Karakteristik Asesmen Membaca Nonsastra dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4147
Keywords:
asesmen membaca, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik asesmen membaca nonsastra dalam buku bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum merdeka. Asesmen merupakan bagian penting dalam mengukur kemajuan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek, yaitu bahasa, ragam tes, dan tingkat berpikir. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII SMP. Data penelitian berupa butir soal kompetensi membaca nonsastra. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Dengan teknik analisis isi disimpulkan karakteristik asesmen membaca nonsastra dalam buku bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dihasilkan 1) aspek bahasa, keseluruhan menggunakan bahasa Indonesia dan dilengkapi cerita bergambar untuk memperjelas teks yang disampaikan; 2) ragam tes, terdapat tiga jenis yang digunakan, yaitu jawaban singkat, esai tertutup, dan esai terbuka; dan 3) tingkat berpikir, terdapat 5 butir soal yang termasuk dalam C1, 5 butir soal yang termasuk C2, dan 2 butir soal yang termasuk dalam C4.
Downloads
References
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.
Ayuni, F., Purba, A., & Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763
Aulia, R., Sulistiawan, M. J., Wagiran., & Naryatmojo, D. L. (2024). Rekontruksi Asesmen Formatif Modul Ajar Teks Deskripsi bagi Siswa SMP di Era Merdeka Belajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 1. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3188
Basuki, I. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cahyo, A. N., Luriawati, D. & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1. DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no1hlm585-594
Fauzi, N. B., Wijayanti, J. & Abadi, M. (2021). Analisis Kesesuaian (HOTS) Higher Order Thinking Skill pada Asesmen Sastra di Buku Erlangga dan Buku Sekolah Elektronik (BSE)Kelas XI SMA. Edunomika, Vol. 05, No. 2. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2799
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, Vol. 17, No. 1. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Riyanti, A. (2021). Kompetensi Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wahdaniyah, S., Nensilianti, Saud, S. (2023). Analisis Latihan Menulis Level Mahir dalam Buku Sahabatku Indonesia untuk Umum. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 9, No.2. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2693 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2693
Suparman, S., & Herdiana, B. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.