Representasi Ideologi Humanisme dalam Tagar #MakanBergiziGratis pada Platform Media Sosial Twitter X
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5332
Keywords:
Analisis Wacana Kritis, Norman Fairclough, Ideologi Humanisme, Tagar Makan Bergizi Gratis, Media Sosial, Twitter (X)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi ideologi humanisme dalam tagar Makan Bergizi Gratis pada platform media sosial Twitter X menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Data dalam penelitian ini berupa kutipan cuitan di platform media sosial Twitter X yang diposting oleh para pemilik akun. Analisis pada tataran mikrostruktural berfokus pada aspek tekstual yang digunakan dalam menyampaikan proposisi. Analisis pada tataran mesostruktural dilakukan dengan mengidentifikasi produksi, penyebaran, dan konsumsi proposisi kontroversi pemenuhan kecukupan pangan, pemenuhan kebutuhan nutrisi, dan pencegahan stunting dalam tagar Makan Bergizi Gratis sebagai wujud partisipasi aktif pemilik akun sekaligus pengguna platform media sosial twitter X dalam menyampaikan aspirasi. Pada tataran makrostruktural menghubungkan tagar dengan aspek sosial institusional yaitu terpusat pada pemerintah dan presiden selaku inisiator program, situasional mengarah pada peluncuran program makan bergizi gratis, dan sosial mengacu pada masyarakat pengguna media sosial Twitter X serta menginterpretasikan ideologi yang terkandung di dalamnya. Simpulan dari penelitian ini yaitu tagar Makan Bergizi Gratis menjadi media publik untuk menyuarakan ketidakpuasan, kritik, dan saran terhadap program pemerintah yang baru saja diinisiasi. Selain itu, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang penggunaan bahasa dalam merepresentasikan ideologi dalam konteks kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
Downloads
References
Andin, A., Risti, D., Latifah, I., Panuntun, M., Nur, M., Selviani, R., & Saptatiningsih, R. I. (2025). Penerapan Nilai Pancasila Melalui Program Makan Bergizi Gratis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 370-383. DOI: https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4684
Anggriyani, V., Mayasari, & Rifai, M. (2024). Analisis Wacana Kritis Fairclough Terhadap Repesentasi Ditjen Pajak dalam Tagar #PercumaBayarPajak di Twitter: Perspektif Analisis Media Sosial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 757-765.
Copson, A., & Grayling, A. (2015). What is Humanism? . The Wiley Blackwell Handbook of Humanism. DOI: https://doi.org/10.1002/9781118793305
Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka IKIP Widyadarma, 261-278. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/hu3mg
Fasha, S. S., & Tesniyadi, D. (2024). Analisis Wacana Kritis pada Artikel Tempo.co yang Berjudul "Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis". Innovative: Journal of Social Science Research, 15077-15089.
Maharani, P. A., Namira, A. R., & Chairunnisa, T. V. (2024). Peran Makan Siang Gratis dalam Janji Kampanye Prabowo Gibran dan Realisasinya. Jolasos: Journal of Law and Social Society, 1-10. DOI: https://doi.org/10.70656/jolasos.v1i1.79
Rosita, E., & Solihati, N. (2024). Mengungkap Ideologi di Balik Selera: Analisis Wacana Kritis pada Iklan Video Gofood dan Grabfood. Semantik, 187-206.
Sari, A. N., Hamsa, A., & Usman. (2025). Representasi Nilai Formal Teks Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka: Model Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 453-460. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5150
Sarjito, A. (2024). Free Nutritious Meal Program as a Human Resource Development Strategy to Support National Defense. International Journal Administration, Business & Organization, 129-141. DOI: https://doi.org/10.61242/ijabo.24.454
Setyawati, N. (2024). Repetisi sebagai Sarana Pembangun Kepaduan dalam Teks Motivasi di Instagram. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 769-783. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.957
Suciartini, N. N., & Payuyasa, I. N. (2024). Pilihan Diksi dalam Kontestasi Pilpres 2024 dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Literasi. Jurnal Penjaminan Mutu , 32-44. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v10i01.3575
Suriadi, & Baharman. (2024). Nilai Eksperensial dala Kosakata Ujaran Kebencian di Twitter: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 4541-4558. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4756
Telambanua, S., Sebayang, K., & Harefa, T. (2024). Analisis Nilai-nilai Humanisma dalam Novel "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" Karya Tere Liye. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2508-2515.
Zidan, S. M., & Khasanah, U. (2023). Gaya Bahasa dan Fungsi Iklan pada Majalah LifeWear Uniqlo. Uncollcs: Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 437-476.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.