Karakteristik Asesmen Membaca Nonsastra dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4147

Authors

  • Aulia Rachma Kusumawardani Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang

Keywords:

asesmen membaca, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik asesmen membaca nonsastra dalam buku bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum merdeka. Asesmen merupakan bagian penting dalam mengukur kemajuan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek, yaitu bahasa, ragam tes, dan tingkat berpikir. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII SMP. Data penelitian berupa butir soal kompetensi membaca nonsastra. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Dengan teknik analisis isi disimpulkan karakteristik asesmen membaca nonsastra dalam buku bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dihasilkan 1) aspek bahasa, keseluruhan menggunakan bahasa Indonesia dan dilengkapi cerita bergambar untuk memperjelas teks yang disampaikan; 2) ragam tes, terdapat tiga jenis yang digunakan, yaitu jawaban singkat, esai tertutup, dan esai terbuka; dan  3) tingkat berpikir, terdapat 5 butir soal yang termasuk dalam C1, 5 butir soal yang termasuk C2, dan 2 butir soal yang termasuk dalam C4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Ayuni, F., Purba, A., & Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763

Aulia, R., Sulistiawan, M. J., Wagiran., & Naryatmojo, D. L. (2024). Rekontruksi Asesmen Formatif Modul Ajar Teks Deskripsi bagi Siswa SMP di Era Merdeka Belajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 1. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3188

Basuki, I. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cahyo, A. N., Luriawati, D. & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1. DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no1hlm585-594

Fauzi, N. B., Wijayanti, J. & Abadi, M. (2021). Analisis Kesesuaian (HOTS) Higher Order Thinking Skill pada Asesmen Sastra di Buku Erlangga dan Buku Sekolah Elektronik (BSE)Kelas XI SMA. Edunomika, Vol. 05, No. 2. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2799

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, Vol. 17, No. 1. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048

Riyanti, A. (2021). Kompetensi Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wahdaniyah, S., Nensilianti, Saud, S. (2023). Analisis Latihan Menulis Level Mahir dalam Buku Sahabatku Indonesia untuk Umum. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 9, No.2. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2693 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2693

Suparman, S., & Herdiana, B. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Published

2024-07-17

How to Cite

Aulia Rachma Kusumawardani, Titik Harsiati, & Imam Agus Basuki. (2024). Karakteristik Asesmen Membaca Nonsastra dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3283–3291. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4147

Issue

Section

Articles

Categories