Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Ketidaktepatan Berbahasa Lisan pada Mahasiswa Penutur Asing: Studi Kasus Mahasiswa Uganda yang Belajar Bahasa Indonesia

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5017

Authors

  • Maslakhatu Nurul Ummah Universitas Negeri Malang
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Negeri Malang
  • Roekhan Roekhan Universitas Negeri Malang
  • Gigih Caesar Wahyu P Universitas Negeri Malang

Keywords:

strategi komunikasi, ketidaktepatan berbahasa lisan, mahasiswa asing

Abstract

Komunikasi mahasiswa penutur asing adalah proses interaksi yang melibatkan penggunaan bahasa kedua untuk menyampaikan ide, memahami pesan, dan mengatasi kendala berbahasa dalam lingkungan akademik atau sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi bentuk-bentuk ketidaktepatan berbahasa lisan pada mahasiswa Uganda, (2) mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa Uganda dalam mengatasi ketidaktepatan berbahasa lisan, dan (3) menilai efektivitas strategi komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa Uganda untuk mengatasi ketidaktepatan berbahasa lisan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data utama dalam penelitian adalah wawancara lisan yang direkam dalam bentuk video, kemudian ditranskrip untuk analisis lebih lanjut. Ditemukan tiga hasil utama dalam penelitian ini. Pertama, terdapat ketidaktepatan berbahasa lisan mahasiswa Uganda yang meliputi: (1) ketidaktepatan dalam aspek fonologis, (2) ketidaktepatan dalam aspek sintaksis, dan (3) ketidaktepatan dalam aspek leksikal. Kedua, strategi komunikasi yang digunakan mitra tutur asing meliputi: (1) strategi gerakan tubuh untuk menirukan objek atau peragaan, (2) strategi alih kode, (3) strategi produksi ulang berupa koreksi diri, dan (4) strategi pemanfaatan atau penguluran waktu. Ketiga, penggunaan strategi yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan percakapan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi serta membantu mitra tutur asing lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S. S., & Davito, Z. (2018). Strategi Komunikasi Pembelajar Bahasa Asing: Deskripsi Strategi Komunikasi Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Erudio Journal of Educational Innovation, 4(1), 26-45. DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.4-1.4

Awaliyah, M. (2023). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing): Studi Kasus Kesalahan Berbahasa pada Pemelajar Tiongkok di Universitas Negeri Yogyakarta. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 39-49.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa Dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 88-97 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition. Oxford University Press.

Fajriani, F. (2024). Strategi Komunikasi Pembelajar BIPA dalam Pengenalan Budaya Bugis Makassar pada Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Febrianti, R., & Susanto, G. (2023). Kesalahan Berbahasa Lisan Penutur BIPA dalam Kanal YouTube “Sarah Johnson”. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 22-35. DOI: https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.1.22-35

Ghazali, S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hall, E. T. (1976). Beyond Culture. Doubleday.

Harisal, H., Darlina, L., Kanah, K., & Dyah, W. (2022). Kesalahan Leksikal dalam Karangan Bahasa Jepang Mahasiswa Jurusan Pariwisata pada Politeknik Negeri Bali. Humanika, 29(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.14710/humanika.v29i1.44835

Hofstede, G. (1984). Culture's Consequences: International Differences in Work-Related Values. Sage Publications.

Kaban, R. M. (2024). Analisis Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Mahasiswa Asing Telkom University dalam Proses Adaptasi Budaya (Mahasiswa Asing Fakultas Komunikasi dan Bisnis Tahun Ajaran 2022/2023 Telkom University Prodi Ilmu Komunkasi). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 8(3), 532-539. DOI: https://doi.org/10.35870/jtik.v8i3.2001

Krashen, S. D. (1981). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Pergamon Press.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi, hlm. 6). Remaja Rosdakarya.

Prihatini, A. (2023). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua: Analisis Bibliometrik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 56-75. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23216

Purwiyanti, Y., Suwandi, S., & Andayani, N. F. N. (2017). Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Asal Filipina. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 6(2), 160-179. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448

Rafkahanun, R. (2021). Analisis Kesalahan Fonologis dalam Keterampilan Berbicara Pembelajar BIPA di Pusat Studi Indonesia Ismailia Mesir. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 78-87. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.380

Rosa, D., Susanto, G., & Suyitno, I. (2024). Problematika Komunikasi Pemelajar BIPA dan Mitra Bahasa dalam Pelaksanaan Tutorial Program BIPA UM 2022. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 4323-4329. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4408

Rosiyana, R. (2020). Pengajaran Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 374-382. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Salahuddin. (2022). Analisis kesalahan pengucapan kosakata bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA tingkat dasar di INCULS UGM Yogyakarta . Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 4(1), 82–98.

Waliyudin, W., & Annisah, A. (2024). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1304-1312 DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.737

Wijayaningrum, N. C. (2020). Strategi Komunikasi Pemelajar Asing Tingkat Pemula pada Tugas Keterampilan Berbicara Program BIPA Unisma. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(20).

Published

2025-01-09

How to Cite

Ummah, M. N., Nurhadi, N., Roekhan, R., & Wahyu P, G. C. . (2025). Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Ketidaktepatan Berbahasa Lisan pada Mahasiswa Penutur Asing: Studi Kasus Mahasiswa Uganda yang Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 232–244. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5017

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)