Representasi Ideologi Humanisme dalam Tagar #MakanBergiziGratis pada Platform Media Sosial Twitter X

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5332

Authors

  • Nawang Wulan Universitas Negeri Malang
  • Dawud Dawud Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang

Keywords:

Analisis Wacana Kritis, Norman Fairclough, Ideologi Humanisme, Tagar Makan Bergizi Gratis, Media Sosial, Twitter (X)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi ideologi humanisme dalam tagar Makan Bergizi Gratis pada platform media sosial Twitter X menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Data dalam penelitian ini berupa kutipan cuitan di platform media sosial Twitter X yang diposting oleh para pemilik akun. Analisis pada tataran mikrostruktural berfokus pada aspek tekstual yang digunakan dalam menyampaikan proposisi. Analisis pada tataran mesostruktural dilakukan dengan mengidentifikasi produksi, penyebaran, dan konsumsi proposisi kontroversi pemenuhan kecukupan pangan, pemenuhan kebutuhan nutrisi, dan pencegahan stunting dalam tagar Makan Bergizi Gratis sebagai wujud partisipasi aktif pemilik akun sekaligus pengguna platform media sosial twitter X dalam menyampaikan aspirasi. Pada tataran makrostruktural menghubungkan tagar dengan aspek sosial institusional yaitu terpusat pada pemerintah dan presiden selaku inisiator program, situasional mengarah pada peluncuran program makan bergizi gratis, dan sosial mengacu pada masyarakat pengguna media sosial Twitter X serta menginterpretasikan ideologi yang terkandung di dalamnya. Simpulan dari penelitian ini yaitu tagar Makan Bergizi Gratis menjadi media publik untuk menyuarakan ketidakpuasan, kritik, dan saran terhadap program pemerintah yang baru saja diinisiasi. Selain itu, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang penggunaan bahasa dalam merepresentasikan ideologi dalam konteks kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andin, A., Risti, D., Latifah, I., Panuntun, M., Nur, M., Selviani, R., & Saptatiningsih, R. I. (2025). Penerapan Nilai Pancasila Melalui Program Makan Bergizi Gratis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 370-383. DOI: https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4684

Anggriyani, V., Mayasari, & Rifai, M. (2024). Analisis Wacana Kritis Fairclough Terhadap Repesentasi Ditjen Pajak dalam Tagar #PercumaBayarPajak di Twitter: Perspektif Analisis Media Sosial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 757-765.

Copson, A., & Grayling, A. (2015). What is Humanism? . The Wiley Blackwell Handbook of Humanism. DOI: https://doi.org/10.1002/9781118793305

Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka IKIP Widyadarma, 261-278. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/hu3mg

Fasha, S. S., & Tesniyadi, D. (2024). Analisis Wacana Kritis pada Artikel Tempo.co yang Berjudul "Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis". Innovative: Journal of Social Science Research, 15077-15089.

Maharani, P. A., Namira, A. R., & Chairunnisa, T. V. (2024). Peran Makan Siang Gratis dalam Janji Kampanye Prabowo Gibran dan Realisasinya. Jolasos: Journal of Law and Social Society, 1-10. DOI: https://doi.org/10.70656/jolasos.v1i1.79

Rosita, E., & Solihati, N. (2024). Mengungkap Ideologi di Balik Selera: Analisis Wacana Kritis pada Iklan Video Gofood dan Grabfood. Semantik, 187-206.

Sari, A. N., Hamsa, A., & Usman. (2025). Representasi Nilai Formal Teks Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka: Model Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 453-460. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5150

Sarjito, A. (2024). Free Nutritious Meal Program as a Human Resource Development Strategy to Support National Defense. International Journal Administration, Business & Organization, 129-141. DOI: https://doi.org/10.61242/ijabo.24.454

Setyawati, N. (2024). Repetisi sebagai Sarana Pembangun Kepaduan dalam Teks Motivasi di Instagram. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 769-783. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.957

Suciartini, N. N., & Payuyasa, I. N. (2024). Pilihan Diksi dalam Kontestasi Pilpres 2024 dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Literasi. Jurnal Penjaminan Mutu , 32-44. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v10i01.3575

Suriadi, & Baharman. (2024). Nilai Eksperensial dala Kosakata Ujaran Kebencian di Twitter: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 4541-4558. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4756

Telambanua, S., Sebayang, K., & Harefa, T. (2024). Analisis Nilai-nilai Humanisma dalam Novel "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" Karya Tere Liye. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2508-2515.

Zidan, S. M., & Khasanah, U. (2023). Gaya Bahasa dan Fungsi Iklan pada Majalah LifeWear Uniqlo. Uncollcs: Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 437-476.

Published

2025-02-06

How to Cite

Nawang Wulan, Dawud, D., & Imam Agus Basuki. (2025). Representasi Ideologi Humanisme dalam Tagar #MakanBergiziGratis pada Platform Media Sosial Twitter X . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 953–967. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5332

Issue

Section

Articles

Categories