PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6973
Keywords:
Problem-Based Learning, pemahaman konsep, pendidikan matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan korelasi item-total dan koefisien Cronbach's Alpha. Hasil uji menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,811 yang mengindikasikan konsistensi internal yang baik. Seluruh butir soal dinyatakan valid. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Problem-Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Downloads
References
Abdullah, M., & Nugroho, R. A. (2022). Penerapan model PBL terhadap pemahaman
konsep dan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 150–158.
Alamsyah, F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap prestasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 245–252.
Anwar, M., & Sulastri, D. (2023). PBL dan pembelajaran matematika kontekstual: Studi eksperimen di sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 55–66.
Arifin, Z., & Marlina, T. (2022). Validasi instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 33–42.
Astuti, W., & Ramadhan, I. (2021). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 95–102. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2080
Azizah, N., & Hartono, D. (2020). Analisis validitas dan reliabilitas instrumen tes matematika berbasis HOTS. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 8(1), 23–32.
Budiarto, M. T., & Pramudya, I. (2023). Hubungan model pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 198–210.
Dewi, R. S., & Wibowo, R. A. (2020). Keefektifan PBL dalam menumbuhkan kemampuan metakognitif siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 21(3), 211–222.
Fadilah, S., & Rahayu, D. (2023). Kolaborasi dalam Problem-Based Learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 13(1), 89–98.
Fauziah, A., & Nuryadi, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 6(2), 110–120.
Fitriyah, L., & Hasibuan, R. (2023). Efektivitas Problem-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 122–130.
George, D., & Mallery, P. (2003). SPSS for Windows step by step. Allyn & Bacon.
Hamidah, S., & Sari, M. (2021). Strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Interaktif, 9(1), 70–81.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. DOI: https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Komariah, N., Ningsih, S., & Arifin, M. (2025). Penerapan Problem-Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 45–56.
Lubis, F. R., & Wijaya, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian konseptual matematika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 85–94.
Mulyono, A., & Rahmi, N. (2021). Pengaruh pembelajaran PBL terhadap motivasi dan pemahaman konsep matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 44–52.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Putra, A., & Sari, D. (2021). Analisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal EduMat, 8(2), 101–110.
Rahmawati, L., & Susanti, M. (2024). Kolaborasi dan berpikir kritis melalui model PBL dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 43(1), 99–108.
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., & Wasis, W. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dan retensi konsep biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(1), 78–86.
Rosita, L., Mulyani, N., & Hermawan, R. (2023). Pemahaman konsep matematis melalui pendekatan berbasis masalah. Jurnal Matematika Realistik, 14(3), 215–225.
Suryani, A., Putri, R. I. I., & Darmawijoyo, H. (2022). Analisis implementasi PBL untuk meningkatkan keterlibatan dan sikap terhadap matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 111–120.
Syafitri, L., & Anwar, F. (2021). Validitas instrumen kemampuan koneksi matematis. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 163–172.
Wahyuni, E., & Nugroho, A. (2020). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 9(3), 175–183.
Wijayanti, D., & Lestari, M. (2021). Refleksi dan metakognisi dalam model PBL pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 67–75.
Yuliati, L., & Firmansyah, D. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(2), 143–150.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.