Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen Pada Salah Satu Sekolah Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Authors

  • Muhammad Muzaini Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sungguminasa melalui pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sungguminasa pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 43 orang yang terdaftar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana pada siklus I terdiri atas 3 kali pertemuan untuk pelaksanaan pembelajaran serta 1 kali pertemuan untuk tes siklus I, dan pada siklus II terdiri dari terdiri atas 3 kali pertemuan untuk pelaksanaan pembelajaran serta 1 kali pertemuan untuk tes siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Setelah dilakukan pembelajaran selama dua siklus maka diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Hasil belajar matematika siswa pada siklus pertama berada pada kategori sedang, dengan skor rata-rata 59,56 dari skor tertinggi 88 dan skor terendah 40 untuk skor maksimal yang mungkin dicapai yaitu 100, (2) Hasil belajar matematika siswa pada siklus kedua berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata 74,69 dari skor tertinggi 100 dan skor terendah 58 untuk skor maksimal yang mungkin dicapai yaitu 100. (3) Persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I lebih rendah yaitu hanya 41,86% siswa yang memperoleh ketuntasan dibandingkan dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus II yang mencapai 88,37% siswa memperoleh ketuntasan, atau dengan kata lain ketuntasan klasikal 85% tercapai setelah siklus II. (4) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat dilihat dari Persentase kehadiran siswa tiap pertemuan dan juga siswa yang memperhatikan materi pelajaran.Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas kelas VIIA SMP Negeri 2 Sungguminasa meningkat setelah mengikuti pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institut. Netherland.

Ibrahim Kisman, 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii1 Smp Negeri 3 Bolo Kabupaten Bima Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Skripsi FKIP. Unismuh Makassar.

Marpaung. 2002. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Perubahan Paradigma dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tahun VII, Edisi Khusus.

Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal 27-28 Maret 2003.

Sartika. 2008. Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa kelas VII2 SMPN 34 MAKASSAR. Skripsi FKIP. Unismuh Makassar.

Satriani, Sri. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas VI SDN No. 76 Palajang Kec. Arung Keke Kab. Jeneponto. Skripsi FKIP. Unismuh Makassar.

Zulkardi. 2002. Pendidikan Realistik Matematika Indonesia (PMRI) Perkemabangan dan Permasalahan. Makalah. Tahun VII, Edisi:Khusus. Jurusan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya.

Published

2018-03-01

How to Cite

Muzaini, M. (2018). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen Pada Salah Satu Sekolah Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 51–61. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/184

Issue

Section

Articles