ANALISIS LITERATUR: PERAN METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6992

Authors

  • Nurul Fatiha Tanreso Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Musliha Universitas Sulawesi Barat
  • Jusda Aldasafitri Universitas Sulawesi Barat
  • Nurul Ain Universitas Sulawesi Barat
  • Muh. Yusuf Universitas Sulawesi Barat
  • Hijra Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

metakognisi, pemecahan masalah, matematika, : Problem Based E-LKPD, Statistics

Abstract

Penelitian ini mengkaji literatur untuk menentukan bagaimana metakognisi memengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal-jurnal berbeda menunjukkan bahwa sementara siswa dengan kemampuan rendah umumnya tidak memiliki rencana yang jelas dan jarang memeriksa kinerja mereka, siswa dengan kemampuan tinggi mampu melakukan semua aspek metakognisi, sementara siswa dengan kemampuan sedang hanya melakukan beberapa aspek, terutama buruk dalam evaluasi. Faktor lain adalah gender; siswa perempuan dievaluasi secara lebih konsisten daripada siswa laki-laki. Pembelajaran harus memasukkan taktik metakognitif karena metakognisi telah terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja dalam memecahkan masalah matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, M., Masi, L., & Haryani, M. (2021). The Use of Metacognitive Strategies in Solving Mathematical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012078 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012078

Auliah Dwiyanti, U. H. (2025). Pandangan Filsafat Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan di Era Kurikulum Merdeka dalam Menghadapi Abad 21 (Vol. 8, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6424

Emor, A. C. J., Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN PINASUNGKULAN KECAMATAN RANOWULU KOTA BITUNG. In Jurnal Civic Education (Vol. 3, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.907

Intan Sari, N., Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Analisis Tingkat Metakognisi Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. In Griya Journal of Mathematics Education and Application (Vol. 1, Issue 1). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.10

J., Destiani Putri Utami, O., Melliani, D., Niman Maolana, F., Marliyanti, F., Hidayat, A., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). IKLIM ORGANISASI KELURAHAN DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI. Inovasi Penelitian, 1(12), 2735.

Kurniawan, P., & Wijayanti, P. (2022). PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3). DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p644-656

Mirah Liani, A., Hamid, A., Rais Abidin, M., Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar, P., Malengkeri Raya, J., Selatan, S., & Studi Geografi Universitas Negeri Makassar, P. (n.d.). EKSPLORASI STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA.

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERBASIS SOAL PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp41-52 DOI: https://doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp41-52

Puspaningtyas, N., Prasetyo, K. H., & Farahsanti, I. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DENGAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705 DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705

Downloads

Published

2025-09-28

How to Cite

Tanreso, N. F., Irmawati, I., Musliha, M., Aldasafitri, J., Ain, N., Yusuf, M., & Hijra, H. (2025). ANALISIS LITERATUR: PERAN METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1287–1295. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6992