Perbandingan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Makassar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5243
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk membandingkan tingkat efektivitas antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) dalam mengembangkan keterampilan menulis teks cerpen. Data yang digunakan berupa angka dan hasil penghitungan, yang mendukung pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 4 Makassar dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); (2) mendeskripsikan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran menulis teks cerpen; serta (3) membuktikan perbedaan signifikan dalam keterampilan menulis cerpen antara siswa yang diajar menggunakan model PBL dan PjBL. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Makassar dengan fokus pada siswa kelas XI, bertujuan memberikan analisis yang menyeluruh terkait efektivitas kedua model pembelajaran tersebut dalam mengembangkan keterampilan menulis teks cerpen. Metode yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes tertulis sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI.2 yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata awal 63,75 (kategori rendah) menjadi 80,69 (kategori sedang) setelah penerapan model pembelajaran tersebut serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai nilai sebesar 80,93% dan berada dalam kategori sangat baik; (2) keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI.8 yang diajar menggunakan model PjBL juga meningkat, dari nilai rata-rata 61,81 (kategori rendah) menjadi 79,58 (kategori sedang) setelah perlakuan serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai nilai sebesar 80,20% dan berada dalam kategori sangat baik; dan (3) hasil uji independent sample test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 0,694, sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 70 adalah 1,666. Karena t-hitung (0,694) lebih kecil daripada t-tabel (1,666), maka H₀ diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI di SMAN 4 Makassar. Berdasarkan hasil uji t dan analisis nilai probabilitas, kedua model pembelajaran memberikan pengaruh yang serupa dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Downloads
References
Abdurahman, 2003. Proses Menulis: Prapenulisan, Penulisan, dan Pascapenulisan. Bandung: Ar-Ruzz Media.
Abidin, 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abubakar, 2021. Efektivitas Pelaksanaan Tugas Proyek dalam Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aksan, H. (2011). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Ujung Berung: Penerbit Nuansa.
Andini (2013). Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Genre-Based Approach (GBA) di Kelas IX SMPN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 1-10.
Andini, N., & Supardi (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Media Big Book di Kelas I MI Al-Khairiyah Pipitan Makkah. Ibtida’i, 2(02): 194.
Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astuti, H. (2021). Project-Based Learning: Metode Pengajaran yang Inovatif dan Sistematis. Jakarta: Penerbit Andi.
Astriyandi (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 23-36.
Barrows, H. S. (1996). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Dunia Kedokteran dan Lainnya: Sebuah Tinjauan Singkat. Dalam L. Wilkerson & W. H. Gijselaers (Ed.), Membawa Pembelajaran Berbasis Masalah ke Pendidikan Tinggi: Teori dan Praktik (hlm. 3-12). San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Cho, Y. H., & Jonassen, D. H. (2002). Pengaruh Scaffolding Argumen terhadap Pembentukan Argumen dan Pemecahan Masalah. Educational Technology Research and Development, 50(3), 5-22. New York, NY: Springer.Dalman, 2011. Dasar-Dasar Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dalman (2018). Menulis Kreatif. Jakarta: Penerbit Lentera Abadi.
Darmadi (2017). Model Pembelajaran: Panduan Perencanaan Proses Pembelajaran di Kelas. Surabaya: Penerbit Kencana.
Direktorat PAUD, Dikdas, dan Dikmen (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kreativitas, Inovasi, dan Responsivitas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ekasari (2020). Mengenal Dasar-Dasar Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Emzir (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Erianti, Butet (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX-4 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Graham, S., Harris, K. R., & Santangelo, T. (2012). Menulis dan Pembelajaran Menulis untuk Siswa dengan Disabilitas Belajar: Tinjauan Program Penelitian. Learning Disability Quarterly, 35(2), 63–74. New York, NY: Sage Publications.
Hidayat (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 154-163.
Hidayati, R. P. P. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Pembelajaran Berbasis Masalah: Apa dan Bagaimana Siswa Belajar? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. DOI: https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Istarani (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Mayrita (2017). Dasar-Dasar Menulis: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Cipta Mandiri.
Murni (2018). Penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Nugraha, A., et al. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 43-50. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar.
Nur, F. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Jigsaw Berbantuan Media Video Iklan Asuransi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Sumpiuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 43−53.
Nurdyansyah (2016). Pilihan Model Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurfitriyani (2016). Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa melalui Pembelajaran Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan, 1(1), 45-52.
Nurfitriyanti (2016). Model Pembelajaran: Langkah-Langkah Sistematis dalam Menunjang Aktivitas Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Norman, G. R., & Schmidt, H. G. (1992). Dasar Psikologis Pembelajaran Berbasis Masalah: Tinjauan Bukti. Academic Medicine, 67(9), 557-565. New York, NY: Lippincott Williams & Wilkins. DOI: https://doi.org/10.1097/00001888-199209000-00002
Rusman (2018). Model Pembelajaran: Rencana dan Pola untuk Membentuk Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Salam (2009). Menulis: Keterampilan Berbahasa yang Penting. Yogyakarta: Andi.
Santosa, J. (2011). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Pembelajaran Berbasis Masalah: Model Instruksional dan Kerangka Konstruktivisnya. Educational Technology, 35(5), 31-38.
Schmidt, H. G., Dauphinee, W. D., & Patel, V. L. (1989). Membandingkan Pengaruh Kurikulum Berbasis Masalah dan Konvensional dalam Sampel Internasional. Journal of Medical Education, 63(6), 476-483.
Septiasih, S., et al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 56-64. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Shoimin, Aris (2014). Model Pembelajaran: Kerangka Konseptual untuk Pengorganisasian Pengalaman Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sliyeg, A., & Indramayu, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Pendidikan Abadi.
Sudrajat (2020). Model Pembelajaran: Teknik Memfasilitasi Anak untuk Belajar yang Terbaik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, D. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumardjo, Jakob dan Saini (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Sumardjo (2007). Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumiyadi (2020). Kriteria Penilaian Menulis Cerpen. Artikel FBBS UPI.
Surya (2018). Implementasi Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2), 44-55. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.
Trianto (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Walker, A., Leary, H., & Hmelo-Silver, C. E. (2003). Pembelajaran Berbasis Masalah: Hasil yang Kaya, Proses yang Kompleks. London: Routledge.
Yani (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 21-30. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.6533
Yustinah (2014). Pemanfaatan Produktif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Zalmita, N., & Yani, A. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 2. Jurnal Geografi dan Pendidikan, 15(1). DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.