ANALISIS PROBLEMATIKA GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MAJENE

Meninjau (Kesiapan, Hambatan, dan Strategi Guru dalam Pembelajaran), Suatu Kajian pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama,Dari Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6974

Authors

  • Nurul Maulidyah Gusti Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Alisa Universitas Sulawesi Barat
  • Rahmi Universitas Sulawesi Barat
  • Gusma Universitas Sulawesi Barat
  • Rensi Bulandari Universitas Sulawesi Barat
  • Mukhtar Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Kurikulum Merdeka, peran guru, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Majene. Metode yang digunakan adalah observasi kelas, dokumentasi, dan analisis literatur terkait implementasi kurikulum. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru menghadapi kendala serius berupa rendahnya pemahaman konsep dasar siswa, keterbatasan alokasi waktu pembelajaran, serta dominasi metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, penerapan soal kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa masih minim, sehingga pembelajaran matematika terasa abstrak dan kurang bermakna. Kendala- kendala tersebut menghambat pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif, holistik, dan berbasis pada pengembangan kompetensi siswa. Dengan demikian, diperlukan strategi pembelajaran inovatif yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dasar, pengembangan keterampilan berpikir kritis, serta penerapan pendekatan kontekstual agar implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Majene

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2025). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24873

Lumbantoruan, J. H. (2023). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar materi matematika di sekolah menengah pertama (SMP). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/7082 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7082

Nazara, L. P. (2024). Analisis problematika guru matematika dalam menerapkan Kurikulum Merdeka SMP Sekecamatan Lahewa Timur. Jurnal Bima Berilmu. https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/710 DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.710

Nurhasanah, S. (2024). Analisis problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran matematika SMP Negeri 1 Banjarharjo. [Skripsi, UIN Aizu]. Repository UIN Aizu. https://repository.uinsaizu.ac.id/31174/1/Siti%20Nurhasanah_ANALISIS%20PROBLEMATIKA%20GURU.pdf

Rahayu, E. (2023). Analisis problematika Kurikulum Merdeka pada tingkat pendidikan menengah. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dikmat/article/view/160

Sipahutar, S. W. (2024). Problematika implementasi Kurikulum Merdeka: Studi kasus pada SMP Negeri 2 Sipoholon. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/380499116

Sulistiana, Y. (2024). Analisis problematika penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran matematika di SMPIT Insan Qurani Poncowarno. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. Repository Raden Intan. https://repository.radenintan.ac.id/36116/1/BAB%201%202%20DAPUS.pdf

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2023). Problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran di SMP Kota Surakarta. Semantics Scholar. https://pdfs.semanticscholar.org/454e/608acf5b121f94f65ea1d53e22c7fb688475.pdf

Witraguna, K. Y., & Suryawan, I. P. (2024). Persepsi guru terhadap pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah atas. J-CUP: Cendekia Pendidikan. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/3382/1232 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3382

Wulandari, A. (2024). Problematika implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Brawijaya Smart School Malang pada mata pelajaran IPS. [Skripsi, UIN Malang]. e-Theses UIN Malang. https://etheses.uin-malang.ac.id/67926/1/200102110018.pdf

Downloads

Published

2025-09-28

How to Cite

Gusti, N. M. G., Irmawati, I., Alisa, N., Rahmi, R., Gusma, G., Bulandari, R., & Mukhtar, M. (2025). ANALISIS PROBLEMATIKA GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MAJENE: Meninjau (Kesiapan, Hambatan, dan Strategi Guru dalam Pembelajaran), Suatu Kajian pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama,Dari Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1279–1286. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6974