Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa
Keywords:
Inteligensi Intrapersonal, Hasil Belajar Kognitif Matematika, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Inteligensi Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 520 dengan jumlah sampel 221. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala inteligensi intrapersonal, (2) Skala motivasi belajar, (3) dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriftif dan analisis SEM (Structure Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare memiliki inteligensi intrapersonal dalam kategori tinggi, motivasi belajar berada dalam kategori sangat tinggi, dan hasil belajar kognitif berada dalam kategori rendah. (2) Inteligensi intrapersonal secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif matematika dan secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap hasil belajar kognitif matematika melalui motivasi belajar.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anonim. 1999. Jangan Terburu-buru Menjudge Anak Bodoh, (Online) (www.ws.org.1999/xlinks, Diakses 25 Mei 2014)
Bramastyo, Wahyu. 2010. Sekilas Mengenai Kecerdasan Intrapersonal, (Online), (wahyubrastyo.blogdetik.com, Diakses 1 Juni 2014)
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT.Rineka Cipta
Dimyati, & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Haryanto. 2010. Psikologi Bagi Anak Remaja, Jurnal Psikologi, (Online), (http://belajarpsikologi.com/motivasi-belajar-anak-remaja/, Diakses 27 April 2014)
Hytti, Ulla, Perka, Jarna Heinonen, Jaana Seikkula-Leino. 2010. Perceived Learning Outcomes in Entrepreneurship Education: The Impact of Student Motivation and Team Behavior Education + Training, Vol. 52 Iss: 8/9, pp.587 - 606. Research Paper (online)
Kemendikbud. 2013. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, (Online), (http://litbang.kemendikbud.go.id, Diakses, 24 Januari 2014)
Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural (Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL). Bandung: Alfabeta
Ormrod, Jeanne E. 2008(a). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi keenam (Jilid I). Jakarta: Erlangga
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Ciputat Press
Setyono. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar, (Online). (http://www.Styonoblogspot.com, diakses 3 Oktober 2013)
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surabaya: JICA
Wahyudi, Deddy. 2012. Pembelajaran IPS berbasis Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan edisi khusus No.1 Agustus 2011. (Online). (Jurnalupi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf, Diakses pada tanggal 30 Oktober 2013)
Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.