Asesmen Diagnostik dalam Penentuan Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4528
Keywords:
asesmen, artikel ilmiah populer, diagnostikAbstract
Asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran perlu untuk diteliti dan dikaji secara mendalam. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostik dan mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi artikel ilmiah populer pada siswa kelas VIII SMPN 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara menganalisis data secara deskriptif fakta yang sesuai dengan data yang diperoleh untuk menunjukkan implementasi asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi di kelas VIII SMPN 6 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut, 1) persiapan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan asesmen diagnostik dilakukan dengan merancang instrumen asesmen berupa 10 butir soal dan terbagi dalam tiga sub (pengertian, kebahasaan, dan kepenulisan) dan 2) pelaksanaan dan tindak lanjut implementasi asesmen diagnostik diketahui 36% siswa mengerjakan dengan benar dan dapat belajar secara mandiri, sedangkan 64% siswa mengerjakan salah dan dikategorikan siswa memerlukan bimbingan. Hasil penelitian tersebut perlu menjadi pedoman dan evaluasi bagi guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Downloads
References
Adek Cerah Kurnia Azis & Siti Khodijah Lubis. (2023). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202 DOI: https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962
Ks, S., Wr, B., & Sugiyarti, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Bringin Dengan Pembelajaran Saintifik Berbasis Media Massa. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 6(2), Article 2.
Prabowo, I. M., Shaleh, S., & Wulandari, N. F. (2024). Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3112 DOI: https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3112
SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).
Purwati, W. antika, Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kurikulum Merdeka Smpn 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2512
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ulfana, A. (2023). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk kompetensi menulis dan menyunting teks eksposisi SMA/SMK / Arun Ulfana. SKRIPSI Mahasiswa UM, 0(0), Article 0. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/76711.html
Wahyuni, H. S. (2023). Efektivitas Pemberian Asesmen Diagnostik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Siswa Kelas 7C SMPN 1 Jabung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 3(3), Article 3. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i3.1051
Wiryanto, W., & Anggraini, G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549 DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549
Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.14421/njpi 2023.v3i3-5 DOI: https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.