Asesmen Diagnostik dalam Penentuan Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4528

Authors

  • Nawang Wulan Universitas Negeri Malang
  • Aulia Rachma Kusumawardani Universitas Negeri Malang
  • Nudiyalista Khusna Universitas Negeri Malang

Keywords:

asesmen, artikel ilmiah populer, diagnostik

Abstract

Asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran perlu untuk diteliti dan dikaji secara mendalam. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostik dan mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi artikel ilmiah populer pada siswa kelas VIII SMPN 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara menganalisis data secara deskriptif fakta yang sesuai dengan data yang diperoleh untuk menunjukkan implementasi asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi di kelas VIII SMPN 6 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut, 1) persiapan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan asesmen diagnostik dilakukan dengan merancang instrumen asesmen berupa 10 butir soal dan terbagi dalam tiga sub (pengertian, kebahasaan, dan kepenulisan) dan 2) pelaksanaan dan tindak lanjut implementasi asesmen diagnostik diketahui 36% siswa mengerjakan dengan benar dan dapat belajar secara mandiri, sedangkan 64% siswa mengerjakan salah dan dikategorikan siswa memerlukan bimbingan. Hasil penelitian tersebut perlu menjadi pedoman dan evaluasi bagi guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adek Cerah Kurnia Azis & Siti Khodijah Lubis. (2023). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202 DOI: https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962

Ks, S., Wr, B., & Sugiyarti, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Bringin Dengan Pembelajaran Saintifik Berbasis Media Massa. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 6(2), Article 2.

Prabowo, I. M., Shaleh, S., & Wulandari, N. F. (2024). Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3112 DOI: https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3112

SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).

Purwati, W. antika, Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kurikulum Merdeka Smpn 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2512

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Ulfana, A. (2023). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk kompetensi menulis dan menyunting teks eksposisi SMA/SMK / Arun Ulfana. SKRIPSI Mahasiswa UM, 0(0), Article 0. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/76711.html

Wahyuni, H. S. (2023). Efektivitas Pemberian Asesmen Diagnostik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Siswa Kelas 7C SMPN 1 Jabung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 3(3), Article 3. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i3.1051

Wiryanto, W., & Anggraini, G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549 DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549

Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.14421/njpi 2023.v3i3-5 DOI: https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5

Published

2024-09-21

How to Cite

Nawang Wulan, Aulia Rachma Kusumawardani, & Nudiyalista Khusna. (2024). Asesmen Diagnostik dalam Penentuan Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3948–3954. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4528

Issue

Section

Articles

Categories