawan, H. (2023). Transformasi pembelajaran bahasa Indonesia di era digital: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 45-59.
Anditasari, R., & Andajani, K. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Ariyana, A. dkk. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370.
Aulia Darman Ak, R. S., & Rahman Rahim, A. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi dalam Memproduksi Teks Prosedur Sederhana pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sendana. In Bahasa dan Sastra (Vol. 9, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma.
Budiman, A., Suryani, N., & Rukayah. (2021). Pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan literasi digital siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 78-92.
Dahlan, M. (2021). Penggunaan Media Flash Player bagi Meningkatkan Keterampilan Berpidato Murid Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. In Bahasa dan Sastra (Vol. 7, Issue 2). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma.
Damayanti, S. (2021). Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45-57.
Daryanto. (2023). Literasi Digital dalam Pembelajaran . Penerbit Pendidikan.
Dhika, O. H., & Destiawati, F. (2022). Workshop Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI.
Fauziah, N., Suryadi, A., & Syahputra, E. (2022). Pengaruh game edukasi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 112-127.
Fauzan, A., Zaim, M., & Refnaldi. (2023). Penerapan game-based learning dalam pembelajaran bahasa: Studi meta-analisis. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 67-82.
Gunawan, R., & Arini, F. D. (2024). Hubungan implementasi Wordwall dengan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 56-71.
Hikma, N., Santoso, A., & Zahro, A. (2024). Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 4). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma.
Hidayat, T., & Rahmawati, A. (2023). Pendekatan multimodal berbasis digital untuk meningkatkan pemahaman teks deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 56(1), 45-59.
Khalizha, F. N. (2024). Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Media Pembelajaran Berbasis Game pada Materi Teks Deskripsi. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 5, 19–22.
Kurniawan, B., & Dewi, F. (2021). Implementasi gamifikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 23-38.
Larasati, P. , dkk. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Inondesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia., 3(3), 395–412.
Mujahidin, A. A. dkk. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeli. Innovative: Journal Of Social Science Reasearch, 1(2), 552–560.
Muslimah, M., & Kuntoro, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Deskripsi dengan Media Video Wisata Lokal di Kabupaten Banjarnegara. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 29. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.10991.
Mustika, R., & Lestari, P. (2022). Pengembangan kosakata dalam pembelajaran teks deskripsi melalui media interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 189-204.
Nurhadi. (2017). Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis) (Riza Dwi Aningtyas dan Restu Damayanti, Ed.). PT Bumi Aksara.
Nurhidayati NPM, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Dengan Media Bagan Berbasis Kontekstual Untuk Smp Kelas Vii Kota Semarang Tesis Disusun oleh.
Oktavia, D., Djuanda, D., & Iswara, P. D. (2024). Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 3). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma.
Oktaviani, L., Sumarwati, & Rakhmawati, A. (2022). Pengaruh penggunaan Wordwall terhadap hasil belajar teks deskripsi siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 78-92.
Ratih, M., & Adi Nugroho, R. (2024). Media Digital Storytelling pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMP di Bandung. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 3). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana.
Sitohang, Y., Syahfitri, D., & Siburian, P. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas Vii-C Smpnegeri 3 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Darma Agung, 27(2), 942. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i2.266
Surya, P., & Putri, D. (2020). Penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 143-156.
Yasmar, R. , & A. D. R. (2024). Keberhasilan Aplikasi Wordwall dalm Pembelajaran Teks Deskriptif pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arabian, 16(2).
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.