SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WHATSON

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6961

Authors

  • Suhendra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anwar Mutaqin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Systematic Literature Review (SLR), Kesalahan Siswa, Soal Matematika, Kriteria Watson

Abstract

Soal matematika adalah pertanyaan atau masalah yang menguji pemahaman konsep matematika dan kemampuan siswa dalam menerapkan rumus, prosedur, dan logika untuk menemukan solusi. Soal-soal ini bisa berkaitan dengan berbagai topik matematika, mulai dari aritmetika dasar hingga topik yang lebih kompleks seperti aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, dan lainnya. Namun, masih terdapat kesalahan yang sering terjadi dalam menyelesaikan masalah terkait geometri, khususnya pada topik bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada topik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mereview 20 artikel yang terindeks secara nasional,internasional, dan scopus. Kemudian artikel-artikel tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Dari hasil penelitian, terdapat 11 artikel yang membahas mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa masih terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Jenis kesalahan yang paling umum adalah kesalahan prosedural, konseptual, dan Kesimpulan akhir. Kesalahan tersebut disebabkan siswa tidak memahami konsep dasar yang mendasari langkah-langkah prosedural, seperti salah menerapkan rumus atau prinsip dasar matematika dan kesalahan dalam interpretasi hasil perhitungan, di mana siswa mungkin tidak memeriksa kembali hasilnya atau salah dalam menghubungkan hasil dengan konteks soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, F. N. K., et al. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika.

Blömeke, S., Hsieh, F. J., & Kaiser, G. (2024). Kesalahan interpretasi konsep dan rumus dalam menarik kesimpulan. Journal of Educational Research.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.770

Fahlevi, M., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP kelas VIII. Infinity: Jurnal Pembelajaran Matematika.

Field, A. (2023). Bias konfirmasi dalam proses penarikan kesimpulan: Dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Journal of Cognitive Bias and Learning.

Gunawan. (2024). Pengaruh kecemasan terhadap penyelesaian soal matematika pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi.

Hidayat, A., & Putra, M. S. (2021). Kesalahan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal matematika di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Islami, A. N., et al. (2021). Analisis kesalahan siswa pada materi fungsi berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.26534

Nurhidayah, D. F., & Maya, R. (2021). Penggunaan kriteria Watson untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Viani, C. F., et al. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal matematika bertipe high order thinking skills (HOTS) ditinjau dari gaya belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6115

Maulida, S., et al. (2025). Kesalahan dalam menginterpretasi hasil matematika dalam soal cerita. Journal of Mathematical Education.

Mulyadi. (2022). Pemanfaatan teknologi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran.

Usman, M. R., & Kristiawati. (2024). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk aljabar berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal).

Sarson, A., et al. (2020). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

Islam, S. N., et al. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Perspektif. DOI: https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.135

Salkind, N. J. (2022). Kurangnya pemahaman dalam evaluasi hasil dan pengaruhnya terhadap kesimpulan siswa. Journal of Educational Psychology.

Sari, S. J., & Yuwono, T. (2020). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Tadris Matematika. DOI: https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.219-228

Smith, A. L., Jones, B. R., & Robinson, M. A. (2023). Kesalahan prosedural dan analisis dalam penarikan kesimpulan akhir. Educational Psychology Quarterly.

Watson, A. (2019). Kriteria Watson dalam analisis kesalahan siswa pada soal matematika. Journal of Mathematics Education. Blömeke, S., Hsieh, F. J., & Kaiser, G. (2024). Kesalahan interpretasi konsep dan rumus dalam menarik kesimpulan. Journal of Educational Research.

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Suhendra, S., Nindiasari, H., Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WHATSON. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1234–1252. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6961