Analisis Isi Buku Pelajaran Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4687

Authors

  • Aulia Rachma Kusumawardani Universitas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang

Keywords:

Buku, Bahasa Indonesia, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen isi dalam buku pelajaran Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Buku pelajaran Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII merupakan salah satu buku berbasis Kurikulum Merdeka yang diterbitkan Erlangga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yakni menganalisis data secara deskriptif fakta yang sesuai dengan data yang diperoleh untuk menunjukkan komponen isi dalam buku tersebut. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut, (1) kesesuain isi dengan kompetensi memuat enam kompetensi, yaitu menyimak, membaca, menulis, mempresentasikan, serta berbicara , (2) kebenaran substansi materi memuat dua teks dengan materi fiksi dan lima teks dengan materi fakta/ nonfiksi, (3) relevan dengan kurikulum memuat kesesuaian dengan capaian pembelajaran Kemdikbud, dan (4) memuat link berbagai sumber, keseluruhan teks memuat link video pembelajaran, audio pembelajaran, dan CBT soal remedial maupun pengayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, M. (2005). Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Budiman, A., Yusra, H., & Sinaga, A. (2023). Analisis kesesuaian soal pembelajaran tengah semester dengan buku bahasa indonesia terbitan puskurbuk tahun 2021. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol. 9, No. 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2304 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2304

Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.

Chomsin, Widodo. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elec Media Komputindo.

Kurniasih, Dwi. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 12, No. 1. http://dx.doi.org/10.26499/madah.v?i?.? DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.305

Mhb, R. J., & Mukhlis, M. (2023) Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol. 9, No. 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292

Moleong, L. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sari, Rati Melda. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang. Vol. 1, No. 1. DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Siagian, Beslina Afriani. (2016). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP UHN. Vol. 3, No. 1.

Wahono & Sawali. (2021). Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Published

2024-11-08

How to Cite

Aulia Rachma Kusumawardani, Imam Suyitno, & Gatut Susanto. (2024). Analisis Isi Buku Pelajaran Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4521–4529. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4687

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)