Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Inteligensi Intrapersonal, Hasil Belajar Kognitif Matematika, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Inteligensi Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 520 dengan jumlah sampel 221. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala inteligensi intrapersonal, (2) Skala motivasi belajar, (3) dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriftif dan analisis SEM (Structure Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare memiliki inteligensi intrapersonal dalam kategori tinggi, motivasi belajar berada dalam kategori sangat tinggi, dan hasil belajar kognitif berada dalam kategori rendah. (2) Inteligensi intrapersonal secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif matematika dan secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap hasil belajar kognitif matematika melalui motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anonim. 1999. Jangan Terburu-buru Menjudge Anak Bodoh, (Online) (www.ws.org.1999/xlinks, Diakses 25 Mei 2014)

Bramastyo, Wahyu. 2010. Sekilas Mengenai Kecerdasan Intrapersonal, (Online), (wahyubrastyo.blogdetik.com, Diakses 1 Juni 2014)

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT.Rineka Cipta

Dimyati, & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Haryanto. 2010. Psikologi Bagi Anak Remaja, Jurnal Psikologi, (Online), (http://belajarpsikologi.com/motivasi-belajar-anak-remaja/, Diakses 27 April 2014)

Hytti, Ulla, Perka, Jarna Heinonen, Jaana Seikkula-Leino. 2010. Perceived Learning Outcomes in Entrepreneurship Education: The Impact of Student Motivation and Team Behavior Education + Training, Vol. 52 Iss: 8/9, pp.587 - 606. Research Paper (online)

Kemendikbud. 2013. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, (Online), (http://litbang.kemendikbud.go.id, Diakses, 24 Januari 2014)

Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural (Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL). Bandung: Alfabeta

Ormrod, Jeanne E. 2008(a). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi keenam (Jilid I). Jakarta: Erlangga

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Ciputat Press

Setyono. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar, (Online). (http://www.Styonoblogspot.com, diakses 3 Oktober 2013)

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surabaya: JICA

Wahyudi, Deddy. 2012. Pembelajaran IPS berbasis Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan edisi khusus No.1 Agustus 2011. (Online). (Jurnalupi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf, Diakses pada tanggal 30 Oktober 2013)

Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2018-03-01

How to Cite

Munir, N. P. (2018). Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–50. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/183

Issue

Section

Articles