SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WHATSON
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6961
Keywords:
Systematic Literature Review (SLR), Kesalahan Siswa, Soal Matematika, Kriteria WatsonAbstract
Soal matematika adalah pertanyaan atau masalah yang menguji pemahaman konsep matematika dan kemampuan siswa dalam menerapkan rumus, prosedur, dan logika untuk menemukan solusi. Soal-soal ini bisa berkaitan dengan berbagai topik matematika, mulai dari aritmetika dasar hingga topik yang lebih kompleks seperti aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, dan lainnya. Namun, masih terdapat kesalahan yang sering terjadi dalam menyelesaikan masalah terkait geometri, khususnya pada topik bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada topik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mereview 20 artikel yang terindeks secara nasional,internasional, dan scopus. Kemudian artikel-artikel tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Dari hasil penelitian, terdapat 11 artikel yang membahas mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa masih terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Jenis kesalahan yang paling umum adalah kesalahan prosedural, konseptual, dan Kesimpulan akhir. Kesalahan tersebut disebabkan siswa tidak memahami konsep dasar yang mendasari langkah-langkah prosedural, seperti salah menerapkan rumus atau prinsip dasar matematika dan kesalahan dalam interpretasi hasil perhitungan, di mana siswa mungkin tidak memeriksa kembali hasilnya atau salah dalam menghubungkan hasil dengan konteks soal.
Downloads
References
Aisyah, F. N. K., et al. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika.
Blömeke, S., Hsieh, F. J., & Kaiser, G. (2024). Kesalahan interpretasi konsep dan rumus dalam menarik kesimpulan. Journal of Educational Research.
Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.770
Fahlevi, M., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP kelas VIII. Infinity: Jurnal Pembelajaran Matematika.
Field, A. (2023). Bias konfirmasi dalam proses penarikan kesimpulan: Dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Journal of Cognitive Bias and Learning.
Gunawan. (2024). Pengaruh kecemasan terhadap penyelesaian soal matematika pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi.
Hidayat, A., & Putra, M. S. (2021). Kesalahan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal matematika di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Matematika.
Islami, A. N., et al. (2021). Analisis kesalahan siswa pada materi fungsi berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.26534
Nurhidayah, D. F., & Maya, R. (2021). Penggunaan kriteria Watson untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
Viani, C. F., et al. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal matematika bertipe high order thinking skills (HOTS) ditinjau dari gaya belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6115
Maulida, S., et al. (2025). Kesalahan dalam menginterpretasi hasil matematika dalam soal cerita. Journal of Mathematical Education.
Mulyadi. (2022). Pemanfaatan teknologi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran.
Usman, M. R., & Kristiawati. (2024). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk aljabar berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal).
Sarson, A., et al. (2020). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.
Islam, S. N., et al. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Perspektif. DOI: https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.135
Salkind, N. J. (2022). Kurangnya pemahaman dalam evaluasi hasil dan pengaruhnya terhadap kesimpulan siswa. Journal of Educational Psychology.
Sari, S. J., & Yuwono, T. (2020). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson. Jurnal Tadris Matematika. DOI: https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.219-228
Smith, A. L., Jones, B. R., & Robinson, M. A. (2023). Kesalahan prosedural dan analisis dalam penarikan kesimpulan akhir. Educational Psychology Quarterly.
Watson, A. (2019). Kriteria Watson dalam analisis kesalahan siswa pada soal matematika. Journal of Mathematics Education. Blömeke, S., Hsieh, F. J., & Kaiser, G. (2024). Kesalahan interpretasi konsep dan rumus dalam menarik kesimpulan. Journal of Educational Research.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.